Layana LogoDitulis oleh kristal | Diposting tanggal 05 Maret 2024

Pentingnya Membuat Sistem Pemesanan dan Online Tracking pada Bisnis Penyewaan Mobil Anda

BerandaArtikelInfo TeknologiPentingnya Membuat Sistem Pemesanan...
Pentingnya Membuat Sistem Pemesanan dan Online Tracking pada Bisnis Penyewaan Mobil Anda

Bagi pebisnis Penyewaan Mobil, apalagi yang skalanya sudah besar, maka permasalahan terbesarnya adalah efisiensi pemesanan dan pengoptimalan keamanan dari setiap unit mobil yang disewakan. Umumnya, pemesanan Penyewaan dilakukan melalui chat via WhatsApp. Pemesan akan menanyakan ketersediaan unit dan harganya. Proses tersebut tidaklah salah, namun apabila dalam satu hari terdapat puluhan atau bahkan ratusan yang memesan, maka tim CS Penyewaan Mobil itu akan kesalahan. Mereka harus menjawab setiap pertanyaan, setelah itu mencatat setiap pemesan, mendatanya ke spreadsheet, dan melakukan proses transaksi di lokasi pertemuan.

Proses tersebut tentu butuh efisiensi apabila ingin bisnis berkembang lebih pesat lagi. Karena itu, penting bagi Anda para pebisnis Penyewaan Mobil, perlu memiliki sistem pemesanan yang bisa menampilkan ketersediaan unit serta harga sewanya, lantas bisa digunakan untuk check out, sehingga proses transaksi langsung terekam dan masuk ke database untuk diolah secara otomatis.

Dengan sistem ini, Anda sebagai pemilik bisnis Penyewaan Mobil bisa juga menambahkan fitur live tracking di setiap unit. Hal ini berfungsi memastikan keamanan dari setiap unit yang disewa oleh pemesan. Fitur ini sangat krusial mengingat banyaknya kasus kejahatan terkait pencurian Mobil yang disewa oleh oknum pelaku kejahatan.

Potensi dan Tantangan Mengembangkan Sistem Pemesanan dan Live Tracking Mobil

Dengan membuat aplikasi Pemesanan, maka setiap calon penyewa tinggal melakukan pemesanan via aplikasi tersebut. Memilih mobil apa saja yang tersedia, berapa tarif sewanya, berapa lama penjualannya, dan termasuk metode pembayarannya. Hal ini mempercepat proses pemesanan. Dari sisi perusahaan Anda, order yang diterima itu akan langsung diproses menjadi pencatatan transaksi, update ketersediaan mobil, serta pencetakan faktur.

Selain itu, sistem online tracking juga berfungsi untuk mengetahui keberadaan lokasi Mobil berada. Sistem yang dibuat bisa secara real time memantau di mana keberadaan Mobil yang sedang disewa tersebut. Untuk bisa melakukan ini, maka perlu integrasi IOT ke sistem yang dibangun. IOT tersebut bisa berupa pemasangan alat tracking di unit mobil, dan data yang diberikan dari alat tracking itu bisa terupdate otomatis pada sistem dari sisi admin.

Akan tetapi, pembuatan aplikasi seperti ini memiliki tantangannya tersendiri, yakni sulitnya mengedukasi calon penyewa untuk mendownload, mengoperasikan, dan menggunakan aplikasi tersebut. Pasti akan ada yang berpendapat bahwa memesan menggunakan  pesan Whatsapp lebih cepat.

Agar bisa membuat para penyewa menginstal aplikasi, Anda bisa menawarkan berbagai keuntungan. Seperti pemberian diskon apabila melakukan transaksi dengan aplikasi. Atau setiap kali pemesanan dengan aplikasi, maka penyewa akan mendapatkan poin. Apabila poin itu sudah terkumpul dalam jumlah tertentu, maka bisa ditukarkan menjadi voucher diskon atau semacamnya.

Fitur Apa Saja yang Wajib Ada dalam Aplikasi Pemesanan dan Live Tracking?

