Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 13 Februari 2024

Peran Aplikasi Pendidikan dan Fitur Wajib Dalam Aplikasi Pendidikan 2024

BerandaArtikelInfo TeknologiPeran Aplikasi Pendidikan dan Fitur...
Peran Aplikasi Pendidikan dan Fitur Wajib Dalam Aplikasi Pendidikan 2024

Industri pendidikan telah mengalami transformasi digital dengan model pembelajaran yang dapat dilakukan dimana saja. Saat ini ruang kelas tidak hanya berupa tempat fisik, namun dapat berupa forum digital yang dapat diakses oleh semua orang. Kebanyakan siswa saat ini menuntut pengalaman pendidikan yang praktis tanpa adanya batasan. Munculnya aplikasi pendidikan secara signifikan meningkatkan ruang lingkup belajar dengan memberikan tools baru kepada guru dan siswa. Adanya aplikasi pendidikan telah membuat proses pembelajaran terbebas dari motede pembelajaran lama yang lebih terpaku pada tempat tertentu. Aplikasi pendidikan memungkinkan siswa dan guru untuk berinteraksi dan bertukar informasi pendidikan dengan kapan saja dan dimana saja. Sebagai hasilnya, aplikasi pendidikan memberikan pendekatan untuk membuat pembelajaran lebih mudah diakses dan menarik, terutama dalam menguasai topik-topik yang kompleks. Disisi lain dalam dunia bisnis terus didorong untuk berinvestasi dan berinovasi untuk memberikan solusi digital. Sehingga jika Anda menemukan permintaan yang terus meningkat untuk kelancaran kegiatan pembelajaran, alur pembelajaran yang efisien, dalam industri pendidikan, Anda harus segera menjawab permintaan pasar dengan membuat aplikasi pendidikan.

 

Perlunya Pengembangan Aplikasi Mobile Pendidikan

Aplikasi pendidikan mengubah cara kita dalam memperoleh dan menyampaikan wawasan maupun pengetahuan. Berikut adalah beberapa alasan yang membuat pengembangan aplikasi pendidikan sangat penting untuk industri pendidikan :

 

1. Pembelajaran Yang Lebih Personal

Salah satu manfaat utama yang mendorong perlunya pengembangan aplikasi pendidikan adalah adanya pengalaman belajar yang personal dan mandiri. Aplikasi  pendidikan membuat siswa dapat mengakses materi yang diinginkan. Dalam aplikasi pendidikan juga dapat menampilkan video yang dapat diatur dan kelas online yang berisi materi tiap tingkatan kelas. Fleksibilitas ini tidak hanya memungkinkan siswa untuk belajar sesuai minat mereka, tetapi juga memberikan kesempatan untuk terhubung dengan guru. Adanya aplikasi pendidikan secara signifikan  meningkatkan pemahaman dan mendorong pendekatan pembelajaran yang lebih adaptif pada siswa.

 

2. Mempermudah Informasi Dengan Orang Tua Siswa

Aplikasi pendidikan memainkan peran penting guna mempermudah penyebaran informasi dari sekolah. Mengelola komunikasi dengan orang tua, memberi kabar terbaru tentang kelas, dan menyebarkan informasi penting dapat ditangani secara cepat melalui aplikasi.  Terkelolanya penyebaran informasi kepada orang tua siswa, seperti pembaruan informasi dan saluran komunikasi, membuktikan dengan adanya aplikasi pendidikan meningkatkan efisiensi dan mengurangi miskomunikasi.

 

3. Menciptakan Kenyamanan dan Kemudahan

Kebutuhan utama untuk pengembangan aplikasi pendidikan terletak pada kenyamanan dan kemudahan yang diberikan kepada siswa, guru dan orang tua siswa. Baik untuk menangani berbagai tugas atau memfasilitasi pembelajaran siswa, aplikasi pendidikan memberikan kenyamanan dalam proses pembelajaran. Selain itu   orang tua dapat mengakses data dan terlibat dalam kegiatan pembelajaran dari mana saja. Dengan menggunakan aplikasi pendidikan yang memungkinkan guru, siswa dan orang tua saling terlibat dalam proses pembelajaran.

 

4. Akses Materi Tak Terbatas

Aplikasi pendidikan memungkinkan materi pembelajaran selalu tersedia dan dapat diakses oleh pengguna. Kemudahan untuk mengakses materi pembelajaran, terhubung dengan guru maupun dosen, dan mengunduh materi pembelajaran kapan saja meningkatkan pengalaman belajar. Sistem dukungan dan chatbot yang terintegrasi ke dalam aplikasi juga berkontribusi pada sistem respons yang cepat, menjawab pertanyaan dan masalah dengan segera.

 

5. Pengalaman Belajar yang Menyenangkan

Adanya elemen interaktif dalam aplikasi pendidikan mengubah proses belajar menjadi pengalaman yang menyenangkan. Dengan membuat aplikasi yang menyerupai permainan atau “game”, membuat siswa aktif selama proses pembelajaran. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan penyampaian materi tetapi juga memastikan bahwa konten edukasi disajikan dengan cara yang sesuai dengan sifat alamiah pelajar saat ini yang selalu ingin tahu dan eksploratif, sehingga membuat pendidikan menjadi upaya yang menyenangkan.

