Tak bisa dipungkiri, kehadiran internet telah mengubah cara manusia dalam berbisnis dan berbelanja. Bisnis online semakin merajai pasar, sedangkan bisnis offline semakin kesusahan untuk bersaing. Hal ini akhirnya membuat semakin banyak pelaku bisnis yang merambah dunia digital. Kini, mulai dari perusahaan besar hingga bisnis skala kecil, berlomba-lomba untuk merebut pasar online. Meski begitu, masih cukup banyak pebisnis yang belum go online dan memanfaatkan internet dengan baik.

Padahal, go online adalah suatu keharusan supaya bisnis tetap relevan di zaman modern. Apalagi teknologi juga sudah semakin canggih, sehingga tidak sulit lagi untuk bisa go online. Maka dari itu, bagi yang belum go online, segeralah untuk go online.

Berikut keuntungan yang bisa didapatkan jika bisnis Anda sudah go online:

1. Meningkatkan Citra Perusahaan

Alasan pertama mengapa Anda harus mengubah bisnis offline ke online adalah untuk meningkatkan citra perusahaan. Tanpa adanya website, blog atau keberadaan online sama sekali, pelanggan dan klien bisa mempertanyakan keseriusan bisnis Anda.

2. Ketersediaan 24 Jam

Bisnis Anda memiliki banyak keterbatasan jika tak terhubung dengan jaringan internet, salah satunya adalah waktu beroperasi. Misalnya saja restoran, supermarket atau mall yang hanya dibuka pada waktu tertentu. Sedangkan bisnis online dapat terus berjalan selama 24 jam penuh tanpa batasan. Pelanggan dan customer bisa mendapat informasi tentang produk/jasa Anda dan melakukan transaksi kapanpun mereka inginkan. Bahkan di hari libur pun bisnis Anda tetap bisa berjalan secara maksimal.

3. Customer Service yang Lebih Maksimal

Jaringan internet memberikan Anda akses tak terbatas untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam waktu singkat. Anda bisa dengan mudah membuat video tutorial, memecahkan masalah tertentu, hingga melayani pelanggan baik secara langsung maupun menggunakan chat bot.

Ada banyak hal yang bisa didapat pelanggan dari website atau media sosial perusahaan Anda, seperti:

  • Membaca spesifikasi produk
  • Mengetahui promo tertentu
  • Mendapat penjelasan mengenai masalah yang terjadi
  • Mempelajari perusahaan Anda, dan sebagainya

Pada dasarnya kehadiran Anda secara online memungkinkan orang lain untuk mengakses informasi-informasi yang dibutuhkan. Ini artinya Anda tidak harus selalu berjaga-jaga menerima telepon untuk melayani pelanggan yang membutuhkan bantuan.

4. Internet Memudahkan Pengembangan Bisnis

Kemampuan lain internet adalah mendekatkan semua orang tanpa batasan jarak dan waktu. Ini berarti, jarak Anda dan pelanggan juga sangat dekat. Kehadiran toko online memudahkan Anda menerima transaksi dan pembayaran. Selain itu toko online juga memungkinkan bisnis Anda untuk dikenal oleh semua orang dari belahan dunia manapun, sehingga tentu saja beberapa hal tersebut dapat mengembangkan bisnis Anda.

Tugas Anda untuk mencapai tujuan bisnis secara online adalah memastikan bisnis dan website Anda berjalan dengan efektif. Salah satu caranya adalah dengan terus meningkatkan traffic dan peringkat website. Semakin banyak orang yang “menemukan” Anda, maka semakin banyak pula prospek dan penjualan yang bisa didapatkan.

5. Menekan Biaya Operasional

Menyambung dari poin-poin sebelumnya, perpindahan dari offline ke online dapat menekan biaya operasional. Misalnya, Anda tidak membutuhkan SPG (Sales Promotion Girl), menyewa toko fisik, membeli perlengkapan toko dan pengeluaran operasional lainnya. Anda juga bisa mengurangi jumlah karyawan mengingat banyak kegiatan operasional yang bisa dilakukan secara otomatis menggunakan software. Contohnya seperti customer service yang sudah disebutkan sebelumnya, pemasaran secara online dan transaksi secara online.

6. Menyasar Target Secara Global

Bisnis offline membatasi Anda untuk bisa mencapai target di area yang lebih luas. Namun dengan website, jutaan orang dapat melakukan transaksi dengan Anda sekaligus. Bayangkan potensi perkembangan bisnis Anda jika produk dan jasa Anda terekspos ke semua lokasi yang Anda inginkan.

7. Meningkatkan Kemampuan Perusahaan dalam Bekerja

Keuntungan berbisnis secara online lainnya adalah pekerjaan dapat diselesaikan secara lebih cepat, baik untuk menyampaikan penawaran, mengurus pesanan pembelian, konfirmasi pesanan, hingga mengatasi masalah pelanggan. Hal ini tentu saja disukai oleh para pelanggan, mereka ingin bisa menyelesaikan transaksi dan mendapat produk/jasa yang diinginkan dalam waktu singkat.

Layana.id hadir menjadi solusi masalah bisnis anda. Layana E-commerce by Layana.id   membantu mengonline-kan bisnis anda dengan berbagai fitur canggih dan harga yang terjangkau. Layana E-commerce memberikan layanan pendukung bagi bisnis anda, serta menjamin keamanan dan kenyamanan bagi pelanggan saat melakukan belanja online.

Aplikas ini memudahkan customer untuk melakukan ordering dan pembelian produk, reservasi, pilihan layanan, mendapatkan info promo terupdate dll. Untuk non-member pendaftaran bisa dilakukan melalui aplikasi dengan verifikasi melalui nomor ponsel, kemudian data- data tersebut langsung terintegrasi dengan pos yang ada di kasir.

Adapun fitur-fitur yang terdapat dalam Layana E-commerce adalah :

  1. Katalog produk

Fitur ini berisi jenis- jenis produk yang dijual termasuk harganya

  1. Katalog treatment / layanan

Fitur ini berisi pilihan layana yang tersedia misalnya : treatment facial pada klinik skincare atau body spa pada salon kecantikan

  1. Info Promo

Fitur ini berisi informasi promo-promo terbaru

  1. Berita / artikel

Fitur ini berisi berita dan artikel terbaru yang sedang hangat diperbincangkan atau seputar bisnis anda

  1. List outlet / cabang

Fitur ini berisi data lokasi oulet / cabang dari bisnis anda

  1. Appoinment

Fitur ini digunakan untuk proses reservasi atau appointment

  1. Pendaftaran member

Fitur ini digunakan untuk non-member yang ingin mendaftar sebagai member baru

Layana.id tidak hanya memberikan fitur-fitur yang sudah ada, anda dapat merubah fitur-fitur dalam aplikasi bisa dikurangi ataupun ditambahkan sesuai dengan permintaan.

Jika anda memiliki pertanyaan-pertanyaan seputar bisnis online atau ingin membuat aplikasi online untuk bisnis anda, jangan ragu menghubungi team kami. Banyak keuntungan dan promo-promo menarik yang akan anda dapatkan jika membuat aplikasi di layana.id

Silahkan hubungi customer service kami di nomor

0818 0425 1557

 

Sumber : https://www.progresstech.co.id/blog/bisnis-go-online/

Tag : Layana E-commerce, Aplikasi e-commerce, E-commerce custom, Aplikasi e-commerce custom, Aplikasi bisnis online, Go online bisnis, Keuntungan bisnis online, Bisnis online custom