Layana LogoDitulis oleh jihan alya | Diposting tanggal 02 November 2023

Apakah SEO dan SEM Sama ? Kenali Perbedaannya - Part 2

BerandaArtikelInfo TeknologiApakah SEO dan SEM Sama ? Kenali Pe...
Apakah SEO dan SEM Sama ? Kenali Perbedaannya - Part 2

Layana.id - Sebelumnya kita sudah membahas mengenai pengertian dari SEO dan SEO, dengan begitu kita sudah mengetahui sekilas perbedaan dari kedua hal tersebut. Berikutnya, kami akan membahas mengenai perbedaan dari SEO dan SEM. 

SEO dan SEM mempunyai perbedaan yang paling utama yaitu dari segi strateginya. Mengapa demikian ? Karena SEO menggunakan strategi yang mempunyai fokus dalam mengoptimalkan sebuah website untuk mendapatkan traffic yang baik secara organik (tanpa biaya), sedangkan SEM memakai strategi untuk menaikkan traffic pada website dengan iklan berbayar agar website yang Anda kelola dapat masuk ke peringkat teratas. 

Selain, perbedaan tersebut masih ada perbedaan yang lain antara SEO dan SEM. Berikut ini kami berikan 4 perbedaan SEO dan SEM : 

1. SEM Dapat Memilih Target Audience 

Kelebihan yang dimiliki jika menggunakan strategi SEM adalah dapat menjangkau audience dengan lebih spesifik. Dengan menggunakan SEM, Anda dapat menargetkan audience seperti apa yang Anda inginkan berdasarkan lokasi, kelamin, umur, dan karakteristik yang lain. 

2. SEO Tidak Berbayar Sedangkan SEM Berbayar

Perbedaan yang sangat signifikan antara SEO dan SEM yaitu dalam pengeluaran dananya. Jika Anda menggunakan SEM untuk mengoptimasi website Anda, maka Anda harus membayar biaya iklan, namun jika Anda menggunakan SEO, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk iklan. 

Keduanya sama - sama bisa untuk menaikkan sebuah website agar masuk ke pencarian teratas. Namun, meski tidak ada biaya yang dikeluarkan untuk biaya iklan, mungkin Anda akan memerlukan tool premium dalam menunjang performa sebuah website yang Anda kelola.

3. Hasil SEM Lebih Cepat 

Kita perlu mengetahui bahwa hasil web yang di optimasi menggunakan SEM akan lebih cepat naik ke peringkat atas dibanding dengan hanya menggunakan SEO atau dengan cara yang organik. Jika Anda mengelola website yang masih baru dan belum mempunyai banyak backlink, maka untuk menaikkan website menggunakan SEO juga akan lebih susah. 

4. SEO Lebih Mempunyai Efek untuk Jangka Panjang

Jika kita menggunakan SEM untuk website, maka halaman website tersebut akan berada pada peringkat teratas selama iklannya berjalan saja. Ketika Anda mematikan iklan tersebut, maka halaman website tersebut akan langsung keluar dari peringkat teratas. 

Nah, itu dia 4 perbedaan mengenai SEO dan SEM. Mungkin dari keempat perbedaan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mengembangkan bisnis Anda melalui website yang Anda kelola. 

Jika website yang Anda kelola baru dan ingin cepat meningkatkan brand awareness, maka disarankan untuk memakai strategi SEM sembari Anda menerapkan strategi SEO. Apakah Anda sudah mengetahui pengertian dari SEO dan SEM ? Jika belum, Anda bisa kunjungi artikel Apakah SEO dan SEM Sama ? Kenali Perbedaannya.

Bagikan
Cek Estimasi