Cara Menghitung Harga Pembuatan Aplikasi Mobile Android & IOS

 

Halo, Apakah anda Vendor IT? Programmer Freelance? atau klien?

Masih bingung menentukan harga pembuatan aplikasi mobile android dan ios? Atau bertanya - tanya apakah harga yang ditawarkan kemahalan atau kemurahan?
 

Banyak cara yang digunakan untuk membuat perhitungan, agar lebih mudah dipahami akan kami jelaskan secara lengkap dan jelas.

Begini caranya menghitung harga pembuatan aplikasi mobile android dan ios saat project datang.

Berikut tahapannya :

1. Tentukan Modul dan Fiturnya

Buatlah sebuah bagan untuk mengklasifikasikan modul dan beberapa fitur didalamnya. Filter berdasarkan tingkat kesulitan dan urgensinya. Pemilik Project (klien) juga harus memahami tentang hal pentingnya sebuah fitur itu dibuat. Seberapa pentingnya atau seberapa perlunya fitur itu untuk kebutuhan aplikasi mobile android IOS yang ingin dibuat.

Misalnya ingin membuat Aplikasi Order Laundry Online. Fiturnya : Order, Product, Payment, History, Promo

 

2. Tentukan Outputnya

Dalam pembuatan Aplikasi Mobile Android dan IOS tidak serta-merta hanya mendapatkan dua hal tersebut, melainkan ada pula output lain seperti Web analytic & Content Management System (CMS). Biasanya CMS juga terpisah antara role owner dengan role admin. Alhasil dalam kasus ini output menjadi 4 yakni : App Android, IOS, web Admin, web Owner

 

3. Teknologi dan Arsitektur Program

Menentukan teknologi yang cocok dipakai dalam project dan arsitektur apa yang dipakai. Misalnya aplikasi mobile menggunakan teknologi native atau hybrid, Server menggunakan VPS atau lokal. Dll

 

4. Tentukan Resources yang terlibat

Pembuatan aplikasi yang profesional membutuhkan team solid dan berpengalaman pada bidangnya. Berikut team ideal untuk project pembuatan aplikasi mobile android an IOS :

- 1 UI/UX Design :

Untuk dapat menjadi sebuah aplikasi android dan IOS developer membutuhkan aset design dari UI/UX deisgn, Maka UI/UX bertugas membuatkan Design Interface dan Prototype. Kita asumsikan salary-nya 3,5jt perbulan.

 

- 1 Android & 1 IOS Developer :

Pemilihan Jumlah developer app bergantung pada teknologi yang dipilih, bisa jadi lebih murah apabila menggunakan teknologi tertentu. Kita asumsikan salary android dev 5jt perbulan, dan IOS Dev 7juta perbulan. (kenapa salary IOS developer lebih mahal? Nanti akan saya bahas diartikel selanjutnya)

 

- 2 Web Programmer :

Ada 2 web programmer yaitu backend dan frontend dengan tugas yang berbeda-beda, backend mengurusi struktur database, API, dll. Sedangkan frontend memiliki tugas mengatur tata letak dan tampilan web. Kita asumsikan salary-nya masing-masing 5juta/bulan
 

- 1 QA / Tester

Posisi QA/Tester bukan team penggembira, melainkan punya tugas memastikan aplikasi yang akan di launching tidak ada bug (error), Memastikan UX rapih dan sesuai, serta koreksi lainnya. Salary 2,5jt / bulan

 

- 1 Project Manager

Posisi ini adalah orang yang mengkoodinir team dan jalannya project, agar project berjalan sesuai plan dan ekspektasi klien. Tanpa Project manager, proejct aplikasi biasanya tidak kunjung selesai. Posisinya pun tak tergantikan karena perannya vital dalam project. Dalam berbagai kasus, Project Manager merangkap sebagai Analyst, Bisa juga merangkap UX designer. Kita asumsikan salary-nya 8juta/bulan

 

3. Tentukan Waktu Pengerjaan

Waktu pengerjaan project berdasarkan berapa banyak fitur yang bisa dikerjakan oleh team. Dengan kualitas team diatas dan fitur diatas saya estimasikan pengerjaan adalah 2 bulan kerja efektif (kepotong sabtu minggu).
 

4. Hitung Biaya Pembuatan Aplikasi Mobile Android & IOS

Okay, Tibalah diujung step yakni menghitung biaya. Dalam penghitungan ini saya selalu klasifikasikan menjadi 3 kategori yaitu Resources, Tools, Management Fee (Biaya Jasa).

- Resources : Perbulan 33juta, 2 bulan jadi 66juta

- Tools : vps 500rb, googleplay 500rb, appstore 1jt = 2juta

- Management Fee : jasa developer biasanya 30% = 19 Juta

- Total Project : 80jutaan

 

So, itu yang bisa saya bantu sesuai dengan pengalaman yang pernah saya alami selama menghandle project pembuatan aplikasi android dan IOS. Semoga bisa menjawab, mahal dan enggaknya tergantung prespektif masing-masing ya.  Dalam pengembangan Aplikasi ini seperti halnya Project membangun rumah atau apartment, kenapa begitu?

Seperti halnya kontraktor property dalam pembuatan RAB pastinya memiliki aspek biaya yang hampir mirip seperti : resources, tools, bahkan ada bahan baku, dan management fee juga.

 

BACA JUGA : Tips Memilih Developer IT yang Kredibel dan Profesional

 

Bagi anda Project Owner, ingat! Jangan memilih asal developer IT yang murah,

Efek developer IT yang memberikan harga murah adalah :

1. Dikerjakan asal jadi

2. Tidak ada Maintenance / Kabur

3. Tidak bisa dikembangkan

4. Project terbengkalai sebelum implementasi (kehabisan modal)

 

Apabila masih bingung bisa kontak saya, Konsultasi Gratis :

Anggit Restu Pi

My experience in ERP Consultant, Business Analyst, & Operation Head at several IT Companies.

Instagram : @anggitrestupi

WA : 0812 3875 5559 / call my marketing 0818-0425-1557


 

tag : Cara Menghitung Harga Pembuatan Aplikasi Mobile Android & IOS, RAB, RAB Project IT, Biaya Project, Jasa Pembuatan aplikasi android dan ios jogja, Android, IOS, Developer IT.