Nadiblog.com - POS atau Point of Sale adalah sebuah sistem yang digunakan untu melakukan transaksi penjualan retail, seperti di restoran atau cafe misalnya. Umumnya sebuah sistem POS merupakan seperangkat komputer dan mesin kasir(cash register).

Namun kini komputer sudah bisa digantikan oleh tablet pintar, dan menggunakan sistem operasi Android yang lebih ringkas serta sudah tidak memerlukan kabel(wireless).

 

Apa manfaat menggunakan sistem POS digital?

Sistem kasir tradisional mengharuskan Anda untuk bisa terus-terusan memantau sistem persediaan komoditi. Sementara dengan sistem POS yang terkomputerisasi, Anda tidak perlu mengkhawatirkan berapa banyak persediaan yang Anda miliki saat ini.

Sistem ini dapat membantu melacaknya saat itu juga, dan memberikan rangkuman informasi untuk Anda. Software POS mencatat setiap penjualan di detik itu terjadi, sehingga catatan persediaan Anda akan selalu up-to-date.

Sistem kasir digital seperti ini memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk memonitor biaya satuan, menghitung ketika Anda perlu stok ulang, dan menganalisis persediaan hingga detil per itemnya.

Selain itu, sistem terkomputerisasi ini juga memungkinkan Anda untuk memiliki lebih dari satu lokasi usaha dan bisa melacak persediaan di setiap lokasi. Semua ini bisa Anda lakukan bahkan tanpa Anda harus bolak-balik antar lokasi demi mengeceknya satu per satu. Anda bisa lakukan ini di dalam kenyamanan rumah Anda.

Selain itu, dengan menggunakan sistem POS digital, Anda bisa:

  • Menganalisis data penjualan: Mengetahui seberapa baik penjualan setiap item di restoran Anda, sehingga Anda bisa menyesuaikan frekuensi dan jumlah pembelian yang diperlukan.
  • Menyimpan rekaman data penjualan: Membantu Anda menyesuaikan keputusan pembelian dari item-item musiman.
  • Meningkatkan keakuratan billing: Anda dapat meningkatkan akurasi harga dengan menggabungkan scanner barcode dan fitur otorisasi kartu kredit dengan sistem POS

Sistem POS membuat penurunan harga jadi satu hal yang mudah. Daripada melalui gunungan struk belanja di penghujung hari, sistem ini menghitung setiap markdown selagi transaksi terjadi. Selain itu, jika Anda ingin mempromosikan suatu produk, Point of Sale dapat memudahkan prosesnya.

Setiap promosi, diskon, dan kupon dapat dilacak secara akurat dan efek dari masing-masing promosi ini dicatat setiap hari. Pelacakan efek promosi produk hampir tidak mungkin tanpa adanya bantuan dari sistem POS yang terkomputerisasi.

Ini artinya tidak akan ada lagi kekhawatiran tentang pencurian oleh oknum karyawan atau inkonsistensi harga antara satu lokasi dan lainnya. Efisiensi karyawan juga dapat dipertahankan. Point of Sale mampu mengurus masalah-masalah yang terjadi di resto bahkan ketika manajemen tidak hadir di lokasi.

Artikel ini telah tayang di https://www.nadipos.com/blog/pengertian-sistem-pos/ dengan judul "APA ITU SISTEM POS(POINT OF SALES) & MANFAATNYA?"

written by NADIPOS 27 March 2017