Layana LogoDitulis oleh jihan alya | Diposting tanggal 01 November 2023

Apakah SEO dan SEM Sama ? Kenali Perbedaannya 

BerandaArtikelInfo TeknologiApakah SEO dan SEM Sama ? Kenali Pe...
Apakah SEO dan SEM Sama ? Kenali Perbedaannya 

Layana.id - Serupa namun tapi sama. Kalimat yang pas diutarakan untuk SEO dan SEM. Keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu sama - sama dapat digunakan untuk membangun sebuah brand awareness. Namun, keduanya ini mempunyai perbedaan yang sangat signifikan. 

Bagi Anda seorang pebisnis, perlunya memahami kedua search engine ini, apalagi jika bisnis yang Anda kelola merupakan bisnis yang bergerak di bidang marketing. Tentunya penggunaan SEO dan SEM sangat diperlukan. 

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian SEO dan SEM. Setelah Anda mengetahui pengertian dari SEO dan SEM, Anda bisa lebih mengetahui mana yang lebih cocok untuk diterapkan pada bisnis yang Anda kelola. Apakah Anda akan memakai SEO atau SEM ?

Pengertian SEO 

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah sebuah upaya untuk mengoptimasi website yang Anda kelola untuk memperoleh peringkat utama atau teratas dari hasil mesin pencari seperti Google. Dengan kata lain, jika kita mencari sebuah informasi di Google, maka hasil yang berada pada peringkat teratas adalah website yang melakukan optimasi dengan baik. 

Search Engine Optimization inilah yang menjadi salah satu faktor terpenting dalam menentukan keberhasilan atau kesuksesan website yang Anda kelola. Jika Anda memanfaatkan website sebagai sarana untuk menghasilkan uang, maka Anda perlu menerapkan SEO ini dengan benar, agar website Anda dapat berada di urutan paling atas. 

Beberapa jenis yang harus Anda ketahui yaitu SEO On-Page, SEO Off Page, Technical SEO, Local SEO. Setiap jenisnya  juga mempunyai cangkupan tersendiri. Apa saja hal - hal yang termasuk dalam setiap jenis SEO tersebut ? Berikut Jenis SEO beserta cangkupannya : 

1. SEO On-Page : 

- Konten, 

- Optimasi Keyword, 

- Title tag, 

- Header Tag, 

- Images,

- alt text

2. SEO Off-Page : 

- Link building, 

- Social media marketing, 

- Influencer outreach, 

- Forum

3. Technical SEO : 

- Kecepatan loading, 

- Schema markup,

- Internal link, 

- XML sitemap,

- Accelerated Mobile Pages (AMP), 

- Sertifikat SSL 

4. Local SEO : 

- Profil Google My Business (GMB),

- Lakukan riset kata kunci,

- Konten yang menyasar market lokal,

- Ulasan pelanggan

Pengertian SEM 

Setelah kita mengetahui pengertian dari SEO, saat ini kami akan membahas pengertian dari SEM. Search Engine Marketing atau yang biasa kita sebut dengan SEM adalah sebuah channel marketing yang ada pada mesin pencari seperti Google yang menerapkan sistem berbayar. Hal ini sangat berbeda dengan SEO, namun mempunyai fungsi yang sama - sama untuk menaikkan website agar ada di urutan teratas. 

Untuk penerapannya sendiri, SEM ini memakai sebuah platform iklan pay-per-click atau PPC, contohnya seperti Google Ads yang berfungsi agar jangkauan target yang dihasilkan lebih meluas. Lebih jelasnya lagi, PPC merupakan sebuah strategi marketing dengan melakukan bidding pada sebuah keyword tertentu. 

Pada umumnya, peringkat iklan ini bergantung pada seberapa besar bid yang diajukan. Sistemnya nanti, Jika Anda melakukan klik pada website beriklan, maka nantinya Anda harus membayar bid dengan sebesar jumlah bid yang Anda ajukan. 

Setelah mengerti pengertian SEO dan SEM, selanjutnya kita akan memasuki pembahasan mengenai perbedaannya dan kapan waktu yang tepat untuk memakai strategi tersebut. Untuk itu Anda bisa membaca artikel berikutnya.

Bagikan
Cek Estimasi