Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 13 Februari 2024

Potensi dan Panduan Merancang Aplikasi CrowdFund untuk Startup Anda

BerandaArtikelInfo TeknologiPotensi dan Panduan Merancang Aplik...
Potensi dan Panduan Merancang Aplikasi CrowdFund untuk Startup Anda

Salah satu jenis startup yang selalu menarik perhatian adalah platform crowdfunding. Konsepnya sederhana, yakni mempertemukan antara pihak yang butuh pendanaan, dengan pihak yang bersedia melakukan pendanaan. Sebagai penyedia platform akan menarik komisi sekian persen dari setiap transaksi yang terjadi. Salah satu contoh platform crowdfunding yang paling terkenal adalah KickStarter. Platform tersebut telah mendanai banyak sekali project di seluruh dunia. KickStarter juga menjadi alternatif bagi para founder startup yang masih bootstrapping untuk mendapatkan pendanaan tambahan, tanpa harus mencari investor.

Di Indonesia sendiri ada beberapa platform crowdfunding yang populer. Salah satunya adalah KitaBisa. Platform tersebut berfungsi sebagai sarana penggalangan dana untuk kegiatan sosial, pendidikan, kesehatan, dan hal-hal seputar itu. Meski demikian, belum ada platform crowdfunding seperti KickStarter, yang benar-benar fokus mendanai proyek-proyek startup karya anak bangsa. Apabila platform crowdfunding seperti itu tersedia, maka mimpi Indonesia untuk memiliki satu juta startup pasti akan cepat terwujud. Karena itu, bagi Anda yang tertarik mengambil peran dalam hal ini, dan berkeinginan mengembangkan startup crowdfunding, berikut akan kami berikan panduan tentang fitur apa saja yang harus tersedia.

Fitur Login / Register

Sebuah platform crowdfunding harus memiliki fitur login atau register. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengakses keseluruhan platform dengan lebih leluasa. Penting diingat bahwa form untuk melakukan pendaftaran atau register tidak boleh terlalu ribet. Saat ini, semakin banyak data yang harus diisi justru berpotensi membuat calon pendaftar malas melanjutkan proses. Karena itu, penting untuk mengintegrasikan proses pendaftaran melalui akun google, akun Apple, atau bahkan akun Meta. Dengan semakin mudah proses pendaftaran, maka akan semakin banyak potensi pengguna yang mendaftar.

Fitur Profile

Setelah pengguna melakukan pendaftaran, maka mereka bisa melakukan penyesuaian terhadap profil mereka. Hal-hal yang bisa diatur seperti informasi personal, informasi pembayaran, serta informasi terkait project yang ingin dikembangkan. Hal ini membantu pemberi dana maupun pengumpul dana untuk saling memverifikasi satu sama lain, sehingga proses transaksi bisa berjalan lebih lancar.

Campaign Management

Sebuah platform crowdfunding harus memiliki fitur untuk menciptakan kampanye penggalangan dana. Fitur inilah yang menjadi inti dari platform crowdfunding. Di fitur ini harus tersedia interface yang interaktif dan mudah dipahami, sehingga mudah bagi pengguna mengisi detail penting dari kampanye penggalangan dana tersebut. Informasi yang harus diisikan meliputi kategori project, owner project itu, lokasi project, deskripsi project, durasi kampanye, dan masih banyak lagi

Metode Pembayaran

Saat seseorang membuat kampanye penggalangan dana, maka dia akan mendapatkan dana yang terkumpul setelah jumlah yang diinginkan tercapai, atau setelah durasi kampanye berakhir. Dana tersebut akan tersimpan di rekening bank platform crowdfunding, sebelum akhirnya ditarik oleh pemilik kampanye.

Di sinilah harus tersedia fitur metode pembayaran yang beragam. Platform crowdfunding harus bisa menawarkan banyak metode pembayaran agar mempermudah pengguna. Untuk melakukannya, maka platform crowdfunding tersebut bisa menggunakan third party payment gateway yang sudah banyak tersedia. Dengan payment gateway, maka pengguna bisa memilih berbagai jenis metode pembayaran berdasarkan kebutuhan.

Social Media Sharing

Fitur yang tak kalah penting adalah social media sharing. Sebuah platform crowdfunding harus memiliki fitur untuk melakukan share kampanye ke media sosial agar bisa menjangkau lebih banyak audience. Saat ini sangat sedikit startup yang memberikan fitur share konten ke media sosial dengan proper. Kebanyakan hanya bisa membagikan link mentah ke media sosial. Alangkah lebih baik apabila platform startup yang Anda bangun di bidang crowdfunding memiliki fitur share ke media sosial dengan tampilan yang cukup proper, sehingga bisa menarik lebih banyak calon pemberi dana.

Fitur Analytics

Salah satu fitur yang juga wajib ada dalam platform crowdFunding. Fitur ini menampilkan sebuah dashboard yang memuat berbagai tampilan seperti statistik kampanye, progress kampanye, dana terkumpul, sumber pendapatan, rata-rata jumlah pendanaan, dan masih banyak lagi. Hal ini akan memudahkan pembuat kampanye untuk melihat progress dari pendanaan yang dikumpulkan. Dengan menggunakan dashboard analytic ini, pembuat kampanye bisa memonitor progress, termasuk berapa yang sudah terkumpul, berapa hari yang masih tersisa, dan lain-lain.

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Crowdfunding?

Setelah mengetahui beberapa fitur yang wajib ada, kini pertanyaannya adalah bagaimana cara membuatnya. Anda tentu saja harus bekerjasama dengan vendor IT atau software house. Salah satu yang bisa Anda jadikan pertimbangan adalah Layana.ID. Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun international, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan aplikasi Crowdfunding terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

 

Bagikan