Kemajuan teknologi informasi sudah berhasil menyentuh dunia bisnis terutama terhadap bisnis secara online. Transportasi online merupakan Starup yang sedang naik daun dan menjadi alternatif baru bagi masyarakat karena efektif dan efisien dalam mengantisipasi kemacetan. Salah satu Starup bidang transportasi online yang berhasil menyandang gelar “Unicorn” adalah Gojek. Gojek merupakan startup pertama di bidang penyedia jasa transportasi online Indonesia yang berkembang pesat setelah meluncurkan aplikasinya pada awal tahun 2015 dan berhasil memantapkan diri sebagai startup pertama asal Indonesia yang mendapat gelar Unicorn pada tangal 4 Agustus 2016 lalu .Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita mengenal apa itu istilah “Unicorn” di bidang starup. Gelar Unicorn merupakan gelar yang dapat diraih apabila suatu startup sudah mencapai nilai valuasi tertentu.

Sumber

Unicorn Starup

Tanyakan kepada siapa pun di sekitar anda, aplikasi apa yang paling sering mereka gunakan?

Jawabannya akan selalu menjadi aplikasi yang memenuhi salah satu kebutuhan mereka; komunikasi, popular , menghilangkan kebosanan, atau bahkan memuaskan rasa ingin tahu. Jadi kenapa GO-JEK dapat menarik perhatian customer?

Bermula di tahun 2010, Gojek didirikan sebagai perusahaan yang bergerak dibidang transportasi roda dua yang diorder melalui panggilan telepon, semakin lama Gojek berhasil memunculkan inovasi menjadi on-demand mobile platform dan aplikasi yang menyediakan berbagai layanan. Didukung dengan aplikasi smartphone yang menghubungkan driver dengan customer melalui jaringan internet yang mudah diakses sehingga customer dapat dilayani secara ”real-time”. Gojek dapat diunduh secara gratis oleh setiap pemilik smartphone baik Android atau IOS dan sekaligus mendaftarkan customer sebagai pelanggan.

Slogan Gojek

Gojek pada awalnya hadir dengan logo berwarna warna hijau mulai dari helm, jaket hingga logo perusahaan berwarna hijau cerah, namun tahukah kamu mengapa gojek warna nya hijau ?

Hijau merupakan warna yang melambangkan pertumbuhan dan kebangkitan. Hijau juga menunjukkan stabilitas dan ketahanan. Sinyal di logo Gojek menggambarkan GOJEK mudah diakses oleh siapapun dan dimanapun. Seperti sinyal yang kuat, GOJEK ingin menjadi star-up yang paling mudah diakses dan digunakan. Penggambaran seseorang yang mengendarai motor ini adalah mitra GOJEK yang siap melayani customer.

Pada tahun 2018, Logo gojek menghilangkan tampilan orang sedang berkendara sepeda motor yang disertai garis-garis melengkung khas simbol sinyal internet. Logo Gojek kini hanya menampilkan kata “GOJEK” berwarna hijau dengan latar belakang hitam. Ada citra khusus yang ingin disampaikan Go-Jek di logo barunya tersebut.

Logo baru Gojek

Chief of Corporate Affairs Go-Jek ,Nila Marita menyampaikan, saat ini Go-Jek bukan sekadar memiliki layanan ride hailing, namun belasan layanan yang ada dalam satu aplikasi. Sehingga menurutnya, aplikasi Go-Jek saat ini bisa disebut sebagai super apps. Ia juga mengkonfirmasi, kalau logo yang saat ini digunakan di Indonesia sama seperti di Singapura. Sebagaimana diketahui, belum lama ini, Go-Jek memang telah mengumumkan kehadirannya di Negeri Singa dengan meluncurkan aplikasi versi beta.

UCD

Resep kesuksesan Gojek juga berasal dari UCD yang sukses.

Apa anda mengenal istilah UCD ?

UCD kependekan dari User Centered Design, penulis menyorot kata ”center”, seperti yang kita ketahui didalam grup idola terdapat member yang mengambil posisi center yang dimana member tersebut menjadi pusat perhatian dari grup dikarenakan berhasil memuaskan penggemar dengan visual maupun bakatnya yang memenuhi harapan penggemar. Ternyata hal ini juga berlaku untuk software, UCD merupakan proses yang menunjukkan proses desain terutama untuk memenuhi kebutuhan , keinginan , dan batasan dari end-user yang menjamin produk, perangkat lunak atau situs web mudah digunakan. User Centered Design berfokus pada detail target customer yang lebih mendalam seperti, memperhatikan usia , jenis kelamin, tingkat pendidikan potensial ,computer experience, latar belakang , lingkungan kerja (environment) pengguna produk, ciri emosional dan keterbatasan fisik, serta faktor penting lainnya.

 

BACA JUGA  : BERAPA SIH RINCIAN BIAYA PEMBUATAN APLIKASI ANDROID MIRIP GOJEK

Dengan UCD, desain dirancang dengan adaptasi terhadap behavior atau kebiasaan pengguna dalam menggunakan produk sehingga produk yang dikembangkan tidak membuat pengguna terkejut, ataupun memaksa pengguna mengubah perilaku nya ketika mengakses produk.

