Layana LogoDitulis oleh Larka | Diposting tanggal 09 Maret 2024

Potensi dan Panduan Pembuatan Aplikasi Dropshipping Beauty Product untuk Startup Anda

BerandaArtikelInfo TeknologiPotensi dan Panduan Pembuatan Aplik...
Potensi dan Panduan Pembuatan Aplikasi Dropshipping Beauty Product untuk Startup Anda

Beauty Market sedang memiliki kenaikan trend yang signifikan beberapa tahun belakangan ini. Karena itu, membuat startup di bidang ini sangatlah potensial. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah Platform Drop Shipping Beauty Product. Dengan platform ini, Anda bisa berjualan produk tanpa harus membelinya lebih dahulu. Konsepnya seperti makelar, hanya saja versi digital, dan dioptimalkan dengan aplikasi. Seperti apa potensi dan cara pembuatannya? Kali ini Layana.ID akan membahasnya khusus untuk Anda.

Potensi dan Tantangan Startup Drop Shipping Beauty Product

Dikarenakan kepedulian orang terkait peralatan kulit wajah semakin tinggi, maka berjualan produk skin care sangatlah potensial. Untuk berjualan produk, maka Anda punya dua pilihan. Menjadi reseller atau menjadi dropshipper. Apabila menjadi reseller, Anda harus beli produknya, lantas menjualnya dengan harga yang sudah dinaikkan. Apabila menjadi dropshipper, Anda tidak membeli barangnya, tetapi memasarkan produk dengan harga yang sudah Anda naikkan, dan apabila ada yang beli, maka barulah Anda menghubungi pemilik produknya.

Menjadi dropshipper jauh lebih minim risiko daripada menjadi reseller. Hal ini bisa diterapkan ke transaksi digital. Yakni, pembuatan aplikasi e commerce khusus produk kecantikan. Anda sebagai pemilik bisnis ini, tinggal menampilkan semua jenis produk yang dijual. Meski demikian Anda perlu bekerjasama terlebih dahulu dengan brand yang produknya Anda jual tersebut. Setelah bekerjasama dengan brand-brand produk, maka Anda memiliki berbagai keuntungan seperti harga yang lebih kompetitif, update stock secara real time, dan yang lain-lainnya.

Meski demikian, ada tantangan tersendiri dalam bisnis ini. Karena ini adalah dropshipping, maka komunikasi adalah hal terpenting yang harus dijaga baik-baik. Komunikasi dengan calon pembeli dan komunikasi dengan pihak brand. Hal paling krusial adalah ketersediaan stock produk. Dikarenakan Anda tidak memiliki produknya, maka Anda juga harus bertanya ke pihak brand untuk mengetahui ketersediaan stock. Alternatifnya adalah Anda memberikan informasi bahwa jumlah stock yang tampil di aplikasi itu bersifat dinamis, sehingga meminta calon pembeli untuk selalu menginformasikan ketersediaan produk dengan fitur chat.

Fitur-fitur yang Wajib Ada di Aplikasi Dropshipping Beauty Care

Setelah mengetahui potensi dan tantangan dari startup jenis ini, maka kini waktunya untuk menentukan fitur apa saja yang harus ada pada sebuah platform dropshipping ini. Secara sistem, platform dropshipping ini sama seperti e commerce pada umumnya. Aplikasi harus memiliki fitur login dan register yang mudah, sehingga pengguna bisa bertransaksi di platform tersebut.

Fitur pemesanan juga wajib ada. Pada fitur ini, pengguna bisa mengakses halaman produk, melakukan pencarian produk berdasarkan nama atau kategori, serta pemfilteran pencarian. Setelah itu, fitur yang wajib ada berikutnya adalah check out. Pada fitur ini, pengguna bisa memastikan sekali lagi terkait produk yang ingin dibeli. Setelah semuanya dipastikan, maka pengguna lanjut ke fitur berikutnya, yakni pembayaran.

Penting bagi platform dropshipping untuk memiliki beragam metode pembayaran. Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan layanan payment gateway. Dengan layanan itu, maka pengguna bisa membayar dengan beragam cara, sedangkan Anda tak perlu memiliki berbagai rekening. Selain itu, platform tersebut juga bisa diberikan fitur tambahan seperti notifikasi yang menginfokan promo-promo tertentu.

Dari segi bisnis, platform tersebut harus memiliki fitur analytic, perekaman transaksi jual beli, fitur loyalty program untuk menawarkan beragam promo ke pengguna, serta penting juga untuk bisa menyediakan berbagai jenis laporan bulanan.

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi untuk Startup Dropshipping?

Setelah mengetahui potensi, tantangan, dan fitur-fitur apa saja yang harus ada, maka pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara pembuatan aplikasinya. Tentu saja Anda harus bekerjasama dengan vendor IT atau software house yang terpercaya dan kompeten. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah kami, Layana.ID.

Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun international, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan platform aplikasi startup terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

 

Bagikan
Cek Estimasi