Hadirnya tren NFT membuat banyak orang ingin terjun dan mendapatkan keuntungan di sana. Para kreator ingin menjadikan karya mereka NFT dan mendapat untung dari penjualan, dan para kolektor berlomba-lomba membeli NFT unik yang berpotensi harganya naik tinggi. Marketplace NFT seperti OpenSea menjadi primadona banyak orang untuk menjual dan membeli NFT.

Namun selain OpenSea, sebenarnya banyak alternatif lain yang bisa kita coba untuk terjun ke dunia NFT. Kita bisa mencoba jaringan Binance yang juga memiliki marketplace NFT mereka. Atau, kita bisa memilih beberapa marketplace NFT asli Indonesia untuk memulai. Penasaran apa saja proyek marketplace NFT asli Indonesia? Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

ENEVTI

Enevti adalah proyek marketplace asli Indonesia yang tidak biasa. Kalau marketplace NFT seperti OpenSea hanya berperan sebagai wadah penjual dan pembeli, maka Enevti justru mengambil pendekatan seperti media sosial.

Enevti akan menjadi media sosial berbasis blockchain, di mana seorang kreator bisa berinteraksi dengan para pembeli karyanya. Pun pada platform ini, siapa pun pemilik NFT bisa berinteraksi langsung dengan kreatornya, seperti saling berkirim pesan, menonton video live dari sang kreator, dan saling berbagi hadiah.

Karena Enevti bekerja seperti media sosial, maka seseorang tidak bisa begitu saja menjadi creator NFT dan berjualan. Seseorang harus memiliki minimal 1000 followers, atau pada konsep Enevti disebut stake. Pengguna Enevti bisa saling stake satu sama lain, dan apabila seorang pengguna telah di-stake minimal seribu pengguna lain, maka ia sudah bisa membuat NFT dan menghasilkan uang.

Selain itu, seorang kreator yang sudah membuat NFT bisa memilih untuk melakukan delegate. Artinya, karya NFT yang dia buat bisa dibeli dan disimpan oleh seorang kolektor dalam waktu yang sudah ditentukan, dan kolektor tersebut bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari koleksi yang disimpannya.

Setiap transaksi yang berlangsung di Enevti menggunakan token ENVT yang saat ini belum melantai di bursa mana pun dan masih dalam tahap presale. Sama seperti token kriptonya yang belum tersedia, proyek Enevti juga masih dalam tahap pengembangan. Kalian bisa mengunjungi enevti.com untuk memantau perkembangan proyek ini.

BALIOLA

Baliola adalah marketplace NFT untuk para seniman Bali. Para seniman akan membuat karya mereka menjadi NFT dan berjualan di marketplace Baliola. Tidak seperti proyek Enevti yang menawarkan banyak hal baru, Baliola tampil lebih sederhana dan mudah dipahami. Secara tampilan, Baliola tampak sangat mirip dengan OpenSea yang merupakan marketplace NFT berskala internasional dan paling populer saat ini.

PARAS.ID

Paras.id memfokuskan marketplace mereka hanya menjual NFT dalam bentuk kartu. Para kreator yang ingin menjual NFT di Paras.id harus membuat karya mereka dengan dimensi khusus yang menyerupai sebuah kartu.

Tidak hanya menawarkan banyak NFT menarik, Paras.id juga menyediakan komik dari para kreator yang bisa dibaca setelah kita membayar terlebih dulu dengan token Near. Terdapat beragam komik yang ditawarkan, dan tentu saja masing-masing dari komik itu berbentuk NFT.

TOKOMALL

Dari semua marketplace NFT asal Indonesia yang sudah kita bahas, hanya TokoMall yang percaya diri hadir menggunakan Bahasa Indonesia. Dengan begitu, TokoMall cukup yakin bahwa minat dalam dunia NFT di Indonesia akan berkembang cukup besar sehingga akan ada banyak kreator dan kolektor lokal.

TokoMall yang masih bagian dari bursa TokoCrypto juga seolah menjawab bahwa terjun ke dunia NFT bisa dilakukan siapa saja, termasuk orang-orang yang tidak terlalu memahami Bahasa Inggris. Selama ini, penghalang utama dari masyarakat Indonesia untuk terjun ke NFT, kripto, atau bahkan Metaverse adalah keterbatasan pemahaman akan Bahasa Inggris. TokoMall hadir untuk mengatasi masalah itu, sehingga siapa saja yang ingin terjun ke dunia NFT tidak perlu ragu lagi untuk mencoba.