Pada awalnya Gojek hanya menawarkan layanan transportasi , kurir, dan belanja yang dapat diakses melaui smartphone. Hingga pada 1 April 2015 Gojek berinovasi menghadirkan Go-Food dikarenakan layanan berbelanja justru didominasi dengan pemesanan makanan. Untuk memenuhi kebutuhan customer, Nadiem selaku CEO Gojek meluncurkan fitur untuk pemesanan makanan yaitu Go-Food yang memungkinkan customer memesan makanan kapanpun (24 jam), hanya tinggal order melalui aplikasi menggunakan internet. Hari demi hari Gojek terus mengembangkan layanan-layanannya sesuai kebutuhan customer dan bertahan dalam persaingan dengan starup lainnya. Berikut alur perjalanan gojek hingga menjadi unicorn beserta perkembangan layanan-layaman yang didapat kan didalam aplikasi Gojek, sebagai berikut :

Alur perjalanan Gojek

Penjelasan mengenai fitur-fitur layanan yang berada di dalam aplikasi GOJEK ;

1.GO-RIDE, layanan transportasi penumpang dengan sepeda motor. Kurir akan menyediakan masker dan helm untuk penumpang demi menjaga keamanan dan keselamatan dari customer.

2.Go-food, malas untuk keluar rumah untuk mencari makanan?. GO-FOOD hadir untuk membantu anda memesan makanan dengan mudah dan ongkos yang murah.

3.Go-mart, tidak punya waktu untuk berbelanja kebutuhan ?. Go-mart solusi untuk anda yang ingin berbelanja kebutuhan dengan mudah dan cepat tanpa harus menyediakan waktu khusus untuk berbelanja.

4.Go-GLAM, jasa kecantikan yang dsediakan Gojek. Anda dapat memanggil perias wajah professional tanpa harus pergi mencari salon.

5.GO-MASSAGE, badan anda pegal-pegal setelah beraktivitas seharian?. Maka anda menyegarkan badan anda hanya dengan memesan layanan terapi dengan fitur go-massage.

6.GO-CLEAN, pembatu anda sedang liburan?.Anda bisa andalkan layanan bersih-bersih rumah atau kantor dengan layanan GO-CLEAN.

7.GO-BOX, layanan pengantaran barang berukuran besar.

8.GO-BUSWAY, layanan memungkinkan pengguna mengetahui lokasi bus TransJakarta secara real time dan informasi estimasi kedatangan bus. Selain itu, pengguna juga bisa memesan ojek menuju halte-halte bus terdekat melalui fitur ini.

9.GO-TIX, layanan di mana Anda bisa membeli tiket nonton film di bioskop, event atau tiket pertandingan olahraga.

10.GO-CAR, anda tidak ingin berpanas-panasan saat berpergian dengan sepeda motor. Gojek menghadirkan fitur Go-car yang merupakan layanan transportasi dengan mobil.

11.GO-BLUEBIRD, layanan transportasi dengan taksi reguler Blue Bird Group

12.GO-AUTO, layanan ini berfungsi untuk memanggil mitra service provider otomotif untuk langsung datang ke lokasi.

13. GO-MED, layanan pengantaran obat apotik. Kerja sama pengantaran obat ini dilakukan antara Go-Jek dengan layanan bernama Apotik Antar.

Sebenarnya masih banyak layanan yang ditawarkan gojek untuk kepuasan pelanggan seperti GO-PULSA,GO-SHOP,GO-BILLS,GO-DEALS,GO-LAUNDRY,GO-Send,Go-Nearby,Go-Daily, Dan GO-Fix.

Beberapa ulasan mengenai desain dan perubahan pada aplikasi Gojek ;

Dari segi consistency pada interface fitur-fitur gojek, penulis merasa penggunaan metaphoranya sangat cocok pada ikon fitur-fitur aplikasi gojek , sehingga saya tidak heran mengapa gojek mendapatkan gelar unicorn.Saya ambil contoh GO-FOOD,dengan melihat ikon garpu dan sendok, penulis bisa menerka bahwa fitur tersebut berhubungan makanan,

Go-Food

lalu GO-GLAM dari ikon terlihat wanita berwarna pink , warna pink saja sudah mengisyaratkan bahwa itu diperuntukkan untuk wanita (walaupun sebenarnya pink bukan hanya disimbolkan untuk wanita, itu hanya sebatas persepsi orang-orang) ditambah dengan bentuk bibir maupun bentuk rambut yang sudah tertata bahwa saya langsung dapat meyakini fitur ini untuk konsumen yang ingin merias diri.

Go-Glam

Pada awalnya pada aplikasi Gojek seluruh fitur ditunjukkan dalam interface menu utama. Sehingga user menghabiskan beberapa detik waktu untuk mencari dan menetukan fitur yang ia inginkan.

