Sudah menjadi kebiasaan masyarakat di Indonesia bahwa setiap lebaran Idul Fitri, ada tradisi mudik lebaran. Tradisi ini identik bagi orang yang bekerja di kota besar untuk pulang ke kampung halaman dalam rangka mengunjungi orang tua dan sanak keluarga. Ada beragam pilihan cara untuk mudik bisa  dengan kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi. Berikut adalah pilihan kendaraan yang bisa dijadikan altenatif untuk mudik lebaran.

1.Sepeda Motor

Bagi mereka yang tidak ingin repot berlomba mendapatkan tiket transportasi umum atau menyewa mobil, sepeda motor menjadi solusi. Bahkan pengendara sepeda motor matic dan bebek menemukan berbagai cara untuk memuat barang-barangnya saat mudik. Selain itu, perawatan sepeda motor juga sederhana. Tidak sulit menemukan bengkel tambal ban di pinggir jalan sepanjang perjalanan pulang atau balik kampung. Kebutuhan bensinnya juga tidak banyak. Walaupun untuk jarak jauh, Anda harus siap mengisi bahan bakar setiap dua atau tiga jam.

2.Mobil Pribadi

Bagi keluarga yang memiliki mobil, tentu akan lebih menyenangkan untuk bepergian dengan mobil sendiri. Selain bisa berhenti dan mampir ke mana saja sesuka hati, anak-anak pun lebih leluasa di dalam mobil. Mereka bisa tidur dengan nyaman dan bercanda ria sesuka hati, tentu saja hal yang tidak bisa didapatkan dengan kendaraan umum. Selain itu, apabila berkendara dengan mobil pribadi, anda tidak perlu repot masalah kendaraan setibanya di kampung halaman nanti.

3.Bus

Bus merupakan salah satu kendaraan umum yang bisa menjadi pilihan untuk Anda yang akan melakukan perjalanan mudik antar kota hingga antar propinsi. Alat transportasi ini memiliki harga tiket yang lebih murah jika dibandingkan dengan kereta atau pesawat. Selain itu, beragam fasilitas juga bisa diperoleh mulai dari kursi yang nyaman, AC, hingga Wifi.

4.Kereta api

Beberapa tahun terakhir ini, kereta api sudah mengalami peningkatan dalam pelayanan. Hal ini terbukti dari adanya fasilitas AC dari kereta api kelas ekonomi. Mudik dengan moda transportasi ini bisa menjadi pilihan jika Anda ingin waktu tempuh yang lebih cepat dari bus, karena bebas dari kemacetan. Tiketnya pun bisa dipesan secara online, sehingga cukup memudahkan pemudik di jaman sekarang.

5.Pesawat

Mudik dengan pesawat memberikan kenyamanan yang lebih karena waktu tempuh yang jauh lebih singkat. Namun, harga tiketnya pun cukup menguras kantong, terlebih saat momen menjelang hari raya Idul Fitri. Jika Anda memang berminat pulang kampung dengan pesawat, siapkan sejak jauh-jauh hari karena bisa mendapatkan tiket yang lebih murah.

6.Kapal Laut

Mudik dengan kapal laut bisa menjadi pilihan bagi Anda yang akan melakukan perjalanan menyebrang pulau. Namun, waktu tempuh dengan kapal laut juga bisa lebih lama. Belum lagi jika Anda tidak terbiasa dengan perjalanan laut, risiko mabuk di jalan bisa saja dialami.

 

Sumber : https://www.merdeka.com/gaya/4-moda-kendaraan-umum-untuk-mudik-mana-yang-paling-nyaman.html

Tag : Pilihan kendaraan, kendaraan untuk mudik, angkutan mudik, transportasi mudik,  Kendaraan Pribadi, Kendaraan umum, mudik lebaran, musim mudik, lebaran, pulang kampung, moda transportasi, transportasi darat, transportasi udara, transportasi laut, sepeda motor, mobil pribadi, bus, kereta api, pesawat, kapal laut