Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 05 Februari 2024

PENTINGNYA PENERAPAN IOT UNTUK INDUSTRI KEBUGARAN, FITNESS DAN GYM

BerandaArtikelInfo TeknologiPENTINGNYA PENERAPAN IOT UNTUK INDU...
PENTINGNYA PENERAPAN IOT UNTUK INDUSTRI KEBUGARAN, FITNESS DAN GYM

Dalam beberapa tahun terakhir, Internet of Things (IoT) telah merambah hampir di semua industri. Tidak terkecuali industri kebugaran,IoT di tempat fitness dan gym sudah menjadi hal yang umum dan harus ada saat ini. Semakin banyak pusat kebugaran dan gym yang mulai mengintegrasikan teknologi IoT ke dalam sistem mereka. Mereka menggunakan perangkat yang dapat saling terhubung dengan perangkat lain, sehingga dapat bertukar informasi dengan smartphone. IoT nantinya juga akan terhubung sistem manajemen gym dan mengelola beragam informasi. Untuk saat ini IoT di industri kebugaran adalah sedang populer dan penerapannya yang semakin meningkat. Pertumbuhan ini disebabkan oleh meningkatnya permintaan akan solusi latihan yang baru dan modern. Terutama setelah pandemi Covid-19, orang-orang mulai lebih bergantung pada teknologi untuk hampir semua hal, termasuk kebugaran. Menerapkan IoT di tempat fitness dan gym dapat memberikan manfaat bagi anggota dan pemilik gym. Layana.id akan menjelaskan keuntungan adanya IoT untuk industri kebugaran milik Anda.

 

1. Pemantauan yang Lebih Baik

Adanya teknologi IoT membuat orang - orang saat ini sudah tidak bergantung pada personal trainer secara langsung. Meningkatnya kesadaran dan kemajuan teknologi telah membuat orang ingin memulai olahraga hanya dari ujung jari mereka. IoT di gym memungkinkan Anda sebagai pemilik gym untuk menyederhanakan fasilitas  kepada pelanggan Anda. Anda hanya perlu membangun infrastruktur sistem, seperti sensor pada beban dan peralatan lainnya, yang akan memandu seseorang tentang cara menggunakannya, spesifikasi, hasil, dll. IoT juga akan membantu Anda memantau inventaris untuk peralatan yang ada di tempat gym milik Anda. Anda juga dapat memeriksa peralatan mana yang rusak sehingga dapat memperkirakan perbaikan agar tepat waktu.

2. Kontrol Perlengkapan

IoT juga dapat membantu Anda mengontrol perlengkapan di dalam gym. Dari pencahayaan hingga sistem pendingin, sensor pintar dapat membantu Anda mengatur suasana gym.  Sensor dapat secara otomatis mengubah pencahayaan gym tergantung pada waktu. Sensor juga dapat mengubah suhu di dalam gym berdasarkan faktor-faktor seperti kondisi cuaca, jumlah orang yang hadir di gym, dll.

3. Keamanan dan Aksesibilitas

IoT dapat membantu Anda melacak peralatan yang hilang atau dicuri dan membantu Anda menyimpan data pelanggan dengan aman di cloud. Data yang dibagikan oleh pelanggan akan tersimpan di database sistem dan kemudian dienkripsi, sehingga memaksimalkan keamanan. Penyimpanan cloud juga memastikan aksesibilitas data yang mudah kapan pun diperlukan.

4. Analisis yang lebih baik

IoT memberi Anda beragam data dari berbagai sumber seperti perangkat yang dapat dikenakan, baik dari sisi peralatan, atau dari pelanggan Anda. Anda dapat menganalisisnya untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang perilaku pelanggan tempat gym Anda. Anda juga dapat menggunakan informasi ini untuk meningkatkan pengalaman serta kenyaman pelanggan.

