Layana LogoDitulis oleh kristal | Diposting tanggal 16 Januari 2024

Tahapan Bagi Startup untuk Mendapatkan Pendanaan ke Investor

BerandaArtikelInfo TeknologiTahapan Bagi Startup untuk Mendapat...
Tahapan Bagi Startup untuk Mendapatkan Pendanaan ke Investor

Mendapatkan pendanaan dari investor merupakan proses yang kompleks bagi startup bisa dan memerlukan banyak persiapan yang matang. Banyak perubahan dinamis dan tantangan yang dihadapi oleh startup yang baru berkembang membutuhkan adanya investor untuk menjembatani antara ide cemerlang para founder startup dan pendanaan untuk pengembangan aplikasi. Selain itu adanya pendanaan dari investor dapat mempercepat pertumbuhan startup, sehingga startup dapat segera merilis aplikasinya. Dalam artikel ini, Layana.id akan membahas tahapan-tahapan yang harus harus ditempuh oleh startup untuk mendapatkan pendanaan dari investor

1. Persiapkan Produk

Langkah awal dalam mendapatkan pendanaan dari investor adalah wajib sudah memiliki produk berupa aplikasi atau sistem yang dapat dijual. Pastikan aplikasi dan sistem yang telah Anda buat dapat menjawab permasalahan dari calon pengguna. Selain itu Anda juga harus sudah memikirkan bagaimana aplikasi dan sistem ini dapat menguntungkan secara bisnis. Karena percuma saja jika aplikasi yang telah Anda buat bagus tapi tidak dapat memberikan keuntungan terutama pada investor. 

 

2. Identifikasi Masalah

Jika produk aplikasi dan sistem Anda telah siap, langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi masalah. Pada tahap ini Anda harus bisa membaca tantangan global yang dapat diselesaikan sesuai dengan data - data yang relevan. Dengan adanya data tersebut Anda bisa menjelaskan bagaimana aplikasi dan sistem Anda bisa menyelesaikan masalah dan tantangan pada pasar. Misalnya Anda membuat sistem berupa aplikasi transportasi online, masalah yang ada di pasar adalah pengguna yang sering mengeluh tidak bisa memilih jenis kendaraan karena  beberapa pengguna memiliki tubuh yang besar atau tinggi. Sehingga Anda pun memberikan fitur pilihan kendaraan untuk kenyamanan pengguna. Penting bagi Anda untuk mengidentifikasi masalah yang ada agar invenstor dapat memahami kelebihan ataupun keunikan aplikasi dan sistem Anda.

 

3. Beri Solusi yang Relevan

Pada tahap ini Anda harus mengetahui keunggulan aplikasi dan sistem yang telah dibuat. Jelaskan aplikasi dan sistem Anda beserta fungsinya dalam menjawab kebutuhan dan masalah di pasar. Jelaskan fitur unggulan pada aplikasi Anda yang belum dimiliki oleh kompetitor. Anda juga harus menjelaskan keunggulan dari sisi bisnis dan keuntungan yang didapatkan. Sebagai contoh saat Anda membuat sistem berupa aplikasi transportasi online, Anda harus memberikan fitur yang memudahkan pengguna seperti fitur dalam memilih kendaraan, fitur menganti rute perjalanan. Fitur - fitur tersebut merupakan jawaban dan solusi dari masalah yang sering dijumpai oleh pengguna.

 

4. Riset Pasar

Para investor perlu mengetahui target pasar dari aplikasi dan sistem yang telah Anda buat. Riset pasar membantu investor mengetahui seberapa besar potensi pasar dari aplikasi Anda. Dengan adanya riset pasar juga membantu Anda untuk mengidentifikasi pesaing utama dan memahami bagaimana aplikasi Anda dapat bersaing di pasar. Selain itu riset pasar membantu Anda untuk menentukan posisi yang tepat untuk aplikasi Anda dalam pasar. Investor akan lebih percaya kepada apabila Anda memiliki pemahaman yang jelas tentang posisi bisnis Anda di pasar.

 

5. Momentum

Saat Anda berhadapan dengan investor, biasanya investor akan menanyakan alasan mengapa Anda membuat startup sekarang. Jawaban yang harus Anda berikan kepada investor harus mencakup poin - poin sebelumnya. Misalnya Anda membuat startup yang mengembangkan aplikasi transportasi online. Anda sudah mengidentifikasi masalah, sudah melakukan riset pasar dan mengetahui target pengguna. Setelah menjelaskan semua itu, maka sekarang langkah yang tepat untuk mengembangkan startup dan sistem aplikasi tersebut agar momentumnya tidak hilang. 

 

Jadi apabila anda sudah mengikuti langkah - langkah ini, harapannya Anda mendapatkan pendanaan dari investor. Dengan uang pendanaan yang Anda dapatkan, Anda bisa menyempurnakan aplikasi dan sistem yang Anda buat. Sehingga Anda bisa menghubungi Layana.id sebagai vendor IT untuk menyempurnakan sistem Anda. Layana.id merupakan software house terpercaya yang telah membantu lebih dari 50 startup dalam mengembangkan  aplikasi yang sesuai kebutuhan pasar, serta merealisasikan pembuatan aplikasi tersebut. 



Bagikan
Cek Estimasi