Dalam masa pandemi seperti saat ini aplikasi Zoom menjadi salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk melakukan pertemuan online. Akan tetapi, penggunaan alikasi ini menimbulkan kekhawatiran baru yakni adanya serangan zoombombing.

Berikut tips aman menggunakan aplikasi zoom:

  1. Gunakan aplikasi terbaru

Salah satu yang bisa upaya agar aplikasi zoom aman dari zoombombing adalah dengan selalu memperbarui aplikasi. Oleh karena itu periksa dan instal pembaruan pada semua perangkat tempat aplikasi Zoom digunakan.

  1. Gunakan kata sandi dan ID unik untuk panggilan

Opsi kedua untuk menghasilkan ID unik sebagai pilihan daripada menggunakan PMI Anda. Sebaiknya Anda menggunakan opsi kedua. PMI dapat dipakai saat situasi tertentu seperti saat pertemuan berulang dengan kelompok kecil orang. PMI tak pernah kedaluwarsa sehingga orang dapat bergabung tanpa harus meminta kode atau tautan baru selama masih sama. Namun, saat seseorang memberikan PMI-nya, siapa pun yang memiliki akan mudah untuk mencoba masuk ke rapat kapan pun itu. Sementara opsi ID unik, akan muncul berbeda setiap Anda menjadwalkan pertemuan baru, sehingga lebih aman. Selain itu ada opsi kata sandi otomatis yang bisa Anda tambahkan di sini.

  1. Aktifkan ruang tunggu

Dengan mengaktifkan fitur waiting room atau ruang tunggu peserta yang bergabung diharuskan menunggu persetujuan terlebih dahulu. Sehingga jika terdapat nama yang sekiranya tidak dikenal, orang tersebut bisa ditolak. Ini untuk mencegah siapa pun muncul di panggilan secara tak terduga.

  1. Pastikan anda mengatur seting ‘only host’ pada pilihan berbagi layar

Saat panggilan zoom dilakukan pastikan tak ada siapa pun yang bisa membajak layar. Caranya adalah dengan memastikan bahwa hanya host yang diizinkan untuk membagi layarnya. Adapun langkahnya masuk ke pengaturan navigasi pesonal, klik Settings>In Meeting (Basic) and look for Screen sharing. Selanjutnya klik opsi “only host” pada pilihan siapa yang dapat melakukan share.

  1. Buat pertemuan khusus undangan

Salah satu cara untuk membatasi siapa saja yang bergabung adalah dengan menjadikannya rapat khusus undangan sehingga ketika mereka bergabung mereka harus menggunakan alamat emai sesuai undangan. Akan tetapi fitur ini hanya untuk akun zoom berbayar.

  1. Kunci rapat saat sudah mulai

Ketika semua orang yang diharapkan dalam rapat sudah bergabung maka sebaiknya kunci rapat bagi peserta baru. Caranya saat rapat berjalan klik ‘Participans’. Setelahnya panel peserta akan terbuka. Selanjutnya klik More>Lock Meeting.

  1. "Tendang" orang yang mencurigakan

Apabila ada seseorang yang tidak Anda inginkan mampu melewati berbagai celah dan bergabung, maka sebaiknya "tendang" dia. Caranya adalah dengan membuka panel peserta di sebelah kanan. Arahkan kursor ke atas nama yang ingin ditendang lalu klik ‘delete’.

Sumber : Kompas

Tag : aplikasi video, zoom, pandemic, virus, corona, covid-19,  telekonferensi, zoombombing, aplikasi zoom, zoom meeting, meeting, zoombombing