Semua Akan Main Youtube Pada Waktunya. Cek Gunanya Bagi Perkembangan Bisnismu

Sampai saat ini YouTube menjadi salah satu platform streaming terbesar di Indonesia. YouTubers atau content creator yang memulai karir di YouTube pun semakin banyak pula. Bisa dikatakan jika YouTube menjadi salah satu tempat untuk meraup pundi-pundi rupiah. Akan tetapi untuk bisa mendapatkan jumlah penonton di YouTube sendiri bukan hal mudah dilakukan. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dengan baik oleh pemain YouTube supaya akun YouTube bisa teroptimasi dengan baik. Diantaranya adalah dengan membuat konten menarik dan viral. Misalnya dengan membuat konten review produk kecantikan, pakaian, atau produk lainnya. Pemilik akun YouTube tidak hanya membuat konten atas dasar keinginan sendiri. Namun juga dapat menerima permintaan review dari pemilik produk atau sering disebut dengan endors. Bahkan pemilik YouTubers ini bisa memanfaatkan akun yang dimiliki untuk mengembangkan bisnis sendiri. Hal ini tentunya akan membuat bisnis semakin berkembang dan dikenal oleh banyak orang.

4 Tools YouTube Yang Harus Diketahui

Berdiri pada bulan Februari 2005, YouTube semakin berkembang pesat sampai sekarang. Selama 3 tahun berturut-turut, sekitar 50% jumlah waktu menonton di YouTube. Sejak Maret 2014, terjadi kenaikan jumlah penonton YouTube dan jumlah pengguna pun naik 3 kali lipat per tahunnya. Untuk orang yang berjiwa bisnis, tentunya tidak akan melewatkan kesempatan emas ini. Karena memang impact yang didapatkan dari YouTube bisa dikatakan sangat fantastis untuk sebuah bisnis. Terlebih lagi jika konten-konten yang dibuat menarik dan viral. Bisa dipastikan jika bisnis yang awalnya biasa saja akan menjadi luar biasa.

Sebelum anda memanfaatkan YouTube untuk mengembangkan bisnis. Ada baiknya jika mengetahui tools-tools yang ada di YouTube.

1. Video

Pihak YouTube memberikan cara mudah bagi penggunanya untuk menyimpan video online dan berbagi. Video ini pun mudah dibagi dalam bentuk lain. Diantaranya lewat social media, email dan website. YouTube mendorong penonton mengungkapkan pendapat lewat cara menonton video, menyimpan untuk ditonton nanti atau berbagi video. Selain itu pengguna YouTube juga bisa membuat video publik yang bisa dilihat oleh siapa pun. Juga bisa membuat video pribadi yang hanya bisa dilihat oleh beberapa orang pilihan.

2. Analytics

Merupakan analisis self-service dan reporting tool, fungsinya memberikan data mengenai video yang di upload. Nantinya bisa melihat berapa banyak jumlah penonton, oran yang menonton dari mana, serta tipe penontonnya. Selain itu, YouTube Analytics juga bisa memberikan beberapa informasi lainnya. Seperti gender dan kelompok usia, komentar dan penilaian, dan masih banyak lainnya.

3. Channels

Pada fitur ini, Anda bisa mengatur untuk bisnis dan memanfaatkan video secara bersamaan. Tools ini juga bisa dikustomisasi sesuai dengan image perusahaan. Misalnya memberikan deskripsi singkat pada bagian About. Juga bisa mengelompokkan video yang sudah dibuat dan upload, playlist, serta video yang ditonton dan di like.

4. Advertising

Sekarang ini YouTube juga bisa dimanfaatkan untuk beriklan. Orang yang memanfaatkan YouTube sebagai media iklan hanya perlu membayar setiap kali orang melihat video mereka. Di YouTube Ads ini bisa memilih lokasi iklan, format, dan berapa banyak biaya untuk membayar per tampilan.

Manfaat YouTube Untuk Perkembangan Bisnis

Setelah anda mengetahui tools-tools yang bisa dimanfaatkan di YouTube. Kini anda juga perlu mengetahui apa saja keunggulannya jika menggunakan YouTube untuk perkembangan bisnis. Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Membangun brand awareness

Salah satu cara yang banyak dilakukan oleh pemilik bisnis adalah dengan meningkatkan brand awareness. Mengapa harus meningkatkan brand awareness untuk sebuah produk atau jasa? Ini dilakukan agar produk atau jasa yang dipasarkan bisa dengan mudah diingat oleh calon konsumen. Biasanya pemilik bisnis membuat gambar, logo, slogan atau video untuk mempermudah orang untuk mengingat. Karena YouTube memiliki jumlah penonton yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Tidak mengherankan jika banyak pebisnis memanfaatkan YouTube sebagai media untuk membangun brand awareness.

