Layana LogoDitulis oleh kristal | Diposting tanggal 22 Februari 2024

Urgensi dan Panduan Mengembangkan Platform Membership untuk Bisnis FNB Anda

BerandaArtikelInfo TeknologiUrgensi dan Panduan Mengembangkan P...
Urgensi dan Panduan Mengembangkan Platform Membership untuk Bisnis FNB Anda

Mengelola data pelanggan sangatlah penting dilakukan bagi bisnis jenis apa pun. Dalam hal ini, bisnis FNB bisa menjadi contoh yang sangat tepat, mengingat pelanggan datang dan pergi setiap harinya. Apabila bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan, maka pemilik bisnis bisa lebih mudah menawarkan berbagai promosi yang ditawarkan. Karenanya, sangat penting memiliki sebuah sistem membership untuk menjaga loyalitas para pelanggan. Kali ini, Layana akan membahas secara detail mengenai apa saja yang harus dilakukan dan fitur apa saja yang wajib ada di sebuah platform membership.

Potensi Aplikasi Membership di Bisnis FNB

Bagi para pengejar diskon, keberadaan aplikasi membership pasti akan sangat menggiurkan. Dengan aplikasi membership, pengguna dapat mengakses berbagai informasi diskon yang ditawarkan pada restoran, kafe, atau bisnis FNB lainnya. Bagi pebisnis FNB, data yang terkumpul juga sangatlah bisa dioptimalkan untuk berbagai hal. Apalagi jika sudah memiliki ratusan atau ribuan gerai FNB di seluruh Indonesia. Menggunakan platform membership, maka Anda sebagai pemilik bisnis akan memiliki ribuan data pelanggan.

Data tersebut bisa dimanfaatkan untuk penawaran promosi, juga bisa digunakan untuk menjalin hubungan baik dengan para pelanggan. Caranya bisa dengan memberi notifikasi Selamat malam, Selamat pagi, atau bahkan mengingatkan untuk segera makan, memberi ucapan Selamat ulang tahun, dan semacamnya. Dengan mengirimkan pesan-pesan personal, maka pelanggan yang jadi member akan merasa lebih diperhatikan dan lebih loyal ke bisnis Anda.

Setelah mengetahui potensi dan urgensi aplikasi membership untuk bisnis Anda, sekarang yang perlu diperhatikan adalah fitur-fitur yang wajib ada pada aplikasi tersebut. Berikut ini adalah beberapa fitur yang wajib ada di platform membership.

Fitur Registrasi Member

Secara konvensional, pendaftaran membership dilakukan dengan mengisi data diri pelanggan. Setelah itu, pelanggan tersebut akan mendapatkan kartu member. Melalui kartu member itulah pelanggan akan mendapatkan poin berupa stempel setiap kali melakukan transaksi di atas nominal yang ditentukan. Apabila poin sudah terkumpul sampai jumlah tertentu, maka member tersebut bisa mendapatkan berbagai benefit yang ditawarkan.

Dalam aplikasi membership, proses pendaftaran cukup dilakukan dengan mengisi form melalui aplikasi yang terinstal. Bisa langsung terkoneksi dengan akun google agar proses pendaftaran lebih cepat. Setelahnya, setiap kali member tersebut bertransaksi sebanyak nominal yang ditentukan, sistem akan secara otomatis menghitung poin.

Fitur registrasi ini juga mempermudah bagi pihak perusahaan untuk mengetahui informasi personal dari setiap member. Dengan demikian, maka perusahaan bisa mengirimkan berbagai penawaran menarik ke masing-masing pelanggan menggunakan platform membership tersebut.

Fitur Pencatatan dan Redeem Point

Dalam aplikasi membership, proses perhitungan poin dan penukaran poin sangatlah krusial. Di sini, perusahaan bisa menentukan berapa jumlah poin yang didapat pengguna jika bertransaksi dengan nominal tertentu. Penentuan nominal juga bisa disetting di awal sehingga secara otomatis sistem akan melakukan kalkulasi.

Melalui fitur ini, Anda juga bisa mengatur apakah sistem poin berlaku kelipatan atau hanya per transaksi yang dilakukan. Setelah mengatur setiap terms and condition, maka sistem akan secara otomatis bekerja menghitung point member setiap terjadi transaksi. Selain itu, fitur ini juga berfungsi untuk menukarkan point yang sudah terkumpul, menjadi diskon atau penawaran-penawaran lainnya.

