Layana LogoDitulis oleh jihan alya | Diposting tanggal 21 November 2023

Golang Framework : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Rekomendasi Golang Framework Terbaik di Tahun 2023

BerandaArtikelInfo TeknologiGolang Framework : Pengertian, Fung...
Golang Framework : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Rekomendasi Golang Framework Terbaik di Tahun 2023

Layana.id - Pada saat mengembangkan sebuah aplikasi website tentunya memerlukan waktu yang lama dalam proses pembuatannya. Hal ini disebabkan oleh proses dalam melakukan coding, baik back end hingga bagian front end aplikasi website. Ditambah lagi, jika ada proses compile kode serta debugging yang ada. 

Jika Anda melakukan semua rangkaian tersebut dengan menulis sebuah kode dari nol, maka hal tersebut akan memakan banyak waktu dan juga bisa menjadi hal yang kurang efisien. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah framework yang dapat membantu dalam proses coding ini. 

Disini kami akan memberikan sebuah solusi untuk permasalahan tersebut. Anda bisa menggunakan Golang framework. Dengan menggunakan Golang framework ini, Anda tidak perlu lagi menulis kode dari nol.

Anda hanya perlu menyusun kode yang sudah disediakan dan dapat disusun sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Dengan begini, maka pembuatan aplikasi bisa menjadi lebih efisien. 

Perlu diketahui, bahwa Golang framework mempunyai banyak pilihan untuk para web development dan tentunya bisa Anda coba. Setiap pilihan mempunyai fitur yang dapat menjawab berbagai kebutuhan untuk berbagai macam aplikasi. 

Untuk itu, kami akan berikan 3 rekomendasi Golang framework terbaik di tahun ini, sebagai bahan pertimbangan bagi Anda yang ingin menggunakan Golang framework ini. Namun, sebelum masuk ke rekomendasinya, kami akan memberikan pengertian dari Golang framework itu sendiri. 

Pengertian Golang Framework

Ada banyak framework yang dapat Anda gunakan untuk mengerjakan sebuah proyek pembuatan aplikasi website. Salah satunya adalah Golang framework. 

Golang framework ini mempunyai arti yaitu sebuah kerangka kerja yang mempunyai fungsi dalam mengembangkan sebuah aplikasi website, REST API, dan back end. Golang framework ini berisikan kumpulan kode dari Bahasa Go atau Google’s Go Language yang siap untuk dipakai.

Uniknya, kode - kode tersebut sudah membentuk sebuah fungsi yang diperlukan dalam pengembangan sebuah aplikasi atau website. 

Dengan begini, jika Anda menggunakan Golang framework, maka Anda tidak perlu repot - repot menulis kode yang akan dibuat dari nol. Anda juga tidak perlu mengulang penulisan jika ada kode yang sama. Anda hanya cukup menyusun komponen - komponen fungsi yang diperlukan dalam pembuatan website atau aplikasi yang sedang Anda kerjakan. 

Fungsi Golang Framework 

Tak hanya untuk membuat aplikasi website saja, Golang framework juga mempunyai fungsi lain yang tak kalah populer, yaitu : 

1. Libraries/Tools

Dalam hal ini, Golang framework digunakan untuk tempat kumpulan kode-kode yang ada dan alat yang digunakan untuk mendukung proses dalam mengembangkan aplikasi. 

2. Front end 

Golang framework juga mempunyai fungsi untuk membuat antarmuka sebuah aplikasi atau website yang dikerjakan oleh seorang front end. 

3. Development and Operation 

Fungsi lainnya yaitu sebagai proses development serta sebagai operasional dalam pembuatan aplikasi yang berkualitas. 

4. Command Line Interface (CLI) 

Fungsi Golang framework yang tak kalah menarik yaitu sebagai program yang dapat mengetikkan perintah atau mengetikkan kode instruksi task  untuk komputer. 

Dengan begini, kita sudah mengetahui pengertian dan fungsi dari Golang framework. Masih ada 2 topik pembahasan lagi mengenai Golang framework yaitu keunggulan dan rekomendasi Golang framework yang bisa Anda gunakan. Untuk itu, Anda bisa melanjutkan bacaan Golang Framework : Pengertian, Fungsi, Keunggulan, dan Rekomendasi Golang Framework Terbaik di Tahun 2023 - Part 2

Bagikan
Cek Estimasi