Layana LogoDitulis oleh kristal | Diposting tanggal 09 Maret 2024

Pentingnya Penerapan Sistem Loyalty Program pada Bisnis Retail Anda

BerandaArtikelInfo TeknologiPentingnya Penerapan Sistem Loyalty...
Pentingnya Penerapan Sistem Loyalty Program pada Bisnis Retail Anda

Bagi pebisnis retail, menjaga hubungan baik dengan pelanggan sangatlah penting untuk dilakukan. Salah satu caranya adalah mengembangkan Customer Relationship Management System. Dengan sistem CRM itu, maka perusahaan retail Anda bisa meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Meski demikian, sistem CRM yang menyeluruh sangatlah besar dan membutuhkan waktu pengerjaan lama. Karena itu, Anda bisa mengembangkan salah satu modul CRM yang cukup krusial, yakni sistem Loyalty Program.

Manfaat Sistem Loyalty Program

Sistem Loyalty Program berfungsi untuk memastikan pelanggan tetap melakukan pembelian. Dengan sistem ini, pembeli bisa mengumpulkan poin setiap transaksi untuk ditukarkan diskon. Selain itu, pelanggan juga akan menerima pemberitahuan setiap promo yang tersedia. Bahkan ada juga sistem Loyalty program yang menawarkan diskon langsung ke setiap produk yang dibeli selama pelanggan itu menjadi member.

Harapannya adalah, dengan berbagai reward yang diberikan itu, maka pelanggan tidak akan berpaling ke kompetitor. Secara sederhana, loyalty program adalah pengumpulan database pelanggan untuk dikelola dan dijadikan target promosi. Apabila penanganan loyalty program dilakukan dengan baik, maka bisnis retail Anda akan memiliki pelanggan militan yang hanya akan berbelanja di tempat Anda.

Fitur-fitur yang Wajib Ada di Sebuah Loyalty Program

1. Fitur Pendaftaran & Login

Setelah mengetahui fungsi dan manfaat dari loyalty program, kini waktunya menentukan fitur apa saja yang wajib ada di dalamnya. Fitur pertama yang harus ada adalah pendaftaran dan login member. Untuk mendapatkan beragam reward dari sistem ini, pelanggan harus menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Setelahnya, pelanggan mengisikan data dirinya untuk mendaftar. Setelah melakukan pendaftaran barulah pelanggan bisa menikmati beragam reward seperti diskon khusus member, mengoleksi poin setiap transaksi, mengumpulkan dan menukar poin ke produk-produk tertentu, dan beragam reward lainnya. Untuk itulah perlu dibuat fitur selanjutnya yakni perhitungan poin. Aplikasi harus bisa otomatis menambahkan poin apabila pelanggan melakukan transaksi dengan batas nominal tertentu atau kelipatan ya. Poin-poin itu juga bisa berfungsi sebagai alat tukar pembelian produk jika sudah terkumpul banyak.

2. Fitur Redeem Point

Fitur berikutnya adalah redeem point. Setelah poin pelanggan terkumpul cukup banyak, pelanggan bisa menukarkan poinnya ke berbagai penawaran yang ada di aplikasi. Penawaran itu bisa berupa voucher belanja, voucher undian, atau sebatas beberapa produk yang bisa dibeli dengan poin.

3. Fitur Undian

Fitur selanjutnya adalah undian. Salah satu daya tarik dari loyalty program adalah undian berhadiah. Ada sebuah retail di Yogyakarta yang terkenal dengan undian berhadiah rumah. Setiap pembelian di atas nominal tertentu akan mendapatkan voucher yang bisa digunakan untuk ikut undian rumah tersebut. Program seperti itu tentu saja menarik minat banyak orang sehingga semakin rutin bertransaksi di sana.

Fitur undian di aplikasi loyalty program juga senada. Poin yang dikumpulkan pelanggan bisa ditukarkan menjadi kupon undian. Apa yang bisa ditawarkan dalam undian sangatlah beragam. Mulai dari gadget, sepeda motor, mobil, produk bundling, bahkan bisa juga berupa voucher diskon lainnya. Undian seperti ini adalah penerapan dari konsep gamifikasi, yakni menggabungkan unsur permainan dalam sebuah aktivitas.

4. Fitur Notifikasi

Selain itu, aplikasi juga harus bisa memberikan Notifikasi ke semua penggunanya terkait promo terbaru. Harapannya, pengguna akan tertarik dan berbelanja. Agar lebih personal, aplikasi loyalty juga bisa disetting untuk mengirimkan notifikasi Selamat ulang tahun, Selamat hari raya, bahkan bisa juga sekedar mengucapkan Selamat pagi, siang, atau malam, agar lebih dekat dengan penggunanya.

Harapannya, dengan semua fitur tersebut, pengguna bisa lebih loyal ke perusahaan retail Anda. Meskipun Anda harus mengeluarkan biaya untuk diskon, hadiah undian, juga pembuatan platform, namun apabila berhasil mengelola loyalty program, maka bisnis Anda berpotensi semakin diminati dan bertambah ramai.

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Loyalty Program?

Setelah mengetahui fungsi, manfaat, dan fitur-fitur apa saja yang harus ada, maka pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara pembuatan aplikasinya. Tentu saja Anda harus bekerjasama dengan vendor IT atau software house yang terpercaya dan kompeten. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah kami, Layana.ID.

Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun international, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan platform loyalty program terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

Bagikan
Cek Estimasi