Aplikasi pengantaran makanan menjadi semakin populer, karena banyak pelanggan yang semakin ingin meningkatkan kemudahan dalam proses pembelian makanan. Aplikasi pemesanan makanan memiliki daya tarik tersendiri, karena pengguna hanya perlu memesan makanan sesuai keinginannya, tanpa perlu repot memasak atau meninggalkan rumah. Meskipun pemain besar seperti Go Food, Grab Food, dan Shopee Food mendominasi pasar, kisah sukses mereka menunjukkan bahwa aplikasi pengantaran makanan memiliki minat yang sangat besar di pasar. Pasar yang berkembang pesat di sektor pengantaran makanan menandakan peluang bisnis yang menguntungkan. Dengan meningkatnya permintaan untuk aplikasi pengantaran makanan mengindikasikan potensi yang kuat untuk pertumbuhan dan profitabilitas dalam bisnis. Adanya pertumbuhan ini bisa menghadirkan lingkungan yang ideal bagi startup baru untuk memanfaatkan tren yang sedang berkembang dan ingin berkecimpung di industri ini. Meskipun pada aplikasi pengantaran makanan saat ini sudah banyak kompetitor serta memiliki tantangan tersendiri, startup masih bisa meraih kesuksesan dengan mengembangkan strategi dan memanfaatkan keunikannya yang dapat di tawarkan kepada pasar.
Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Pesan Antar Makanan?
Aplikasi pesan antar makanan telah mengubah cara kita dalam mendapatkan layanan pengantaran makanan yang lebih praktis. Dengan membuat aplikasi pengantaran makana, mudah bagi pengguna untuk menjelajahi, memesan, dan menikmati makanan favorit mereka. Berikut adalah cara kerja aplikasi pesan antar makanan:
Langkah 1: Menjelajahi Restoran Terdekat dan Pesanan Khusus
Aplikasi pesan-antar makanan mengubah cara orang memesan makanan dengan memberikan mereka beragam pilihan yang tak terbatas sesuai dengan keinginan mereka. Pada aplikasi, pengguna akan melihat rekomendasi restoran terdekat atau promo khusus untuk hari itu. Hanya dengan menggunakan smartphone pengguna dapat menjelajahi beragam pilihan tempat makan, mulai dari restoran lokal favorit hingga restoran populer. Adanya database restoran yang luas ini berguna untuk memenuhi berbagai selera dan preferensi dari tiap pengguna, serta memastikan bahwa pengguna menemukan sesuatu yang sesuai keinginan mereka.
Langkah 2: Membuat Keranjang Khusus untuk Barang yang Diinginkan
Salah satu fitur utama dari aplikasi pesan-antar makanan adalah mempermudah pengguna untuk mendapatkan makanan sesuai dengan keinginannya kapan pun dan dimana pun. Setelah pengguna memilih makanan yang mereka inginkan dari menu restoran yang dipilih, mereka dapat menambahkannya ke keranjang belanja dengan mudah. Proses yang efisien ini memungkinkan pengguna untuk meninjau pilihan mereka sebelum melanjutkan ke checkout dan pembayaran.
Langkah 3: Pemesanan dan Pemberitahuan Tanpa Batas ke Restoran
Setelah menyelesaikan pesanan mereka, pengguna memulai proses transaksi melalui aplikasi pesan-antar makanan. Hanya dengan beberapa klik, pengguna dapat mengonfirmasi pesanan mereka dan melanjutkan ke pembayaran. Secara bersamaan, restoran menerima notifikasi yang memberitahukan mereka tentang pesanan baru dari pelanggan. Selanjutnya restoran akan mulai menyiapkan makanan yang telah dipesan. Komunikasi real-time antara pengguna dan restoran ini memastikan pemrosesan pesanan yang efisien dan dapat memperkiraan waktu pengantaran, hal ini berdampak pada kepuasan pelanggan.
Langkah 4: Pengantaran yang Efisien dan Kepuasan Pelanggan
Setelah pesanan disiapkan, kurir yang ditunjuk akan dikirim untuk mengambil pesanan dan mengantarkannya ke alamat yang ditentukan pelanggan. Dilengkapi dengan sistem pelacakan real time, pengguna dapat memantau keberadaan pesanan mereka serta menerima informasi terbaru tentang perkiraan waktu kedatangan. Setelah pengantaran, pengguna memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik dan penilaian, sehingga memungkinkan aplikasi pengantaran makanan untuk terus meningkatkan layanannya.
Jenis Aplikasi Pesan Antar Makanan
Aplikasi pesan antar makanan secara umum dapat dikategorikan ke dalam dua jenis utama berdasarkan fungsinya:
I. Aplikasi Khusus Pemesanan
Aplikasi pesan-antar makanan hanya untuk memesan dan bertindak sebagai perantara antara pelanggan dan restoran. Aplikasi ini menyediakan platform bagi pengguna untuk melihat-lihat menu, melakukan pemesanan, dan melakukan pembayaran dalam satu aplikasi. Aplikasi ini biasanya tidak menangani proses pengantaran sendiri, melainkan meneruskan pesanan ke masing-masing restoran untuk disiapkan dan diambil oleh pelanggan atau layanan pengantaran pihak ketiga.
