Layana LogoDitulis oleh kristal | Diposting tanggal 06 Maret 2024

Potensi Mengembangkan Aplikasi Pemesanan Bahan FNB Untuk Bisnis Supplier

BerandaArtikelInfo TeknologiPotensi Mengembangkan Aplikasi Peme...
Potensi Mengembangkan Aplikasi Pemesanan Bahan FNB Untuk Bisnis Supplier

Apabila Anda sudah memiliki bisnis penyuplai bahan-bahan untuk bisnis FNB, apalagi telah menguasai pasar di wilayah tertentu, maka kesulitan menghandle pemesanan pasti sering terjadi. Pihak purchasing dari resto atau coffee shop pasti melakukan pemesanan visa Whatsapp.

Hal ini berarti mengharuskan CS Anda mendata ulang semua pesanan dari berbagai resto atau coffee shop, menginputkannya ke spreadsheet, melakukan rekap, lantas membuat faktur. Meski tak ada yang salah dari proses tersebut, namun Anda harus memikirkan efisiensi dari bisnis tersebut. Karena itu, menciptakan sebuah sistem pemesanan yang terintegrasi ke gudang dan finance, bisa menjadi solusi untuk mempercepat proses bisnis.

Potensi dan Tantangan Pengembangan Aplikasi Pemesanan

Dengan membuat aplikasi Pemesanan, maka setiap resto atau coffee shop yang menjadi klien bisnis Anda, tinggal melakukan pemesanan via aplikasi tersebut. Memilih bahan apa saja yang ingin dibeli, berapa jumlahnya, dan termasuk metode pembayarannya. Hal ini mempercepat proses pemesanan. Dari sisi perusahaan Anda, order yang diterima itu akan langsung diproses menjadi pencatatan transaksi, update stock barang, serta pencetakan faktur.

Melakukan rekap bulanan juga tak lagi menjadi masalah, karena sistem yang dibangun sudah akan secara otomatis membuatkan laporan berdasarkan transaksi. Dengan demikian, potensi human error bisa dikurangi, sekaligus proses bisnis juga berlangsung lebih cepat. Akan tetapi, pembuatan aplikasi seperti ini memiliki tantangannya tersendiri, yakni sulitnya mengedukasi para klien bisnis untuk mendownload, mengoperasikan, dan menggunakan aplikasi tersebut. Banyak pihak yang akan merasa memesan menggunakan metode standar seperti pesan Whatsapp lebih cepat. Karena itu, PR terbesarnya adalah mengedukasi para klien untuk menggunakan aplikasi.

Bagaimana caranya? Bisa saja Anda menawarkan diskon apabila melakukan transaksi dengan aplikasii. Atau setiap kali pemesanan dengan aplikasi, maka pihak resto atau coffee shop akan mendapatkan poin. Apabila poin itu sudah terkumpul dalam jumlah tertentu, maka bisa ditukarkan menjadi voucher diskon atau semacamnya. Bisa juga, Anda melakukan flash sale, namun hanya berlangsung di aplikasi. Dengan upaya-upaya tersebut, maka harapannya para klien bisnis Anda, mau beralih dari metode konvensional ke sistem yang lebih advanced tersebut.

Fitur Apa Saja yang Wajib Ada dalam Aplikasi Pemesanan?

Setelah mengetahui potensi, manfaat, dan tantangan dari aplikasi ini, maka kini Anda harus menentukan fitur apa saja yang harus ada dalam platform tersebut. Berikut Layana.ID akan memberikan rekomendasi terkait fitur yang harus ada pada sebuah sistem pemesanan.

Fitur dari Segi Klien

Beberapa fitur yang wajib ada antara lain adalah pendaftaran dan login untuk setiap klien. Hal ini berguna agar pengguna bisa mengakses aplikasi tersebut dan melakukan pengaturan profil. Bagi Anda, fitur ini berfungsi untuk melakukan pendataan klien secara lebih detail dan tersimpan dengan rapi di database. Selain itu, fitur yang harus ada adalah pemesanan barang.

Pengguna bisa melakukan pencarian barang berdasarkan kategori atau berdasarkan nama barang. Hal ini mempermudah pengguna untuk menemukan barang yang ingin dipesan. Bisa juga, aplikasi memberikan fitur pendataan terkait bahan apa saja yang selalu dibeli di resto atau coffee shop, sehingga pengguna tinggal membuka halaman produk yang biasa dibeli tersebut, dan melakukan pemesanan yang diperlukan.

Setelah menemukan apa yang ingin dipesan, maka pengguna bisa langsung melakukan check out. Saat check out, semua pesanan harus direview sekali lagi untuk memastikan tidak ada barang yang salah dipilih. Setelah semuanya sesuai, maka pengguna akan melakukan pembayaran pada fitur payment. Di fitur yang satu ini, Anda harus bisa menyediakan berbagai metode pembayaran. Apakah cash, apakah kredit, atau tempo. Setelah menyesuaikan pembayaran, maka proses transaksi pun selesai, tinggal menunggu barang diantar.

Fitur dari Segi Bisnis Anda

Dari sisi perusahaan Anda, sistem yang dibangun harus memiliki beberapa fitur yang membantu. Contohnya adalah fitur update stock otomatis. Dengan fitur ini, maka jumlah barang yang ada di aplikasi akan secara real time menampilkan jumlah stock barang di gudang. Dengan demikian, maka perusahaan Anda bisa tahu kapan harus melakukan pembelian stock.

Fitur lainnya adalah pencatatan transaksi dan pembuatan faktur. Berdasarkan pemesanan yang dilakukan melalui aplikasi, maka sistem secara otomatis akan mengubah data transaksi tersebut menjadi faktur yang siap cetak. Fitur lainnya yang tak kalah penting adalah pembuatan laporan bulanan. Berdasarkan data aktivitas transaksi, maka aplikasi tersebut harus bisa secara otomatis membuat laporan tentang Keuangan, tentang stock, tentang penjualan, dan laporan-laporan lain.

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Pemesanan untuk Bisnis Anda?

Setelah merasa aplikasi Pemesanan harus dibuat untuk efisiensi bisnis Anda, kini pertanyaannya adalah bagaimana cara membuatnya? Anda tentu harus bekerjasama dengan vendor IT atau software house. Salah satu yang bisa Anda jadikan pertimbangan adalah kami, Layana.ID.

Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun international, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan platform pemesanan terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

Bagikan
Cek Estimasi