 

Fitur yang Harus Dimiliki Dalam Aplikasi Pendidikan

Beberapa fitur tertentu dianggap penting dalam setiap aplikasi pendidikan untuk memenuhi berbagai tuntutan guru dan siswa. Fitur yang harus dimiliki untuk setiap aplikasi pendidikan adalah sebagai berikut:

1. Berbagi Dokumen

Fitur berbagi dokumen di dalam aplikasi pendidikan sangat penting untuk menyebarkan materi tambahan, catatan pembelajaran, dan dokumen referensi. Fitur ini harus mendukung berbagai format file, memastikan kompatibilitas dengan berbagai jenis konten. Pengeditan kolaboratif dan kontrol versi dapat lebih meningkatkan pengalaman berbagi dokumen, mendorong komunikasi yang efektif dan pertukaran pengetahuan di dalam ruang kelas virtual.

2. Forum Kelas

Forum kelas menyediakan ruang kolaboratif bagi siswa dan guru untuk terlibat dalam diskusi, mengajukan pertanyaan, dan berbagi wawasan. Fitur ini menumbuhkan rasa kebersamaan di dalam ruang kelas virtual, memungkinkan pembelajaran peer-to-peer dan memfasilitasi komunikasi antara siswa dan guru. Aplikasi pendidikan dapat membantu menjaga lingkungan diskusi untuk tetap terfokus dan bermanfaat.

3. Tugas

Fitur tugas sangat penting untuk menilai kemajuan dan pemahaman siswa. Guru harus dapat membuat dan menyebarkan tugas dengan mudah, sementara siswa harus memiliki gambaran yang jelas tentang tugas yang tertunda dan tugas yang telah diselesaikan. Integrasi dengan tools penilaian juga dapat menyederhanakan proses penilaian, memberikan umpan balik yang cepat dan memberikan sistem evaluasi yang transparan.

4. Kelas Virtual

Kemampuan konferensi video langsung sangat penting untuk ruang kelas virtual, yang memungkinkan interaksi nyata antara siswa dan guru. Fitur-fitur seperti berbagi layar, fungsionalitas ruang obrolan, dan perekaman proses pembelajaran dapat meningkatkan pengalaman belajar virtual. Adanya kelas virtual dapat menciptakan arus komunikasi dan penyampaian informasi yang baik mengenai materi pembelajaran dari guru kepada siswa.

5. Pemberitahuan dan Notifikasi

Notifikasi dan pemberitahuan memainkan peran penting dalam menjaga agar pengguna tetap mendapatkan informasi dan terlibat. Pembaruan penting, batas waktu pengumpulan tugas, dan pengumuman baru dapat didapatkan dengan segera melalui pemberitahuan. Pengaturan notifikasi yang dapat disesuaikan memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dengan aplikasi sambil mempertahankan kontrol atas frekuensi dan jenis peringatan yang mereka terima.

6. Penjadwalan Tiap Mata Pelajaran

Penjadwalan materi pelajaran adalah fitur penting dalam aplikasi pendidikan, karena memastikan bahwa siswa dan guru dapat merencanakan kegiatan pembelajaran agar berjalan secara efisien. Fitur ini  memungkinkan guru untuk membuat, mengedit, dan mempublikasikan jadwal pelajaran yang akan datang, sehingga memudahkan siswa untuk mengakses dan merencanakan waktu belajar mereka. Pemberitahuan dan pengingat untuk kelas yang akan datang dapat lebih meningkatkan kegunaan fitur ini, membantu manajemen waktu yang lebih baik bagi siswa dan guru.

Kesimpulan

Pengembangan aplikasi pendidikan merupakan langkah penting dalam mengubah cara kita dalam melakukan proses pembelajaran. Karena dengan adanya aplikasi pendidikan yang mudah digunakan dapat mempercepat penyebaran materi. Selain itu adanya fitur interaktif dapat menciptakan platform yang dinamis untuk siswa dari segala usia. Aplikasi pendidikan menawarkan kemampuan untuk mengurangi hambatan akses, meningkatkan pengalaman belajar, dan membangun lingkungan pendidikan yang lebih menyeluruh dan adaptif dengan memanfaatkan teknologi.

Namun, mengembangkan aplikasi pendidikan itu rumit dan membutuhkan pendekatan dan riset yang mendalam. Diperlukan pemahaman yang kuat tentang target audiens, tujuan pendidikan, dan perkembangan teknologi saat ini, guna membuat keputusan strategis bagi bisnis untuk bekerja sama dengan perusahaan pengembang aplikasi.

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Pendidikan?

Setelah mengetahui beberapa fitur yang wajib ada, kini pertanyaannya adalah bagaimana cara membuatnya. Anda tentu saja harus bekerjasama dengan vendor IT atau software house. Salah satu yang bisa Anda jadikan pertimbangan adalah Layana.ID. Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun internasional, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan aplikasi pendidikan terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

 

Bagikan