Manajemen waktu adalah hal yang tidak bisa kamu abaikan terutama saat kamu bekerja dan ingin mengembangkan karier. Manajemen waktu sendiri bukan sekedar hal yang memiliki common pattern dan harus kamu ikuti terus menerus, melainkan hal yang bisa terus berkembang dan dapat kamu improvisasi. Terdapat beberapa tips yang harus kamu jalani untuk dapat terus mengembangkan manejemen waktu yang sudah kamu miliki.

Setiap tips mungkin memiliki kapasitas yang berbeda dalam mengefektifkan manajemen waktu, yang perlu kamu lakukan adalah mempelajari langkah-langkah tersebut agar bisa kamu manfaatkan dengan baik. Setiap tips tentu saja memiliki peran masing-masing yang dapat mendukung satu sama lain. Berikut adalah tips yang harus kamu lakukan jika ingin manajemen waktu kamu menjadi lebih efektif!

Kuasai manajemen stres

Sebuah tekanan pastinya akan selalu muncul dalam pekerjaan. Tapi tekanan bukanlah merupakan hal buruk. Tekanan sendiri dapat menjadi motivasi untuk bertindak dan juga menyelesaikan sebuah pekerjaan. Yang menjadi buruk adalah jika tekanan yang ada telah bertransformasi menjadi stres. Ketika stress melanda, seseorang biasanya akan kesulitan berpikir jernih dan kesulitan melakukan berbagai hal. Karena stres berpengaruh pada performa dalam melakukan segala hal, tentunya stres juga akan berpengaruh pada menajemen waktu yang telah kamu susun.

Stres sendiri memiliki dampak yang berbeda pada setiap orang, ini membuktikan bahwa manajemen stres memang merupakan sesuatu yang dapat dipelajari. Dimulai dari kesadaran akan pentingnya manajemen stres, tentunya secara otomatis manajemen waktu yang kamu miliki juga akan berkembang. Jadi mulailah menerapkan menajemen stres sebagai ritual wajib, jika kamu meinginginkan manajemen waktu yang lebih efektif.

Mulailah untuk ‘Questioning and Challenging

Tips untuk mengefektifkan manajemen waktu selanjutnya adalah dengan menaikkan standar kerja kamu. Salah satu cara yang harus kamu lakukan untuk menaikkan standar kerja adalah dengan menguasai skill ‘questioning and clallenging’. Ketika kamu diberikan sebuah pekerjaan, kamu harus menanyakan dengan jelas segala detail tentang pekerjaan tersebut.

Daripada mempertanyakan banyak hal ditengah-tengah pekerjaan dan mengurangi waktu kerjamu, lebih baik meluangkan waktu di awal untuk mencari kejelasan. Jika kamu memiliki keberatan tentang pekerjaan tersebut, kamu juga harus mengungkapkannya di awal. Dengan mengetahui segala hal tentang pekerjaan yang akan kamu jalani, tentu manajemen waktu akan menjadi lebih efektif.

Tingkatkan kemampuan berkomunikasi

Setiap pekerjaan mungkin akan mengharuskan kamu berinteraksi dengan banyak orang. Maka dari itu, kemampuan berkomunikasi akan sangat dibutuhkan. Kemampuan komunikasi yang baik akan membantu kamu untuk menjalin relasi yang baik dengan orang-orang yang bekerjasama dengan kamu. Jika sudah terbangun relasi yang baik, maka setiap hal akan dapat lebih nyaman dibicarakan.

Seperti jika terjadi kesalahan pada pekerjaan, dengan komunikasi yang baik, kamu dapat dengan cepat dan tepat menjelaskan hal apa yang harus disesuaikan kembali. Kamu juga akan dengan mudah membuat orang-orang mengerti standar kerja yang kamu inginkan. Dengan segala hal yang dapat dilakukan dengan lebih cepat tentunya juga merupakan bagian dari manajemen waktu yang lebih efektif.

Belajar untuk selalu fokus

Tips selanjutnya yang harus kamu lakukan untuk membuat manajemen waktu yang lebih efektif adalah tetap fokus. Tentu saja dalam hidup ini banyak hal yang harus kamu kerjakan dan tidak mudah untuk kamu mengabaikan berbagai hal meskipun ada tugas penting yang harus kamu kerjakan.  Hal ini lah yang membuat fokus menjadi sebuah kemampuan yang harus kamu kuasai untuk mengefektifkan manajemen waktu.

