Layana LogoBy jihan alya | Diposting tanggal 08 Desember 2023

Apa itu React JS? Pengertian, Fitur, dan Kelebihan React JS - Bagian 1

BerandaArtikelInfo TeknologiApa itu React JS? Pengertian, Fitur...
Apa itu React JS? Pengertian, Fitur, dan Kelebihan React JS - Bagian 1

Layana.id - Jika Anda belajar mengenai web development, pastinya Anda sudah pernah mendengar istilah React JS. Hal ini dikarenakan React JS merupakan salah satu topik yang sering diperbincangkan. 

React JS merupakan library yang dapat membantu para developer dalam merancang tampilan antarmuka (UI) yang ada pada website agar memiliki tampilan yang lebih menarik. UI merupakan suatu hal yang sangat penting dalam sebuah website atau aplikasi. Hal ini dikarenakan dengan adanya UI, maka pengguna dapat berinteraksi dengan produk yang ada. 

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai React JS mulai dari pengertian, fitur, dan kelebihan menggunakan React JS. Nah, jika Anda tertarik untuk membuat user interface (UI), artikel ini sangat cocok untuk Anda. 

Pengertian React JS 

React JS adalah library atau pustaka JavaScript yang biasa digunakan untuk membuat suatu desain user interface suatu aplikasi web atau website. 

Jadi, bisa dibilang React JS ini seperti perpustakaan yang berisikan kumpulan berbagai kode JavaScript yang sudah tertulis (pre-written). Dengan kata lain, Anda bisa langsung mengambil kode yang ingin Anda pakai. Hal inilah yang menyebabkan proses coding menjadi lebih efisien dengan framework JavaScript tersebut. 

Sebelumnya, apakah Anda sudah mengetahui pengertian dari JavaScript? Jika belum, berikut pengertiannya. JavaScript adalah sebuah bahasa pemrograman yang bisa membantu Anda dalam pembuatan konten web yang dinamis, contohnya slideshow, form, dan konten interaktif lainnya. 

Anda dapat membuat tampilan website yang lebih bagus dan menarik, jika Anda menggunakan JavaScript. Lalu, mengapa pustaka atau library ini sangat berguna dalam membangun suatu UI? Hal ini dikarenakan pengaplikasian kode JavaScript di website bisa menjadi lebih mudah. 

Library ini mempunyai sifat open source. Hal ini berarti, isi yang ada didalamnya akan terus berkembang dikarenakan semua orang bebas memodifikasi kode yang ada di dalamnya. 

React JS juga merupakan salah satu library yang sangat populer. Kabarnya, sudah lebih dari satu juta website yang telah menggunakannya. Adapun website ternama yang menggunakan React JS, diantaranya yaitu : paypal.com, yahoo.com, dan bbc.com. 

Alasan Menggunakan React JS 

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus menggunakan React JS, khususnya bagi Anda yang sedang merancang tampilan user interface. Berikut beberapa alasannya : 

1. Mudah Dipelajari 

Untuk mempelajari React JS ini bisa dikatakan tidak terlalu sulit. Hal ini dikarenakan React JS memakai bahasa yang mirip dengan HTML dan CSS. 

2. Lebih Sederhana 

Salah satu hal yang menjadikan React JS populer di kalangan para developer adalah mempunyai bentuk yang simpel. 

3. Performa 

React JS memakai kerangka VDOM yang dapat membuat aplikasi web berjalan dengan lebih cepat. Jika memakai kerangka ini, maka antarmuka pengguna yang kompleks bisa dipecah menjadi beberapa komponen. Oleh sebab itu, proses pengembangan bisa berjalan lebih cepat karena dapat memungkinkan banyak pengguna yang bekerja pada komponen tersebut secara bersamaan. 

4. Data Binding Satu Arah 

Dalam hal ini React JS memakai arsitektur aplikasi yang disebut dengan Flux, untuk mengontrol aliran data ke komponen melalui satu titik kontrol. Dengan ini, maka Anda dapat lebih mudah untuk men-debug komponen self-contained dari aplikasi React JS. 

Jadi, itu dia pengertian dari  React JS dan  4 alasan mengapa Anda harus menggunakan React JS. Untuk informasi selanjutnya mengenai fitur dan kelebihan React JS, Anda bisa baca pada artikel Apa itu React JS? Pengertian, Fitur, dan Kelebihan React JS - Bagian 2. Semoga bermanfaat.

Bagikan