Layana LogoDitulis oleh jihan alya | Diposting tanggal 15 November 2023

Javascript : Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya - Part 2

BerandaArtikelInfo TeknologiJavascript : Pengertian, Manfaat, d...
Javascript : Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya - Part 2

Layana.id - Pada artikel sebelumnya kami telah membahas pengertian dari bahasa pemrograman JavaScript. Kali ini kami akan melanjutkan pembahasan lebih lanjut mengenai JavaScript, diantaranya yaitu manfaat dan fungsi dari JavaScript.  

Ada banyak manfaat jika Anda mempunyai keahlian dalam pengoperasian bahasa JavaScript ini. Selain banyak manfaatnya, untuk cara penggunaan JavaScript bisa dibilang mudah. 

Jika dilihat dari sisi cara kerjanya, JavaScript ini mempunyai 2 sistem cara kerja. Sistem kerja yang digunakan yaitu dari sisi klien dan dari sisi server. Jika JavaScript yang digunakan berbasis client side, maka seharusnya browser yang digunakan juga harus mendukung bahasa pemrograman JavaScript ini, agar hasil yang diharapkan bisa sesuai. 

Kali ini, kami akan masuk kedalam pembahasan kelebihan serta kekurangan dari penggunaan JavaScript. 

Kelebihan dari JavaScript

Setiap bahasa pemrograman yang ada, pastinya mempunyai berbagai kelebihan yang berbeda. Hal ini tentunya bisa untuk menjadi bahan pertimbangan bagi para developer. 

Berikut beberapa kelebihan dari JavaScript : 

1. Fleksibilitas 

Bahasa pemrograman JavaScript ini merupakan bahasa pemrograman yang bersifat fleksibel. Sebelum ada JavaScript, dahulu para developer rata - rata menggunakan bahasa pemrograman PHP. Hal ini dikarenakan semua logika web ini dibuat pada sisi server saja. Sedangkan, JavaScript menggunakan 2 sisi. 

2. Mudah Dipelajari 

Setiap bahasa pemrograman mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda - beda. Ada yang sulit dan ada juga yang mudah untuk dipelajari. Untuk bahasa pemrograman JavaScript sendiri termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari. 

3. Dapat Digunakan untuk Semua Kebutuhan 

Kelebihan selanjutnya dari menggunakan JavaScript adalah bahasa pemrograman yang satu ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. JavaScript ini tidak hanya dapat digunakan untuk front-end, Anda juga bisa menggunakan JavaScript ini untuk mengelola server (backend). 

4. Beban Server Lebih Ringan 

Bahasa pemrograman JavaScript mempunyai kelebihan lainnya yaitu beban server lebih ringan. Proses kerja yang dihasilkan dari sisi server ini bisa dibilang sangat efisien. 

Hal ini dikarenakan, sistem kerja yang digunakan ini memiliki sifat non-blocking. Proses kerja non-blocking ini mempunyai arti yaitu proses kerjanya tidak berhenti di satu proses saja, dan bisa dilakukan secara bersamaan, tetapi jika proses sebelumnya tidak memerlukan output.

Jika, Anda sudah mengetahui kelebihan - kelebihan dari menggunakan JavaScript, maka selanjutnya kami akan memberikan informasi mengenai beberapa fungsi dari JavaScript. 

Fungsi JavaScript 

Ada banyak fungsi dari JavaScript. Diantaranya adalah JavaScript dapat membuat sebuah tampilan website menjadi lebih menarik, mengembangkan game, dapat menciptakan sebuah aplikasi dan menjalankan web server. 

Berikut beberapa penjelasan mengenai fungsi dari JavaScript : 

1. Menciptakan Aplikasi Mobile 

Bahasa pemrograman JavaScript ini bisa menciptakan sebuah aplikasi mobile. Sebelum adanya JavaScript ini, untuk membuat sebuah aplikasi biasanya para developer menggunakan bahasa pemrograman Java untuk sistem Android. 

Saat ini, bahasa pemrograman yang satu ini dapat digunakan dalam mobile API untuk membuat sebuah aplikasi mobile.  

2. Membuat Website agar Lebih Menarik 

JavaScript ini mempunyai fungsi lain yaitu dapat mengubah tampilan website agar lebih menarik dan juga interaktif, dengan konten dinamisnya. Misalnya seperti, konten yang dapat bergerak serta dapat memperbaharui secara real-time tanpa perlunya reload pada halam website secara berulang kali. Contoh penerapannya bisa dilihat di Google Maps.

3. Mengembangkan Game yang Berbasis Web Browser

Fungsi yang berikutnya adalah JavaScript dapat mengembangkan sebuah game yang terdapat di web browser. Dalam membuat sebuah game browser yang menarik, JavaScript dapat dikombinasikan dengan HTML5.

Jadi, itu dia pengertian, fungsi, dan manfaat dari bahasa pemrograman Java Script yang perlu Anda ketahui. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin menjadi seorang programmer, jangan lupa untuk mempelajari bahasa pemrograman yang satu ini ya. Bagi, Anda yang ingin mengetahui pengertian dari JavaScript, Anda bisa membaca artikel Javascript : Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

Bagikan
Cek Estimasi