KOLEKTIBEL

Kolektibel dibuat pada jaringan Vexanium, yaitu jaringan blockchain asli Indonesia. Tidak hanya dibuat di blockchain asli Indonesia, Kolektibel juga merupakan satu-satunya marketplace NFT yang menggunakan mata uang rupiah untuk bertransaksi. Selain itu, konsep yang ditawarkan Kolektibel juga tidak biasa dan sangat berbeda dari marketplace NFT lain. Dengan berani, Kolektibel hanya menyediakan NFT yang berkaitan dengan momen-momen unik, terbaik, dan legendaris di bidang seni, olahraga, budaya, dan gaya hidup.

Masih kurang paham dengan konsepnya? Intinya, NFT yang ada di Kolektibel adalah tangkapan peristiwa momen yang layak diabadikan, seperti momen terbaik pada pertandingan Basket atau semacamnya.

Saat ini, NFT yang dijual di Kolektibel baru seputar Indonesia Basketball League, mulai dari kumpulan foto di final IBL, kumpulan foto dari pemain setiap klub, dan hampir apa saja yang berkaitan dengan IBL.

ASIX

Digarap oleh tim Anang Hermansyah, Asix menawarkan ekosistem yang cukup menarik untuk ditunggu kehadirannya. Meskipun token Asix belum resmi diperdagangkan di bursa Indonesia dan hanya bisa dibeli melalui dompet kripto seperti PancakeSwap, tetapi proyek di baliknya cukup ambisius.

Dipantau dari web resminya yaitu asixtoken.com, ada beberapa proyek yang tengah dikembangkan seperti permainan play to earn yang disebut Congklak, metaverse yang diberi nama Nusantaraverse, dan tentu saja marketplace NFT yang masih dalam pengembangan.

Masih belum jelas akan seperti apa konsep marketplace yang ditawarkan, tetapi jika melihat dua proyek mereka yang lain yaitu permainan Congklak dan Nusantaraverse, sepertinya marketplace NFT dari ekosistem Asix akan berisi seputar item game di Congklak, tanah virtual di Nusantaraverse, dan tentu saja segala aset digital yang diperlukan untuk menjelajahi Nusantaraverse.

***

Itu tadi adalah beberapa proyek marketplace NFT yang ada di Indonesia. Dengan kehadiran marketplace tersebut, tentunya akan semakin memudahkan kita yang tinggal di Indonesia untuk terjun ke dunia NFT. Semakin banyak marketplace NFT yang ada di Indonesia, artinya semakin banyak pula peluang kreator lokal untuk berkarya dan mendapatkan penghasilan. Sayangnya, beberapa proyek marketplace NFT yang kita bahas masih dalam tahap pengembangan dan entah kapan baru bisa diakses. Beberapa yang bisa diakses juga memiliki spesifikasinya tersendiri masing-masing, sehingga tidak semua kreator bisa menjual karya mereka di sana. Untuk menjawab permasalahan ini, kenapa kita tidak ikut serta membangun marketplace NFT lokal? Konsep apa pun yang kita usung, selama ada kreator yang bisa diuntungkan, pun kita sebagai pengembang juga bisa mendapatkan untung, kenapa tidak diwujudkan?

Nah, ingin membuat marketplace NFT tetapi terkendala proses pengembangan dan pemrogramannya? Tenang, Layana.Id bisa menjadi solusi atas permasalahan itu. Layana.ID adalah Perusahaan Konsultan IT profesional berbasis di Yogyakarta yang akan membantumu membuat Aplikasi Android dan IOS / Mobile App.

Selain itu, kami juga  membantu mendigitalisasi bisnis, mulai dari digital planning, UX Research, UI Desain, Pembuatan Logo brand, Pembuatan website, Pengembangan aplikasi mobile member, Hingga Promosi bisnis secara digital (SEO, Google ADS). 

Konsultasikan ide bisnismu dan dapatkan solusi digital terbaik. Tim IT Kami akan membuat idemu menjadi nyata.

 
Tags : nft opensea marketplace nft marketplace nft indonesia enevti baliola paras.id tokomall kolektibel

Related Articles

Tips Ampuh Kembalikan Semangat Bekerja Setelah Libur Panjang

Libur panjang Lebaran tidak terasa akan berakhir. setelah berhari-hari terbebas dari peker...

5 Layanan dan Aplikasi Untuk Membantu Bisnis Anda

5 Jenis Layanan dan Aplikasi Bisnis Online yang Cocok Untuk Mendukung Bisnis Online Anda 1. Aplik...

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Kasir

Salah satu musuh utama para pebisnis adalah teknologi. Beberapa pebisnis baru cenderung masih menggu...