Pengguna bisa melihat jumlah point yang dimiliki, dan bisa memilih untuk menukarkannya menjadi voucher diskon yang tersedia. Voucher tersebut bisa digunakan untuk bertransaksi di lokasi bisnis FNB milik Anda tersebut.

Fitur Jual Beli Voucher

Aplikasi membership juga bisa dimanfaatkan sebagai platform untuk jual beli berbagai hal. Salah satunya adalah voucher diskon. Anda tinggal membuat beragam jenis voucher diskon yang menawarkan promo menarik. Semua voucher itu tersedia di fitur jual beli pada aplikasi. Pengguna bisa mengakses berbagai voucher diskon dan membeli berdasarkan kebutuhan. Proses pembelian bisa dilakukan dengan point yang sudah terkumpul, bisa juga dengan dompet digital yang sudah terhubung dengan aplikasi.

Voucher yang dijual tak hanya seputar diskon produk. Bisa juga berupa voucher meeting room, voucher akses WiFi yang lebih cepat, maupun voucher untuk reservasi lokasi duduk yang tersedia. Bahkan juga sangat memungkinkan platform membership tersebut menyediakan voucher tiket film bioskop, tiket kereta, tiket hotel, dan berbagai jenis tiket lainnya.

Melalui fitur ini, diharapkan pengguna menjadi lebih sering mengakses aplikasi karena berbagai penawaran menarik yang tersedia. Dengan demikian, maka besar kemungkinan setiap member akan menjadi pelanggan loyal yang selalu kembali dan bertransaksi di bisnis FNB Anda.

Fitur Notifikasi Personal

Aplikasi membership wajib memiliki fitur Notifikasi Personal ke setiap membernya. Fitur ini akan membuat pengguna merasa sangat diperhatikan sehingga berpotensi menjadi loyal. Notifikasi personal itu bisa berupa ucapan Selamat ulang tahun, ucapan Selamat memperingati hari-hari besar tertentu, bahkan bisa juga mengingatkan terkait jumlah point yang dimiliki. Misal seorang member sudah memiliki sembilan poin, dan bisnis Anda baru saja mengeluarkan voucher baru senilai delapan poin. Sistem bisa memberi informasi pengguna bahwa dia memiliki poin yang cukup untuk membeli voucher tersebut.

Selain itu, dikarenakan platform membership juga mencatat aktivitas transaksi, maka sistem bisa mendeteksi terkait menu apa saja yang sering dipesan. Karena itu, sistem bisa memberikan notifikasi mengenai ketersediaan menu yang disukai dari setiap member. Dengan demikian, maka besar kemungkinan setiap member akan semakin loyal.

Fitur Pembayaran

Ini jarang diperhatikan banyak pihak, yakni bahwa sebuah aplikasi membership butuh fitur Pembayaran. Selain pembayaran dengan poin, aplikasi membership juga harus menyediakan pembayaran melalui dompet digital. Bahkan aplikasi membership bisa menjadi sarana pembayaran digital di lokasi bisnis FNB Anda. Dengan terintegrasi dengan berbagai dompet digital, maka platform membership bisa menjadi penyalur transaksi digital tersebut. Atau bisa juga dikembangkan lebih jauh lagi dan mengusung konsep e money versi aplikasi.

Pengguna bisa melakukan top up dan bertransaksi di platform tersebut. Membeli voucher yang tersedia, atau membeli produk di gerai FNB milik Anda. Dengan demikian, aplikasi membership Anda akan lebih powerfull. Ditambah, dengan mengadakan fitur ini, Anda membuka potensi model bisnis lainnya yang bisa dibilang terselubung, yakni perbankan.

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Membership?

Setelah mengetahui potensi dan fitur apa saja yang harus ada, maka kini pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat Aplikasi membership tersebut. Anda tentu harus bekerjasama dengan software house atau vendor IT yang terpercaya dan memiliki reputasi tinggi. Salah satu yang bisa Anda jadikan pertimbangan adalah kami, Layana.ID.

Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun international, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan platform membership terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

Bagikan
Cek Estimasi