Layana LogoBy jihan alya | Diposting tanggal 11 Desember 2023

Apa itu React JS? Pengertian, Fitur, dan Kelebihan React JS - Bagian 2

BerandaArtikelInfo TeknologiApa itu React JS? Pengertian, Fitur...
Apa itu React JS? Pengertian, Fitur, dan Kelebihan React JS - Bagian 2

Layana.id - Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai pengertian dari React JS. Bagi yang belum membaca, yuk cek artikel ini Apa itu React JS? Pengertian, Fitur, dan Kelebihan React JS - Bagian 1. 

React JS merupakan library JavaScript yang digunakan dalam proses pengembangan suatu web atau aplikasi mobile. Biasanya React JS dimanfaatkan untuk membuat sebuah desain interface yang ada pada website. 

React JS dapat membuat proses coding menjadi lebih cepat dan efisien. Hal ini dikarenakan para developer yang terlibat bisa langsung menggunakan kode yang ingin dipakai dari React JS, sehingga dalam pengaplikasian kode di JavaScript menjadi lebih mudah. 

Dari penjelasan tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa React JS dapat sangat membantu proses pengembangan aplikasi yang dilakukan oleh para developer yang terlibat. Selain hal tersebut, kami akan memberikan informasi mengenai fitur unggulan yang ada di dalam React JS. 

Fitur Unggulan React JS 

Dalam mengembangkan sebuah aplikasi mobile atau web tentunya React JS mempunyai fitur unggulan yang dapat diandalkan. Apa saja fitur unggulannya ? Yuk simak informasi berikut ini. 

1. Virtual DOM

Fitur yang satu ini mempunyai fungsi untuk melihat bagian dari DOM asli yang berubah. Contohnya, seperti saat pengguna website mengklik tombol comment atau like yang ada pada website tersebut. Dalam hal ini, maka yang nanti akan berubah hanya pada bagian comment dan like saja. 

Saat ada bagian yang perlu diubah, React JS akan mengubah bagian yang perlu diubah saja. Dengan begitu, maka pengguna tidak perlu melakukan reload satu halaman tersebut untuk melihat perubahan yang terjadi. 

2. JSX 

JSX merupakan extension syntax JavaScript yang dapat memungkinkan Anda untuk melakukan modifikasi Document Object Model (DOM) dengan menggunakan kode bergaya HTML. 

Sebelum mengetahui fungsi dari JSX, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari DOM terlebih dahulu. 

DOM adalah application programming interface (API) yang mempunyai fungsi untuk mengatur struktur pada halaman web. Jika ingin menambahkan konten dinamis ke dalam halaman web, maka developer harus memodifikasi DOM. 

Dengan begini, maka JSX dapat membantu Anda untuk mempermudah dalam menambahkan konten dinamis. Hal ini dikarenakan extension JSX ini bisa membantu Anda untuk memasukkan syntax dengan gaya HTML ke dalam Document Object Model. 

Anda dapat menggunakan JSX ini di berbagai browser. Hal ini dikarenakan JSX cocok dengan semua platform browser modern yang ada. Contohnya Firefox dan Chrome.

3. Single Way Data Flow 

Single way data flow merupakan suatu teknik yang mana hanya mempunyai satu cara untuk mentransfer data ke seluruh aplikasi. Dengan menggunakan single way data flow, maka Anda dapat mengontrol sebuah data menjadi lebih baik. 

Setelah kita mengetahui beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh React JS, selanjutnya kami akan memberikan informasi mengenai beberapa kelebihan yang dimiliki oleh React JS. 

Kelebihan React JS

Dalam membuat suatu aplikasi mobile atau web tentunya React JS mempunyai beberapa kelebihan, sehingga React JS ini banyak digunakan oleh para developer. 

Berikut beberapa kelebihan dari React JS : 

1. Reusability Komponen 

React JS memberikan izin para developer untuk dapat memanfaatkan kembali komponen yang sudah dikembangkan ke dalam aplikasi lainnya dengan menggunakan fungsi yang sama. Hal ini dapat menjadikan tenaga dan waktu yang digunakan menjadi lebih optimal dan efisien. 

2. Ramah SEO 

Masalah yang sering dihadapi web development adalah framework JavaScript yang tidak ramah dengan search engine. Dalam hal ini, maka React JS mempunyai kelebihan yaitu ramah SEO. 

React JS dapat memungkinkan Anda untuk membuat antarmuka pengguna yang bisa diakses pada berbagai mesin pencari yang ada. Dalam hal ini, React JS bisa bekerja di dalam server, lalu melakukan render, dan kemudian mengembalikan virtual DOM ke browser sebagai halaman website. 

3. Banyak Dipakai Oleh Perusahaan 

Dalam mengembangkan suatu aplikasi mobile atau web, React JS ini sudah banyak dipakai oleh perusahaan. Beberapa contoh perusahaan yang menggunakan React JS yaitu Netflix, Airbnb, Skype, dan masih banyak lagi. 

4. Menjamin Kestabilan Kode 

React memakai aliran data menuju ke bawah. Hal ini dikarenakan untuk dapat memastikan setiap perubahan kecil yang terdapat pada child structure tidak berpengaruh dalam parent structure. 

Dengan pengikatan data yang terstruktur, maka hal tersebut dapat menjamin kestabilan kode serta kecepatan kerja suatu aplikasi. Perubahan yang termasuk dalam hal ini yaitu perubahan objek, perubahan komponen, dan perubahan status oleh developer. 

Nah itu dia, beberapa kelebihan yang dimiliki oleh React JS. Dalam hal mengembangkan sebuah aplikasi mobile atau web, tentunya dengan menggunakan React JS akan membuat proses pengembangannya menjadi lebih efisien. Oleh sebab itu, banyak developer yang menggunakan React JS ini. Apakah Anda salah satunya ? 

Jangan lupa baca artikel Apa itu React JS? Pengertian, Fitur, dan Kelebihan React JS - Bagian 1 untuk mengetahui detail pengertian dari React JS. Semoga bermanfaat.

Bagikan