Layana LogoDitulis oleh jihan alya | Diposting tanggal 10 Oktober 2023

Perbedaan Web Developer Dengan Mobile Developer.

BerandaArtikelInfo TeknologiPerbedaan Web Developer Dengan Mobi...
Perbedaan Web Developer Dengan Mobile Developer.

Layana.id - Perlu diketahui bahwa, ternyata profesi programmer mempunyai beberapa perbedaan. Di antaranya adalah perbedaan web developer dengan mobile developer. Jika, dilihat dengan sekilas, memang kedua profesi tersebut memang ada perbedaanya, terutama untuk fokus pengembangan yang dikerjakan. 

Lalu, apa saja perbedaan antara web developer dengan mobile developer ? Kali ini kami akan membahas perbedaannya. Jadi, simak artikel dibawah ini dengan baik ya. 

Pengertian Web Developer dan Mobile Developer 

Sebelum kita membahas perbedaan dari masing - masingnya, maka mari kita bahas pengertiannya terlebih dahulu. 

1. Web Developer 

Web developer merupakan sebuah profesi yang cenderung memiliki fokus dalam pembuatan dan pengembangan situs website. Tetapi, pekerjaan seorang web developer tidak hanya berfokus pada pembuatan tampilan website saja. 

Profesi seorang web developer juga melibatkan aspek - aspek yang lain. Diantaranya adalah pengolahan database, kestabilan situs, dan lain - lain. Oleh sebab itu, profesi web developer ini dibagi menjadi 3 bagian yaitu front-end developer, back-end developer, full-stack developer. Dengan begitu para web developer dapat bekerja secara efisien. 

2. Mobile Developer 

Berbeda dengan web developer, seorang mobile developer ini mempunyai fokus dalam pembuatan aplikasi untuk mobile. Profesi yang satu ini mempunyai tanggung jawab untuk mengkodekan, merancang, dan mengoptimalkan aplikasi mobile, baik yang menggunakan sistem iOS maupun yang menggunakan sistem Android. 

Selain itu, dalam kasus tertentu profesi yang satu ini juga dapat bekerja pada platform atau sistem operasi mobile yang lain, semua ini tergantung juga pada kebutuhan perusahaan. Hal ini yang menyebabkan, beberapa perusahaan yang bergerak di bidang IT mempunyai syarat yang berbeda untuk posisi mobile developer ini. 

Perbedaan Web Developer dan Mobile Developer. 

Setelah, kita memahami pengertian dari web developer dan mobile developer, selanjutnya kami akan membahas perbedaannya, mulai dari jenis tugasnya hingga alat yang digunakan. 

1. Jenis Tugas 

Perbedaan yang pertama dibahas adalah jenis tugas. sebelumnya, sudah dijelaskan mengenai pengertian dari web developer dan mobile developer. Keduanya memiliki tugas yang berbeda. 

Web developer mempunyai fokus tugas dalam pembuatan dan pengembangan situs website. Sementara, Mobile developer mempunyai fokus tugas dalam pembuatan serta pengembangan sebuah aplikasi mobile. 

2. Bahasa Pemrograman 

Perbedaan yang kedua terletak pada bahasa pemrograman yang digunakan. Dalam setiap pengembangan yang dikerjakan, baik web developer maupun mobile developer keduanya menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. 

Seorang web developer, biasanya menggunakan bahasa pemrograman seperti CSS, HTML, dan JavaScript untuk front-end developer, sedangkan untuk back-end developer biasanya menggunakan PHP dan SQL. Berbeda halnya dengan web developer, seorang mobile developer menggunakan bahasa pemrograman seperti Objective-C dan swift untuk iOS developer, sedangkan untuk android developer bahasa pemrograman yang dipakai adalah Kotlin atau Java. 

3. Tools yang Digunakan

Profesi sebagai seorang web developer dan mobile developer keduanya memiliki tools yang berbeda untuk mendukung pekerjaan yang sedang dikerjakan. Profesi web developer menggunakan tools seperti jQuery, Visual Studio, Sublime Text, dan Firebug, sedangkan untuk profesi mobile developer menggunakan tools, seperti Sencha, Android Studio, Xamarin, dan lain - lain.

Nah, itu dia pengertian serta perbedaan antara web developer dengan mobile developer. Kedua profesi ini memiliki peran pentingnya masing - masing dalam setiap pengembangan yang dikerjakan. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan ingin menjadi programmer, perlunya untuk memahami fokus yang Anda minati.

Bagikan
Cek Estimasi