Implementasi IoT di Industri Kebugaran

Anda harus tahu mengapa penerapan IoT di bisnis fitness  adalah salah satu langkah yang tepat saat ini. Namun sebelum itu, Anda harus tahu di bagian mana saja Anda dapat menerapkan IoT agar gym Anda dapat menarik lebih banyak pelanggan dan memberikan pengalaman yang lebih baik kepada mereka.

1. Latihan Kelompok

IoT mempermudah olahraga dalam kelompok karena pengguna dapat lebih memahami apa yang mereka lakukan. Semakin banyak pusat kebugaran yang mulai menggunakan  wireless sensors, sehingga anggotanya dapat dengan mudah memantau aktivitas mereka kapan saja. Hal ini juga bermanfaat bagi para pelatih karena mereka dapat melacak kemajuan setiap anggota grup secara individual dan dapat merecanakan program kebugaran lain untuk para anggota.

2. VR (Virtual Reality)

VR (Virtual Reality) sangat cocok jika Anda ingin terhubung dengan pelanggan Anda secara virtual. Perangkat seperti head-mounted display dan headset VR memungkinkan seseorang untuk mendapatkan pengalaman yang mirip dengan kehidupan nyata secara virtual.  VR melingkupi seseorang dalam dunia digital yang merespons sesuai dengan tindakan pengguna. Ini menangkap gerakan pengguna melalui sensor dan memperbarui rangsangan yang disajikan kepada pengguna. Dengan demikian, pengguna dapat melakukan apa saja mulai dari pilates hingga latihan berat di mana saja.

3. Data Pencapaian yang Dapat Dibagikan

Di zaman sekarang ini, orang-orang hidup untuk sebuah pencapaian. Mereka ingin membagikan setiap pencapaian kecil kepada teman dan keluarga mereka. Menyediakan sistem yang dapat digunakan untuk pelanggan Anda yang secara rinci, merekam tiap kemajuan latihan, dan membagikan pencapaian mereka adalah langkah menarik bagi pelanggan. Data pencapaian bahkan dapat dibagikan di  media sosial, sehingga pelanggan dapat berbagi progress mereka dengan teman dan keluarga. Pemilik gym dapat membuat papan peringkat di gym menggunakan data ini, yang menunjukkan kemajuan anggota gym, yang dapat bertindak sebagai motivasi yang lain untuk menjadi lebih baik. Perangkat yang dapat dikenakan seperti Fitbit dan Strava menyediakan fitur data pencapaian yang dapat dibagikan ini.

4. Pengalaman Klien Gym

Anggota gym tidak hanya ingin berolahraga dalam kelompok dan melihat posisi mereka di papan peringkat, tetapi mereka juga ingin memiliki aktivitas lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhannya. IoT memungkinkan Anda memberikan pengalaman yang ditujukan kepada anggota tertentu. Dengan menghubungkan sistem dengan aplikasi gym dapat memberikan saran latihan yang sesuai untuk pengguna tertentu. Pada aplikasi juga dapat memberikan saran - saran program fitness yang sedang populer. Selain itu, dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan dengan menyediakan video, musik, dan konten lainnya sesuai permintaan dan kebutuhan.

Memanfaatkan sistem IoT di industri kebugaran yang telah Layana.id paparkan diharapkan membuat Anda, sebagai pemilik gym ingin menerapkan hal yang sama. Menerapkan sistem IoT sangat penting bagi Anda, sebagai pemilik gym, untuk mengimbangi teknologi baru. Selain membantu Anda mengembangkan bisnis gym Anda, IoT juga akan memberikan alasan bagi para member untuk terus datang karena adanya pengalaman baru. Setelah mengetahui pentingnya penerapan sistem IoT untuk industri kebugaran dan memutuskan akan membuat sistem yang sama, kini Anda harus bekerjasama dengan vendor IT atau software house yang berkompeten dan memiliki reputasi tinggi. Salah satu software house yang bisa Anda pertimbangkan adalah Layana.ID. Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun internasional, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan sistem IoT  terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

 

Bagikan