Setelah mengetahui potensi, manfaat, dan tantangan dari aplikasi ini, maka kini Anda harus menentukan fitur apa saja yang harus ada dalam platform tersebut. Berikut Layana.ID akan memberikan rekomendasi terkait fitur yang harus ada pada sebuah sistem pemesanan.

Fitur dari Segi Penyewa

Aplikasi wajib sangat simple dan tidak membingungkan. Setelah memastikan aplikasinya mudah dioperasikan, maka semua fitur pasti bisa diakses pengguna dengan mudah. Beberapa fitur itu adalah pendaftaran dan login. Sebisa mungkin gunakan form yang tak memiliki banyak kolom isian, karena pengguna akan malas terlebih dahulu. Lebih baik jika sistem pendaftaran bisa terintegrasi dengan akun google, akun meta, atau akun apple. Hal itu demi mempermudah pendaftaran, karena pengguna tak akan nyaman apabila terlalu lama berada di proses pendaftaran.

Setelah melakukan pendaftaran, pengguna bisa melakukan penyesuaian profil mereka, seperti alamat, preferensi pembayaran, serta kontak yang bisa dihubungi. Barulah pengguna bisa mengakses fitur pemesanan. Pada fitur pemesanan inilah ditampilkan semua unit mobil yang bisa disewa. Pengguna bisa melakukan pencarian unit berdasarkan kategori, berdasarkan nama Mobil, atau bahkan berdasarkan renting harga sewa.

Setelah menemukan mobil yang ingin disewa, maka pengguna bisa langsung melakukan check out. Di sini bisa ada dua pilihan. Pengguna memilih check out melalui aplikasi, atau check out di lokasi Penyewaan mobil. Apabila memilih check out di aplikasi, maka pengguna bisa langsung masuk ke fitur pembayaran. Di sinilah aplikasi yang Anda buat harus menyediakan beragam metode pembayaran untuk mempermudah pengguna. Tenang saja, untuk melakukannya, Anda tak perlu membuat rekening di setiap bank maupun digital wallet. Anda cukup menggunakan layanan payment gateway yang sudah tersedia di luar sana.

Saat pengguna melakukan check out, maka dia bisa memilih mengambil Mobil di lokasi atau diantar ke tempatnya. Nah, apabila pengguna memilih check out di lokasi Penyewaan, maka pengguna tinggal datang ke lokasi dan menyelesaikan proses transaksi.

Fitur dari Segi Bisnis Anda

Dari sisi bisnis Anda, maka sistem harus bisa mengupdate ketersediaan unit secara real time. Dengan fitur ini, maka jumlah unit yang ada di garasi akan ditampilkan di aplikasi. Fitur lainnya adalah pencatatan transaksi dan pembuatan faktur. Berdasarkan pemesanan yang dilakukan melalui aplikasi, maka sistem secara otomatis akan mengubah data transaksi tersebut menjadi faktur yang siap cetak.

Selain itu, fitur yang tak kalah penting adalah live tracking unit yang disewa. Melalui dashboard admin, fitur ini bisa digunakan untuk memonitor lokasi dari semua unit. Apabila ada tanda-tanda mencurigakan, maka Anda bisa segera melakukan tindakan yang diperlukan demi keamanan.

Fitur lainnya yang tak kalah penting adalah pembuatan laporan bulanan. Berdasarkan data aktivitas transaksi, maka aplikasi tersebut harus bisa secara otomatis membuat laporan tentang Keuangan, tentang stock, tentang penjualan, dan laporan-laporan lain.

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Pemesanan untuk Bisnis Anda?

Setelah merasa aplikasi ini harus dibuat untuk efisiensi dan keamanan bisnis Anda, kini pertanyaannya adalah bagaimana cara membuatnya? Anda tentu harus bekerjasama dengan vendor IT atau software house. Salah satu yang bisa Anda jadikan pertimbangan adalah kami, Layana.ID. Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun international, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan platform platform pemesanan dan live tracking terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

Bagikan
Cek Estimasi