Gojek versi sebelumnya

Sehingga pada pembaharuan yang terbaru,pada highlight menu utama terlihat hanya 8 fitur yang dapat dimunculkan , dengan memilih “other” dan memilih menu “edit” , user bebas menentukan 7 layanan yang sesuai kebiasaan user(yang paling sering diakses) dan ingin ditampilkan di dalam highlight menu utama lalu menekan tombol “save”. Sehinga user tidak perlu melihat semua fitur yang jarang user gunakan. Posisi Fitur layanan Gojek berada ditengah sangat berhasil melakukan pengukuran untuk menarik perhatian dan mata pun tertuju langsung pada fitur tersebut.

8 fitur Gojek
7 fitur yang dapat diganti sesuai kebutuhan user

Dari sisi efficiency, help users recognize, diagnose, and recover from errors berhasil membuat user tidak langsung panik, dikarenakan ketika user melakukan kesalahan penggunaan pesan error ditampilkan dengan gambar yang dapat membuat user merasa tenang dan dapat melihat solusi nya langsung.

Error message

Dalam aplikasi Gojek juga menghadirkan Help and Documentaion dimana user yang masih bigung dan ingin belajar cepat bisa menggunakan ikon “help” dengan simbol “tanda tanya(?)”. Dimana setiap fitur sudah memiliki dokumen cara pemesanan di dalam fitur help . Sehingga user langsung tahu menyelesaikan masalahnya.

GO-PAY

GO-PAY adalah salah satu fintech di Indonesia yang merupakan layanan mobile payment yang terdapat pada platform Gojek. Financial technology atau fintech merupakan inovasi dibidang finansial yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan kegiatan finansial dan memudahkan perusahaan dalam memberikan pelayanan keuangannya. GO-PAY disediakan untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi proses transaksi yang dilakukan dalam Gojek. Sehingga metode ini cocok untuk driver dan user yang tidak ingin repot memegang uang tunai baik dimana driver tidak harus capek menyediakan kembalian untuk uang berlebih maupun user yang tidak harus membawa uang tunai. Gojek juga menyediakan fitur tip , dimana jika pelayanan yang diberikan kurir maupun pekerja gojek dianggap sangat m emuaskan user dapat memberika uang tip melalui GO-PAY, hal ini juga memacu driver lebih semangat dalam bekerja. Pada awalnya fitur GO-PAY terdapat dalam fitur seperti Go-food,Go-ride. Dalam versi terbarunya yang didominasi dengan latar berwarna putih, Go-jek ingin menonjolkan fitur digital miliknya yaitu GO-PAY. Menu GO-PAY di halaman utama aplikasi berada diposisi paling atas dengan latar berwarna biru tua. Beberapa fitur Go-pay seperti transfer, pemindaian QR Code, top saldo kini sudah bisa diakses lewat halaman antar muka aplikasi Go-jek. Sehingga mempercepat waktu user untuk melakukan berbagai transanksi tanpa harus menuju halaman selanjutnya seperti versi yang lama.

Go-pay versi lama
Posisi Go-pay versi terbaru

Kenapa GOJEK ingin menonjolkan go-pay?

Selain karena fee dari transanksi digital,ternyata layanan semacam Go-Pay bisa memperoleh keuntungan dari akumulasi uang pengguna yang dideposit dalam aplikasi.

Go-pay

Gojek merebut hati pengguna dengan promo

Karakter manusia yang menyukai promo dan diskon sudah mendarah daging memicu kebahagiaan. Perlu digaris bawahi dalam membangun produk tidak cukup hanya fungsi yang mudah dimengerti tetapi pengguna juga dapat merasakam sensasi kebahagiaan ketika menggunakannya. Go-pay disimbolkan dengan bentuk dompet, sehingga pengguna langsung sadar bahwa fungsinya menyimpan uang. Selain gojek menawarkan ongkos berpergian yang relatif murah, Gojek memberikan promo-promo yang menarik kepada pengguna dimana sebenarnya hal ini juga kembali lagi untuk memicu agar pengguna menggunakan Go-Pay.

Promo Gojek

Setelah beberapa waktu lalu mengubah tampilan antarmuka, Gojek memoles tampilan aplikasinya sudah nyaman saat dipandang mata. Menjabat sebagai “Unicorn” , Gelar itu sudah terbukti dari desain aplikasinya yang mudah digunakan dan berhasil menimbulkan kebahagiaan.

Demikian pembahasan artikel pada minggu ini mengenai gojek. Saya ucapkan terima kasih dan sampai berjumpa kembali dengan judul yang berbeda dan konten semakin menarik.

sumber artikel : https://medium.com/@rezasrg2310/perjalanan-gojek-hingga-menjadi-unicorn-704f67a83d29

 

DOWNLOAD

Company Profile Layana

Video Company Profile Layana

 

 

====================

Hubungi Kami :

marketing@layana.id

https://layana.id/

0818-0425-1557 (Marketing)

0812-3875-5559 (mr. Anggit - Manager)

 

 

Tags : perjalanan gojek hingga menjadi unicorn tips membangun startup cara membuat startup