Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta perlu memiliki sebuah sistem yang bisa mengelola keadaan krisis. Mengingat kawasan Jakarta rawan terjadi banjir, maka kehadiran aplikasi ini sangat krusial. Kita bisa bercermin pada Jepang. Negara tersebut memiliki aplikasi pengelolaan krisis yang sangat baik dan terinstal di semua ponsel penduduknya. Apabila terjadi insiden membahayakan seperti gempa bumi, maka aplikasi tersebut akan memberikan alarm dan himbauan apa yang harus dilakukan.
Hal serupa bisa dilakukan pemerintah DKI Jakarta. Dengan adanya aplikasi pengelolaan krisis, maka apabila terjadi Bencana apa pun, aplikasi dapat memberikan informasi tersebut secara real time, panduan koordinasi, dan sumber daya yang diperlukan selama keadaan darurat, termasuk penanggulangan banjir.
Potensi Manfaat serta Tantangan Pembuatan Aplikasi Pengelolaan Krisis
Aplikasi ini bisa sangat bermanfaat untuk mempersiapkan keadaan terburuk. Dengan demikian, harapannya para warga sudah siap dan tahu apa yang harus dilakukan apabila terjadi Bencana. Aplikasi akan menginfokan mengenai apa saja yang perlu dilakukan agar tidak terjadi kepanikan di antara warga.
Meski demikian, aplikasi semacam ini memiliki tantangan serius, yakni keengganan masyarakat untuk menginstal dan menggunakannya. Pasti akan ada berbagai macam alasan mengapa warga tidak mau menginstal aplikasi yang sangat krusial ini. Karena itu, penting bagi pemerintah setempat untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar para warga mau menggunakan aplikasi tersebut.
Fitur Utama pada Aplikasi Pengelolaan Krisis
Setelah mengetahui potensi serta Tantangan dari aplikasi ini, kini yang perlu diketahui adalah fitur apa saja yang wajib ada. Beberapa di antara ya adalah Pemantauan dan Pemetaan Real-Time. Fitur ini menyediakan pemantauan real-time terhadap perkembangan situasi, termasuk peringatan dini terkait banjir. Pemetaan digital juga diperlukan untuk memetakan area-area terdampak bencana, rute evakuasi, dan lokasi fasilitas darurat seperti pusat evakuasi atau posko bantuan.
Fitur berikutnya yang wajib ada adalah Sistem Peringatan Dini. Sejak dulu kita semua diajarkan untuk sedia payung sebelum hujan. Hal ini pun berlaku pada potensi terjadinya Bencana. Karena itu, penting bagi aplikasi pengelolaan krisis untuk bisa memberikan peringatan dini tentang potensi Bencana. Caranya adalah dengan memberikan peringatan kepada pengguna berdasarkan data cuaca dan kondisi lingkungan. Secara teknis, sistem akan memberikan Notifikasi berupa informasi spesifik seperti tingkat banjir, prakiraan hujan, dan ancaman lainnya.
Fitur berikutnya adalah komunikasi darurat. Saat terjadi Bencana, biasanya listrik akan padam dan sinyal seluler maupun jaringan internet akan susah diakses. Pada momen seperti inilah aplikasi pengelolaan krisis harus bisa menghadirkan fitur komunikasi untuk panggilan darurat atau pesan teks massal. Hal ini memungkinkan pemerintah dan petugas darurat untuk berkomunikasi dengan cepat dan efektif dengan warga yang terdampak.
Fitur yang wajib ada berikutnya adalah Dukungan Pencarian dan Pertolongan. Dengan fitur ini, maka pengguna bisa mengakses informasi tentang lokasi pos bantuan, sumber daya medis, dan tim penyelamat. Selain itu, fitur ini juga memfasilitasi pengguna untuk meminta bantuan atau melaporkan keadaan darurat melalui fitur penggunaan sosial atau pengaduan langsung.
Fitur berikutnya yang tak kalah penting adalah Pelaporan Kerusakan Infrastruktur. Dengan fitur ini, pengguna bisa melaporkan kerusakan infrastruktur, seperti jalan rusak atau bangunan roboh, yang dapat membantu petugas darurat dalam penanganan prioritas.
Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Pengelolaan Krisis?
Setelah mengetahui urgensi, potensi, permasalahan, serta berbagai fitur yang wajib ada dalam aplikasi ini, maka pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara membuat Aplikasi tersebut. Tentu saja perlu menjalin kerjasama dengan software house atau vendor IT yang terpercaya. Salah satu software house yang bisa diandalkan dan terpercaya untuk membuat aplikasi tersebut adalah kami, Layana.ID.
Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun international, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan platform aplikasi untuk sistem pengelolaan krisis terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.
Hubungi Kami
? Email: marketing@layana.id
? Telepon: (+62) 818 0425 1557 Anggit Restu Manager IT Kamu
? Situs Web: Layana.ID
Tim Layana.ID siap membantu Anda mewujudkan proyek digital Anda!