Waktu buka puasa menjadi hal yang dinanti-nantikan setelah seharian menahan lapar dan haus. Rasanya kurang seru kalau hanya sekadar menunggu waktu berbuka sambil duduk termangu. Yogyakarta memiliki berbagai macam tempat unik yang sayang untuk dilewatkan. Daripada duduk melamun, tidak ada salahnya jika ngabuburit di sejumlah spot menyenangkan di Yogyakarta.

1. Kampung Ramadan Kauman

Terletak di gang sempit, tak membuat Kampung Ramadan Kauman sepi pengunjung. Kepopuleran tempat ini tak perlu diragukan lagi. Sejak tahun 1973, warga Yogyakarta dan wisatawan berhasil dibawa ke suasana tempo dulu di Kampung Ramadan Kauman.

Menu spesial yang ditawarkan selama bulan Ramadan di Kampung Ramadan Kauman adalah Kicak.

2. Kampung Ramadan Jogokariyan

Sesaat setelah waktu Asar usai, kawasan di sekitar Masjid Jogokariyan langsung berubah menjadi kawasan yang dipadati dengan aneka takjil yang lezat dan murah. Tak hanya takjil, Kampung Ramadan Jogokariyan juga menyuguhkan aneka busana muslim dan pernak-pernik lainnya.

3. Sindu Kusuma Edu Park

Jika ingin menikmati berbagai wahana bermain saat ngabuburit, Sindu Kusuma Edu Park, jadi destinasi wisata yang tepat untuk dikunjungi. Berbagai wahana ditawarkan dan siap menemani hingga waktu berbuka tiba.

4. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Titik Nol Kilometer Yogyakarta jadi spot yang cukup digemari oleh mereka yang gemar fotografi dan sedang mencari foto yang instagramable. Kantor Pos Indonesia, Kantor Bank Indonesia Yogyakarta, Benteng Vredeburg, dan Monumen Serangan Umum bisa dijadikan latar belakang foto yang apik.

5. Jalur Gaza

Tidak perlu jauh-jauh ke Palestina untuk datang ke Jalur Gaza jika ada di Yogyakarta. Jalur Gaza terletak di Sorogenen, Yogyakarta, yang menyuguhkan aneka jajanan dan menu untuk berbuka. Aneka camilan dan minuman ditawarkan, serta siap untuk dijadikan pelepas lapar dan dahaga setelah seharian berpuasa.

6. Malioboro

Tak perlu menunggu Bulan Ramadan tiba, Malioboro tak pernah sepi pengunjung di hari biasa sekali pun. Sambil menikmati pusat kota Yogyakarta, tidak ada salahnya jika berjalan sambil berfoto-foto ria. Berbagai kuliner dan pernak-pernik khas Yogyakarta tersedia di sepanjang Jalan Malioboro.

7. Bukit Bintang

Jika ingin rehat sejenak dari keriuhan perkotaan dan ingin menikmati alam, maka Bukit Bintang bisa jadi salah satu destinasi yang cocok. Sambil menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari ketinggian, Bukit Bintang jadi salah satu destinasi yang tepat untuk ngabuburit.

8. Alun-alun Selatan (Alkid)

Tak perlu menunggu bulan Ramadan, Alun-alun Selatan alias Alkid selalu ramai oleh wisatawan di sore jelang malam hari. Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan seperti bersepeda dengan lampu warna-warni yang menyala, atau sekadar bersantai ria menikmati indahnya kota Yogyakarta.

Salah satu kegiatan unik yang bisa dilakukan adalah berjalan melewati dua pohon beringin dengan mata tertutup. Kegiatan ini tidak dapat ditemukan di tempat lain di Yogyakarta.

9. Candi Ratu Boko

Untuk yang gemar fotografi, tidak ada salahnya berkunjung ke Candi Ratu Boko. Spot foto yang satu ini tidak kalah instagramable dengan spot yang terletak di perkotaan. Paling cocok jika berkunjung jelang matahari terbenam. Keindahan matahari yang dipadukan dengan keindahan candi tidak akan ditemukan di tempat-tempat lain

10. Pasar Seni Gabusan

Di Jalan Parangtritis ada sebuah tempat yang asyik untuk tempat ngabuburit. Adalah Pasar Seni Gabusan. Berbagai jajanan dijual di Pasar Seni Gabusan dengan harga yang sangat terjangkau dan cocok dijadikan menu pembuka untuk berbuka puasa. Tak hanya menawarkan jajanan yang murah dan beragam, Pasar Seni Gabusan juga menawarkan berbagai wahana permainan anak.

11. Tugu Jogja

Spot foto yang satu ini juga tidak kalah apik dengan spot foto lain di tengah kota. Berbagai jajanan di sekitar Tugu Jogja juga siap dijadikan menu berbuka puasa. Bersepeda sambil menikmati keindahan kota Yogyakarta bisa dilakukan dari Tugu Jogja sampai Malioboro Yogyakarta.

Sumber: https://kumparan.com/tugujogja/11-tempat-ngabuburit-seru-di-yogyakarta-1r1yZKndPmP

Tag : Ngabuburit seru, Tempat ngabuburit, Ngabuburit di Jogja, Yogyakarta, News, Pariwisata, Ramadhan 2019, Ngabuburit bareng, Kampung Ramadan, Alun-alun, Pasar Ramadan, Pasar seni, Tugu jogja, Bukit bintang, Malioboro