Layana LogoBy jihan alya | Diposting tanggal 23 November 2023

Golang Framework : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Rekomendasi Golang Framework Terbaik di Tahun 2023 - Part 2

BerandaArtikelInfo TeknologiGolang Framework : Pengertian, Fung...
Golang Framework : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Rekomendasi Golang Framework Terbaik di Tahun 2023 - Part 2

Layana.id - Pada tahun 2009, Google membuat bahasa pemrograman Go atau yang biasa kita kenal dengan sebutan Golang. Dalam pembuatannya, Google tidak bekerja sendiri. Google telah bekerja sama dengan tiga orang tokoh yang cukup mahir di bidang tersebut. Tiga tokoh tersebut yaitu Rob Pike, Ken Thompson, dan Robert Griesemer. 

Dengan begitu, terciptalah Google’s Go Programming Language atau Golang. Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian dan fungsi dari Golang framework. Pada bagian kedua ini kami akan memberikan informasi lebih lanjut mengenai keunggulan dan rekomendasi golan framework terbaik di tahun ini. 

Keunggulan Menggunakan Golang Framework 

Salah satu keunggulan Golang yang sudah sering diketahui yaitu sudah banyak web developer yang menggunakan Golang untuk mengembangkan sebuah aplikasi website. Hal ini dikarenakan Golang framework mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. 

Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki Golang : 

1. Tidak Memerlukan Integrasi Framework Lain 

Perlu kita ketahui, bahwa Golang framework ini mempunyai plugin dan support kode library yang lengkap. Hal ini yang menjadikan Golang framework tidak membutuhkan integrasi dengan framework lain untuk melengkapi fungsi. 

Dengan mempunyai fungsi yang lengkap, maka hal ini dapat memudahkan Anda dalam membuat API yang rumit. Oleh sebab itu, Anda tak perlu mengimpor library kode yang ada di Github atau framework lainnya. 

2. Mempunyai Dokumentasi yang Lengkap 

Dokumentasi yang ada dibuat sama seperti kode Go, sehingga dokumentasinya dibuat simpel. Sehingga, penulisannya mirip seperti bahasa Inggris. 

Dokumentasi yang ada pada Golang framework ini bisa dikatakan cukup lengkap. Hal ini menjadikan, dokumentasi kode ini tidak memerlukan dokumentasi bahasa pemrograman yang lain dalam membangun sebuah konstruksi kode. 

3. Lebih Cepat untuk Pemrosesan Kode

Perlu kita ketahui, bahwa Golang ini dapat membagi aplikasi menjadi bagian yang lebih kecil lagi. Namun, aplikasi tersebut masih saling terhubung juga. Dengan ini, maka pemrosesan compile sebuah kode yang ada bisa berjalan lebih cepat. 

Selain itu, Golang framework juga mendukung fungsi concurrency, yang mana proses ini dapat menerima banyak grafik dalam satu waktu dengan memori kecil. Oleh sebab itu, pemrosesan sebuah kode yang dijalankan bisa lebih cepat lagi. 

Jika kita sudah mengetahui beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Golang framework ini, selanjutnya kami akan memberikan beberapa rekomendasi Golang framework terbaik di tahun 2023 ini. 

Rekomendasi Golang Framework Terbaik Tahun 2023

Ada banyak rekomendasi Golang framework dan setiap jenisnya punya kelebihan serta kemudahan dalam penggunaannya yang berbeda - beda. Kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi sebagai bahan pertimbangan Anda. 

1. Revel 

Golang framework yang satu ini mempunyai fitur atau fungsi yang sangat lengkap. Revel ini bisa digunakan untuk project kecil bahkan untuk project yang besar sekalipun. Dengan ini, Anda tak perlu lagi menginstal plugin. 

Reval mempunyai kelebihan yaitu mempunyai fitur lengkap dan tidak membutuhkan integrasi pihak ketiga atau plugin. Namun, Reval juga mempunyai kekurangan yaitu fitur yang lengkap ini terkadang membuat penumpukan beban, pada saat framework digunakan.

2. Gin 

Perlu diketahui, bahwa golang framework yang satu ini mempunyai karakteristik yang minimalis. Gin ini biasanya dipakai untuk mengembangkan sebuah single page application. Golang framework inilah yang biasanya dipakai untuk para pemula, khususnya bagi developer yang ingin mengembangkan sebuah aplikasi website yang sederhana. 

Gin ini mempunyai kelebihan yaitu punya desain yang minimalis sehingga dapat mempercepat kinerja. Namun, Gin juga mempunyai kekurangan yaitu kapasitas server yang terbatas, sehingga mengakibatkan Gin mudah overload. 

3. Beego 

Golang framework berikutnya adalah Beego. Beego ini biasanya dipakai untuk pengembangan aplikasi website, REST API, dan back end website yang pengerjaannya cukup rumit. Oleh sebab itu, Beego ini tidak direkomendasikan untuk pemula. 

Kelebihan yang dimiliki pada Beego yaitu punya fitur yang lengkap guna mendukung kecepatan serta fleksibilitas framework. Tetapi, Beego juga punya kekurangan yaitu Beego mempunyai desain yang ringan, sehingga membuat para pengguna harus terus menerus memperbaharui halaman mereka. 

Nah itu dia, seluk beluk mengenai Golang Framework. Pastikan Anda juga membaca Golang Framework : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Rekomendasi Golang Framework Terbaik di Tahun 2023 ini ya. Apakah Anda tertarik menggunakan Golang framework ?

Bagikan