2. Mendemonstrasikan produk

Karena durasi video yang ditampilkan di YouTube bisa panjang, maka tidak masalah jika pemilik bisnis memperkenalkan produknya. Anda bisa melakukan demonstrasi produk di YouTube dengan durasi waktu sesuai keinginan. Mau durasi pendek sekitar 10 menit atau durasi panjang sekitar 1 jam lebih pun bisa. Jangan lupa untuk menjelaskan produk secara detail dan langsung, karena hal ini akan membuat orang yang menonton lebih paham. Terlebih jika ada tata cara pemakaiannya, tentu akan sangat membantu orang tersebut.

3. Memperluas jaringan pemasaran

YouTube sendiri termasuk sosial media yang digunakan oleh banyak orang. Baik dari negara sendiri atau negara lain. Orang yang memiliki akun ini pun dari berbagai kalangan dan usia. Karena hal inilah sebuah bisnis bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Terlebih lagi banyak orang Indonesia yang memiliki akun YouTube untuk menonton video, mencari tutorial dan hal lainnya. Ketika digunakan untuk kebutuhan bisnis, YouTube ini memberikan impact luar biasa.

4. Mesin pencari terbesar

Sama halnya dengan Google, YouTube juga menjadi mesin pencari terbesar bagi banyak orang. Biasanya orang-orang yang ingin membeli suatu produk akan mencari review produk tersebut terlebih dahulu. Di Google memang ada review produk, namun kebanyakan berupa tulisan. Berbeda dengan YouTube yang juga mempraktekkan cara pemakaian, memperlihatkan produk dari berbagai angle dan masih banyak lainnya. Oleh karena itulah anda membutuhkan YouTube sebagai media untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa.

5. Membantu memantau kompetitor

Sebagai media social yang bisa dipakai oleh siapa saja. Tentunya bukan hanya ada Anda saja yang memanfaatkan YouTube sebagai media promosi mengembangkan bisnis. Namun Anda juga bisa memanfaatkan YouTube ini untuk mengetahui taktik dan praktik pemasaran lain milik kompetitor. Sehingga anda bisa belajar strategi lain yang sekiranya cocok untuk memajukan bisnis. Pun sama dengan kompetitor, mereka juga memanfaatkan media social untuk memantau dan mencari cara supaya bisnis lebih baik.

6. Berpeluang meningkatkan pelanggan

Dari sebuah video di YouTube mampu menarik banyak minat pelanggan. YouTube dinilai lebih efektif dalam mempromosikan sebuah produk. Sebab hampir semua masyarakat tidak ingin ketinggalan untuk menonton YouTube. Oleh karena itulah, Anda bisa mempromosikan produk lebih cepat dan efektif dengan memanfaatkan YouTube. Selain itu anda pun bisa memanfaatkan fitur iklan untu menarik minat pelanggan. Iklan yang ditampilkan di sela-sela ketika orang menonton video membuat orang lain mengetahui produk dan tertarik membeli.

Demikianlah beberapa manfaat bermain YouTube bagi perkembangan sebuah bisnis. Meskipun awalnya banyak yang kurang melirik platform ini untuk membuat bisnis tumbuh. Namun setelah ditekuni dengan baik, hasilnya memang terlihat. Jadi sudah bukan hal aneh atua asing lagi jika sekarang ini banyak pemilik usaha baru atau pengusaha lama yang mulai membuka akun YouTube. Karena memang efek yang ditimbulkan dari video YouTube sangat berpengaruh pada perkembangan sebuah bisnis.

Tags :

Related Articles

Perjalanan Membangun Startup Gojek hingga menjadi saat ini

Kemajuan teknologi informasi sudah berhasil menyentuh dunia bisnis terutama terhadap bisnis secara o...

Jasa Bikin Aplikasi Android dan IOS

Sejak tahun 2016, Layana Computindo hadir untuk membantu memberikan solusi masalah IT terbaik untuk ...

Berapa Sih Rincian Biaya Pembuatan Aplikasi Android Mirip Gojek

BERAPA SIH RINCIAN BIAYA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID MIRIP GOJEK Halo Gaes kali ini saya akan memb...