Meskipun fungsi utama dari aplikasi khusus pemesanan adalah untuk memfasilitasi pemesanan makanan, aplikasi ini sering kali menawarkan fitur tambahan seperti ulasan pengguna, rating, dan diskon untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Beberapa aplikasi juga memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan pesanan terlebih dahulu.
II. Aplikasi Pemesanan dan Pengiriman
Aplikasi pemesanan dan pengantaran makanan menawarkan solusi dengan menyediakan layanan pemesanan dan pengantaran. Aplikasi ini biasanya memiliki kendaraan dan pengemudinya sendiri , namun terkadang bisa bermitra dengan layanan pengantaran pihak ketiga untuk memenuhi pesanan. Selain menawarkan berbagai pilihan restoran dan menu, aplikasi pemesanan dan pengantaran makanan juga mengutamakan efisiensi dan kenyamanan dalam proses pengantaran. Mereka sering kali menyertakan fitur-fitur seperti pelacakan pesanan secara real-time, estimasi waktu pengantaran, dan transparansi biaya pengantaran.
Kenapa Startup Harus Mengembangkan Aplikasi Pesan Antar Makanan
Adanya potensi pasar pada aplikasi pesan-antar makanan memberikan peluang bagi startup untuk membuat dan mengembangkan aplikasi pesan antar makanan, guna memenuhi perintaan pengguna. Berikut alasan mengapa startup harus mulai mengembangkan aplikasi pesan antar makanan.
1. Permintaan Pasar
Banyak sektor industri yang perlahan mulai menerapkan teknologi untuk menunjang keberlangsungan bisisnya, agar tetap beriringan dengan perkembangan tekonologi saat ini. Tantangan yang dihadapi dalam oleh pemilik restoran yang tidak mampu beradaptasi dengan baik, beresiko kehilangan pelanggan dan beralih ke kompetitor. Pelanggan saat ini lebih mementingkan kenyamanan dan hal yang parktis. Oleh karena itu kebutuhan pasar akan aplikasi pesan antar sangat besar, ditambah dengan mobilitas yang begitu cepat membuat banyak orang tidak memiliki waktu untuk mengunjungi tempat makan, dan lebih memilih memesan makanan melalui aplikasi.
2. Penghematan Waktu bagi Pelanggan
Mengambil makanan untuk dibawa pulang bisa memakan waktu, terutama di daerah perkotaan yang ramai dan sulit mendapatkan tempat parkir. Di kota-kota seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, perjalanan singkat bisa menghabiskan waktu setengah jam karena kemacetan, dan mencari lahan. Banyak orang yang merasa waktu yang mereka keluarkan tidak sebanding dengan usaha dan makanan yang mereka dapatkan. Sebuah survei baru-baru ini mengungkapkan bahwa 70% konsumen bersedia membayar lebih untuk menghemat waktu pengantaran makanan.
3. Cepat Mendapatkan Keuntungan
Aplikasi pengantaran makanan dapat dengan cepat menghasilkan keuntungan dari biaya pengembangan awal. Startup bisa mendapatkan keuntungan dari biaya berlangganan bulanan, layanan promosi premium, maupun biaya pengantaran prioritas. Selain itu startup juga dapat menambahkan biaya lain seperti biaya penanganan setiap transaksi yang di lakukan oleh pelanggan. Namun startup harus memiliki rancangan dan perhitungan yang matang agar cepat mendapatkan keuntungan.
4. Peluang Ekspansi Bisnis
Meluncurkan aplikasi pesan-antar makanan juga berpeluang membuka aliran pendapatan baru untuk startup. Dengan adanya aplikasi pesan antar makanan yang saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi penggunanya. Startup bisa mengembangkan fitur pendukung lainnya guna memenuhi kebutuhan pengguna yang lainnya. Selain itu, integrasi aplikasi pesan antar meningkatkan proposisi nilai bisnis. Dengan memanfaatkan struktur dan pengenalan merek yang sudah ada, startup dapat berekspansi ke pasar baru dan memasuki segmen pelanggan yang belum tersentuh.
Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Pesan Antar Makanan?
Setelah mengetahui potensi dari adanya aplikasi pesan antar makanan, kini permasalahannya adalah bagaimana cara membuat aplikasi pesan antar makanan. Anda tentu harus bekerjasama dengan vendor IT atau software house yang terpercaya. Salah satu yang bisa Anda jadikan pertimbangan adalah kami, Layana.id.
Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun international, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan aplikasi pesan antar makanan terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.