Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 29 Desember 2023

Seberapa Perlu Maintenance Software Aplikasi Yang Telah Dibuat

BerandaArtikelBisnisSeberapa Perlu Maintenance Software...
Seberapa Perlu Maintenance Software Aplikasi Yang Telah Dibuat

Keberlanjutan dan kinerja optimal sebuah aplikasi tidak hanya tergantung pada tahap pengembangan awal, melainkan juga pada  pemeliharaan atau maintenance yang diterapkan setelah aplikasi tersebut diluncurkan. Pemahaman akan pentingnya maintenance pada aplikasi merupakan hal penting bagi Anda. Hal ini untuk memastikan aplikasi tetap berjalan dengan baik. Oleh sebab itu Layana.id akan membahas pentingnya melakukan maintenance pada aplikasi

1. Maintenance Aplikasi ketika ada masalah saja VS Maintenance sebagai langkah preventif

Maintenance aplikasi yang hanya dilakukan ketika terjadi adanya masalah dapat berdampak negatif pada kinerja aplikasi dan pengalaman pengguna. Untuk itu diperlukan langkah preventif seperti perbaikan bug, pemeriksaan server, peningkatan atau pembaharuan aplikasi secara berkala. Hal ini dilakukan agar dapat mengidentifikasi potensi masalah sebelum menjadi hal serius, atau mungkin lebih buruknya harus merombak ulang aplikasi. Selain itu adanya maintenance membantu mengurangi downtime, meningkatkan keamanan, dan memastikan aplikasi berjalan dengan maksimal.

2. Ditinggal Pergi Developer 

Ketika seorang programer meninggalkan proyek atau perusahaan, tentunya aplikasi yang telah dikembangkan mengalami kurangnya pemeliharaan. Sehingga akan berimbas pada sistem keamanan yang semakin rentan dan kesulitan dalam menangani adanya masalah pada sistem ataupun perubahan masa depan.  Oleh sebab itu penting untuk mencari tim yang dikhususkan untuk merawat dan memelihara sistem aplikasi Anda. Hal ini juga merupakan bentuk antisipasi dan persiapan jangka panjang untuk perkembangan aplikasi Anda

3. Punya Software Aplikasi Lama yang ingin update

Aplikasi yang sudah ada dalam waktu yang lama seringkali memerlukan pembaruan untuk mengikuti perkembangan teknologi, mengatasi masalah keamanan, dan meningkatkan fungsionalitas. Tanpa pembaruan, aplikasi tersebut mungkin mengalami ketidaksesuaian dengan teknologi terbaru, muncul error, atau bahkan kerentanan pada sistem keamanan. Oleh sebab itu maintenance aplikasi secara rutin dapat memastikan bahwa aplikasi dapat bekerja dengan teknologi terkini.

4. Mengembangkan Software Aplikasi versi IOS

Setelah memiliki aplikasi android, selanjutnya adalah mengembangkan aplikasi pada platform IOS untuk perangkat Iphone. Hal ini diperlukan sesuai target market yang menyasar pengguna pada device tersebut, karena sekarang ini pengguna Iphone sudah cukup banyak mengingat harga jual perangkat tersebut terjangkau. Teknologi yang tepat untuk proses pengembangan versi IOS adalah React Native, Flutter, Swift dan Ionic.  

5. Jadi Sudah Perlukah Maintenance Software di Perusahaan Anda?

Perusahaan yang memiliki aplikasi buatannya sendiri seharusnya memahami pentingnya maintenance. Maintenance bukan hanya tentang perbaikan masalah teknis semata, tetapi juga tentang melakukan pemeliharaan dan pengembangan sistem aplikasi. Adanya maintenance yang terencana dan terstruktur membantu Anda mengurangi risiko error pada sistem dan memastikan bahwa aplikasi tetap berjalan dengan baik dalam jangka panjang. Layana.id sebagai software house selalu memberikan masa maintenance pada setiap aplikasi yang telah dibuat. Masa maintenance meliputi perbaikan masalah dan error, pembaruan aplikasi dengan teknologi terbaru, perbaikan fungsional dan pemeliharaan keamanan.

Lingkup maintenance aplikasi dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk kompleksitas aplikasi, lingkungan operasional, dan kebutuhan bisnis. Penting untuk memahami bahwa pemeliharaan bukan hanya tentang perbaikan masalah tetapi juga tentang memastikan bahwa aplikasi tetap relevan dan aman. Maintenance aplikasi juga merupakan investasi jangka panjang yang mendukung kelangsungan operasional dan pertumbuhan bisnis.  Karena itu, bagi Anda yang ingin membuat aplikasi harus mulai memikirkan dengan matang apa saja yang dibahas pada artikel ini. Kami, Layana.id bisa membantu Anda untuk merencanakan pembuatan aplikasi serta memberikan masa maintenance pada aplikasi Anda. 



Bagikan