Layana LogoDitulis oleh jihan alya | Diposting tanggal 30 Oktober 2023

Yandex : Pengertian dan Fungsi Fitur 

BerandaArtikelInfo TeknologiYandex : Pengertian dan Fungsi Fitu...
Yandex : Pengertian dan Fungsi Fitur 

Layana.id - Yandex merupakan sebuah perusahaan yang berasal dari Rusia. Perusahaan ini merupakan perusahaan mesin pencari seperti Google. Kabarnya Yandex merupakan pesaing Google. 

Yandex telah menjadi sebuah mesin pencari terbesar dan terpopuler nomor empat di dunia. Di urutan pertama ada Google, kedua Bing, ketiga Yahoo!, dan keempat ada Yandex. Pada tahun 2023 ini, Yandex telah memiliki market share sebesar 0.85 %. 

Rata - rata pengguna Yandex adalah masyarakat Rusia, Turki, Belarus, Ukraina,  dan Kazakhstan. Namun, tidak hanya masyarakat dari negara tersebut saja yang menggunakan Yandex, saat ini masyarakat Indonesia pun sudah mulai banyak yang menggunakan Yandex. 

Hal ini dikarenakan Yandex mempunyai berbagai macam keunikan dibanding dengan mesin pencari lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian dan fungsi fitur dari Yandex, mari penjelasan di bawah ini. 

Pengertian Yandex 

Yandex Kepanjangan dari kata Yandex yaitu Yet Another iNDEXer. Yandex adalah sebuah mesin pencari atau search engine buatan negara Rusia yang mempunyai fungsi kurang lebih mirip seperti Google. Tampilan Yandex juga mirip dengan Google. 

Namun, Yandex mempunyai teknologi unik yang bisa menjadi pembeda antara Yandex dan Google, yaitu teknologi location-based search. Hal ini mempunyai arti yaitu seorang pengguna mesin pencari dapat menyempitkan hasil pencarian berdasarkan lokasi mereka. Dengan begini, walaupun meski kata kuncinya sama, kemungkinan hasil dari pencariannya bisa berbeda. 

Contohnya seperti, Anda memakai Yandex ini di negara Rusia, hal ini menjadikan hasil yang relevan dengan negara Rusia. Dengan begini, jika ada 3 orang yang mencari menggunakan keyword yang sama, namun untuk hasilnya dapat berbeda jika 3 orang tersebut ada di lokasi yang berbeda. 

Fitur ini yang membuat hasil pencarian menjadi lebih spesifik dibanding fitur dari search engine lain. Hal unik lainnya adalah Yandex ini biasanya menjadi pilihan mesin pencari sebuah informasi yang tidak dapat ditampilkan Google. 

Layanan dan Produk Yandex

Setelah mengetahui pengertian dari Yandex, kali ini kami akan memberikan beberapa fungsi dari fitur - fitur yang ada pada Yandex. Anda dapat mengaksesnya melalui aplikasi yang ada di seluler Anda dan Anda dapat mengaksesnya dengan online melalui sebuah browser. 

Di bawah ini ada beberapa layanan dan produk dari Yandex : 

- Yandex Translate merupakan sebuah fitur penerjemah bahasa yang ada pada Yandex. 

- Yandex Browser ini dapat Anda gunakan sebagai mesin pencari di internet, salah satunya termasuk Yandex Search.

- Yandex Images merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk menemukan gambar dengan berbagai pilihan warna, orientasi, ukuran, bahkan dengan format file yang berbeda. 

- Yandesk Disk merupakan sebuah fitur yang berfungsi untuk menyimpan file pada server cloud. 

- Yandex Mail merupakan sebuah layanan email dan bisa digunakan dengan gratis. 

- Yandex Video adalah fitur yang memudahkan Anda untuk mencari video yang ada di internet. 

- Yandex Ads merupakan sebuah wadah yang mendukung sebuah pemasaran online Anda melalui fitur mentisasi, pembuatan iklan, dsb. 

Dengan melihat berbagai fitur yang ada pada Yandex, mungkin Anda akan  berfikir Yandex ini mirip seperti Google. Namun nyatanya, Yandex ini tetap mempunyai perbedaan, terutama produk terlarisnya yaitu search engine. 

Itu dia pengertian dan fungsi fitur - fitur yang ada pada Yandex. Baik Google maupun Yandex, keduanya pasti mempunyai keunggulan serta kekurangannya masing - masing. Oleh sebab itu, pakailah browser yang sesuai dengan kenyamanan Anda. 

Bagikan
Cek Estimasi