Mulailah belajar untuk fokus dalam mengerjakan sebuah tugas, berusahalah membuang sementara pikiran-pikiran lain yang dapat menghambat kamu mengerjakan tugas. Dengan fokus menyelesaikan satu tugas sebelum beralih ke tugas selanjutnya, tentunya kamu akan mendapati manajemen waktu yang lebih efektif.

Membuat perencanaan

Mengapa perencaan sangat penting untuk manajemen waktu yang lebih efektif? Perencanaan akan mempermudah kamu menentukan tugas apa yang harus lebih dulu kamu kerjakan. Dengan adanya perencanaan, kamu tidak memerlukan waktu lagi untuk berpikir tugas apa yang selanjutnya harus kamu lakukan setelah menyelesaikan satu tugas.

Sebuah perencanaan mungkin tidak akan selalu berjalan dengan lancar. Maka dari itu, kamu harus selalu memiliki rencana cadangan. Berkaitan dengan poin sebelumnya, jika apa yang kamu rencakanan mengalami kendala, kemampuan fokus dan manajemen stres akan sangat berguna untuk kamu !

Berani mengambilan keputusan

Pengambilan keputusan bukan hanya dibutuhkan di dunia kerja, melainkan juga dalam semua aspek kehidupan. Untuk sebagian orang, memutuskan sesuatu mungkin saja bukanlah hal yang mudah. Jika kamu tidak pernah belajar untuk mengambil keputusan, kamu akan banyak membuang-buang waktu untuk terus berpikir dan menimbang-nimbang berbagai hal.

Manajemen waktu tidak akan berkembang jika kamu tidak dapat mengambil keputusan untuk diri kamu sendiri. Mulai belajarlah untuk mengambil keputusan dengan bijak dan berani untuk mengambil resiko, karena sesungguhnya resiko yang kamu dapat dari sebuah pengambilan keputusan akan membuat diri kamu semakin berkembang.

Mencari motivasi diri

Dalam sebuah pekerjaan, tentu kamu akan menghadapi berbagai rintangan yang tidak terduga. Rintangan tersebut bisa saja muncul dari faktor internal maupun eksternal. Saat menghadapi berbagai masalah yang dapat memberi pengaruh negatif pada kinerja kamu, hal paling mudah yang dapat kamu lakukan adalah mencari motivasi dalam dirimu sendiri.

Jika kamu sudah dapat memotivasi diri sendiri, banyak manfaat yang akan kamu dapat. Salah satunya adalah kamu dapat berbagi semangat dan motivasi dengan orang-orang disekitarmu. Selain itu, kamu juga dapat lebih menguasai diri dan lebih mampu mengendalikan diri sendiri. Saat kamu telah merasa bertanggung jawab akan dirimu sendiri, kamu akan dapat meningkatkan kemampuan manajemen waktu yang kamu miliki.

Menyusun skala prioritas

Menyusun skala prioritas berarti adalah menentukan hal apa saja yang harus kamu lakukan dan menghindari kamu dari hal-hal yang seharusnya kamu tidak lakukan. Skala prioritas dapat dikatakan sebagai salah satu kunci dalam meningkatkan manajemen waktu, jadi kamu harus menentukannya dengan hati-hati. Jika kamu salah dalam menyusun skala prioritas, manajemen waktu kamu tidak akan berkembang atau bahkan menjadi berantakan.

Skala prioritas dapat memudahkan kamu dalam membuat perencanaan dan juga mengasah kemampuan fokusmu. Kemampuan pengambilan keputusan juga tentunya berpengaruh dalam kemampuan kamu dalam menyusun skala prioritas.

Itu dia 8 tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan manajemen waktu yang lebih efektif. Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, setiap tips mungkin memiliki perannya masing-masing untuk mengefektifkan manajemen waktu, tapi poin-poin tersebut memang saling berhubungan dan saling mendukung satu sama lain.

Sumber : glints.com

Tag : Tips, Trik, Manajemen waktu, Manajemen efektif, Produktifitas, Prioritas, Lebih baik, Efektifitas, Produktif, Skala prioritas, Motivasi, Fokus, Manajemen, Kerja produktif