Layana LogoDitulis oleh jihan alya | Diposting tanggal 14 November 2023

JavaScript : Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

BerandaArtikelJavaScript : Pengertian, Manfaat, d...
JavaScript : Pengertian, Manfaat, dan Fungsinya

Layana.id - JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering dipakai untuk mengembangkan sebuah aplikasi, game, dan website. Jika Anda menguasai bahasa pemrograman JavaScript ini, maka Anda dapat membuat sebuah tampilan website yang menarik. 

Bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang Web Developer, tentunya bahasa pemrograman yang satu ini wajib untuk dipelajari. Hal ini dikarenakan JavaScript sering digunakan para developer untuk membuat sebuah halaman web interaktif. Jika mempunyai halaman web interaktif, maka harapannya akan dapat meningkatkan user experience yang ada pada website. 

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai bahasa pemrograman, baik itu pengertian, manfaat, dan juga fungsinya.  

Pengertian JavaScript 

Bahasa pemrograman yang satu ini, mungkin menjadi bahasa yang tidak asing lagi didengar, terutama bagi seorang developer. Bahasa pemrograman JavaScript mempunyai definisi yaitu sebuah bahasa pemrograman yang mempunyai sifat dinamis, ringan, dan bisa diarahkan, baik untuk functional programming mapun oriented programming. 

Lebih dari 67% seorang Web Developer, lebih memilih untuk menggunakan bahasa pemrograman JavaScript ini. Salah satu penyebabnya adalah JavaScript bisa membuat tampilan website dinamis. Konten dinamis ini mempunyai arti yaitu konten yang bisa berubah atau bergerak di depan layar. Seperti contohnya, gambar animasi, fitur slideshow foto, pengisian poling, dan masih banyak lagi. 

Bahasa pemrograman yang satu ini, sering mengaitkan HTML dan CSS. Hal ini dikarenakan HTML mempunyai fungsi untuk membuat sebuah struktur website dan CSS mempunyai fungsi sebagai bahasa yang digunakan untuk merancang style yang ada dalam halaman website. JavaScript juga mempunyai fungsi untuk menambahkan sebuah elemen interaktif yang berguna untuk memberi peningkatan pada engagement pengguna. 

Oleh sebab itu, dengan menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, maka Anda bisa lebih mudah untuk meningkatkan sebuah fungsional yang ada dalam halaman web. Dengan menggunakan JavaScript, Anda juga bisa lebih mudah untuk membuat aplikasi, tools, serta game pada website. 

Jenis bahasa pemrograman yang satu ini, mempunyai jenis interpreter. Sehingga, dalam penggunaannya, tidak memerlukan compiler. JS junya punya beberapa jenis fitur yang menarik. Fitur - fitur ini, seperti loosely typed, high-level programming, dan client-side yang berorientasi pada objek. 

Nah, itu dia pengertian dari JavaScript. Ada beberapa hal yang belum kami informasikan, seperti manfaat dan fungsi dari menggunakan bahasa pemrograman JavaScript. Untuk itu, pastikan Anda membaca artikel berikutnya ya. 

Bagikan
Cek Estimasi