Lebaran adalah momen satu tahun sekali yang dapat dimanfaatkan untuk berkumpul bersama kerabat tercinta. Untuk Anda yang berada jauh di kampung halaman, lebaran adalah waktu untuk mudik. Mudik lebaran sudah menjadi tradisi bagi umat muslim yang tinggal jauh dari keluarga. Mudik pun memiliki kesan tersendiri pada setiap orang, apalagi jika mudik kita bersama orang yang sudah kenal dan sudah dekat dengan kita, rasanya akan lebih aman dan nyaman.

Berikut adalah tips mudik lebaran yang dapat Anda lakukan agar mudik menjadi Anda tahun ini menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan.


1. Datang lebih awal

Pemudik harus datang lebih awal di stasiun, terminal bus, pelabuhan, bandara untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, sehingga proses persiapan seperti check in tidak terhambat. Pastikan tiket atau kode booking dan kartu identitas yang masih berlaku tidak tertinggal.

2. Hindari membawa barang berlebihan

Hindari membawa barang terlampau banyak, dan siapkan uang tunai secukupya. Estimasi berapa biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan seperti makan, minum dan biaya-biaya kecil lainnya.

3. Membawa obat-obatan pribadi

Membawa obat-obatan pribadi, terutama jika memiliki riwayat gangguan kesehatan yang bisa muncul tiba-tiba. Bawa obat-obatan penting seperti obat anti mabuk, obat sakit kepala, dan pegal-pegal untuk antisipasi. Vitamin juga diperlukan.

4. Catatlah nomor telpon pengaduan

Catat nomor penting akses poin pengaduan. Manfaatkan nomor tersebut jika terjadi permasalahan dalam perjalanan selama mudik. Sampaikan pengaduan dengan bahasa yang baik, sopan dan kronologis yang jelas. 

5. Hindari menunggu ditempat sepi

Upayakan jika menunggu jemputan keluarga atau transportasi umum di tempat yang ramai guna menghindari tindak kejahatan, terutama jika tiba di tujuan masih atau sudah malam. Dengan begitu, memperkecil peluang terjadi tindak kejahatan.


Mengutip data Kementerian Perhubungan, mudik Lebaran kali ini terdapat 22,83 juta pemudik yang akan menggunakan angkutan umum. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 4,41% daripada tahun sebelumnya, 2018.

Hati-hati dijalan dan selamat mudik smileysmileysmileysmiley

Sumber : https://ekonomi.bisnis.com/read/20190528/98/928330/ylki-berbagi-tips-mudik-aman-nyaman-dan-efisien

Tag : Tips Mudik, Mudik aman, Mudik yaman, Mudik bahagia, Kiat mudik, Mudik lebaran, Pulang kampung, Persiapan mudik, Mudik keluarga, Mudik sendiri, Mudik bersama, Perjalanan mudik