Layana LogoBy jihan alya | Diposting tanggal 13 Desember 2023

Software House: Pengertian dan Alasan Kenapa Bisnis Anda Perlu Menggunakannya

BerandaArtikelInfo TeknologiSoftware House: Pengertian dan Alas...
Software House: Pengertian dan Alasan Kenapa Bisnis Anda Perlu Menggunakannya

Layana.id - Banyak perusahaan yang sudah mulai tertarik untuk memajukan bisnisnya melalui suatu software yang dibuat. Untuk itu, umumnya perusahaan tersebut akan bekerja sama dengan sebuah software house. 

Software house merupakan salah satu mitra kerja terbaik untuk mendigitalisasi bisnis yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan dalam menciptakan sebuah perangkat lunak diperlukan keahlian khusus untuk membuatnya agar dapat berfungsi dengan optimal. Dalam hal ini, maka kehadiran software house menjadi penting. 

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai pengertian lebih detail dari software house. Yuk simak artikel ini sampai selesai. 

Pengertian Software House 

Software house adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan aplikasi atau software development. Aplikasi tersebut nantinya dapat dijalankan serta dikembangkan baik itu untuk individu ataupun sebuah kelompok tertentu, seperti perusahaan berbadan hukum. 

Tugas utama dari software house adalah untuk membuat aplikasi customize atau aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan klien. Klien yang ingin membuat aplikasi tersebut dapat berasal dari berbagai pemilik perusahaan mulai dari yang berskala kecil hingga besar.

Selain itu, jasa yang ditawarkan software house tidak hanya digunakan untuk bisnis, tetapi dapat digunakan untuk bidang medis, pendidikan, pemerintahan, dan masih banyak bidang yang lain. Hal ini dikarenakan ke depannya hampir semua bidang akan membutuhkan bantuan komputasi agar pekerjaan yang dilakukan bisa lebih efisien. 

Kenapa Harus Menggunakan Software House?

Pertanyaannya, kenapa harus menggunakan jasa dari Software House? Bukankah merekrut tim IT sendiri bisa dilakukan? Pilihan itu memang bisa diambil. Akan tetapi perlu diketahui bahwa untuk membuat sebuah aplikasi itu perlu tim yang mumpuni. Merekrut satu atau dua programmer tentu tidak akan maksimal jika harus membuat satu aplikasi utuh.

Karena itulah, menggunakan layanan dari software house bisa menjadi pilihan terbaik. Sebuah software house mempunyai tim-tim yang ahli di bidangnya, seperti System Analyst, designer UI UX, Project Manager, Backend dan Frontend Programmer, Mobile Developer, QA Tester, dan masih banyak tim ahli lainnya. 

Jika tidak menggunakan layanan dari software house, ada kemungkinan hasil dari proyek yang dikerjakan akan kurang maksimal. Hal ini dikarenakan kurangnya mempunyai tenaga ahli dari setiap divisi yang diperlukan. 

Pilihan yang Bisa Diambil untuk Membuat Aplikasi. Apakah Software House atau Layanan IT?

Untuk memiliki sebuah sistem yang bisa mengoptimasi bisnis, sebenarnya bisa memilih antara membuat sistem baru atau menggunakan sistem yang sudah ada. Apabila memilih membuat sistem baru, maka bekerjasama dengan software house adalah pilihan tepat.

Akan tetapi apabila kebutuhannya hanya menggunakan sistem yang sudah ada, maka memilih produk dari penyedia layanan IT bisa lebih Bijak. Ada banyak penyedia layanan IT di luar sana yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, seperti Mekari Group untuk Human Resource, Moka untuk kasir, dan masih banyak lainnya.

Sayangnya, masih banyak yang belum memahami perbedaan antara software house dengan Layanan IT. Keduanya terlihat sama, namun mempunyai definisi, dan tujuan yang sangat berbeda.

Secara singkat untuk perbedaan antara software house dengan penyedia layanan IT, yaitu untuk software house sendiri membuat aplikasi berdasarkan kebutuhan dari klien. Sedangkan, untuk penyedia layanan IT, klien yang datang akan berlangganan layanan yang sudah ada sebelumnya. 

Peran Penting Software House Pada Bisnis

Nah, itu dia pengertian mengenai software house. Software house mempunyai peran yang penting dalam membuat perusahaan tersebut maju dalam bidang teknologi. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang sangat membutuhkan layanan yang disediakan oleh software house. 

Jika Anda membutuhkan layanan untuk mengembangkan aplikasi, pilihlah software house berkualitas baik. Tujuannya agar aplikasi yang dibuat tidak asal jadi, melainkan harus bisa berjalan dengan optimal. Anda bisa membuat aplikasi melalui jasa pembuatan aplikasi yang ada di Layana.id.

Bagikan