Layana LogoDitulis oleh kristal | Diposting tanggal 07 Maret 2024

Pentingnya Membuat Aplikasi Untuk Kelancaran Bisnis Di Tahun 2024

BerandaArtikelInfo TeknologiPentingnya Membuat Aplikasi Untuk K...
Pentingnya Membuat Aplikasi Untuk Kelancaran Bisnis Di Tahun 2024

Pasar pengembangan aplikasi seluler mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, sehingga menghadirkan peluang yang menguntungkan bagi para owner startup dan  bisnis dalam lingkup digital yang akan terus berkembang. Ketika kita mengubah arah bisnis menggunakan aplikasi seluler otomatis akan terjadi lonjakan pada pembuatan aplikasi. Hal ini menandakan jika pembuatan aplikasi bisa membuat bisnis Anda berkembang. Pengembangan aplikasi menawarkan manfaat yang menyeluruh bagi pemilik perusahaan dan pengusaha, mulai dari peningkatan keterlibatan pelanggan hingga peningkatan visibilitas merek. Aplikasi khusus yang dibuat dapat membantu bisnis agar tetap bisa bersaing dan tetap mengikuti tren dalam industri digital. Dalam artikel ini, temukan bagaimana berinvestasi dalam aplikasi  yang disesuaikan dengan bisnis Anda dapat menjadi langkah strategis bagi Anda yang ingin memanfaatkan peluang yang ada  di pasar  pada tahun 2024.

 

Manfaat Bisnis Dari Pengembangan Aplikasi Pada Tahun 2024

 

Integrasi aplikasi seluler yang sukses telah menjadi sangat penting, mengubah cara Anda dalam berinteraksi dengan pelanggan dan menjalankan bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat bisnis dari pengembangan aplikasi seluler:

 

1. Meningkatkan Kesadaran  Merek

Pengembangan aplikasi adalah alat yang ampuh untuk menumbuhkan kesadaran merek dan hubungan dengan pelanggan. Interaksi rutin dengan target pelanggan Anda bisa membantu membangun kepercayaan dan kesadaran akan merek bisnis Anda. Aplikasi menyediakan platform khusus di mana pelanggan dapat terlibat dengan merek Anda, mempelajari produk atau layanan Anda, dan tetap mendapatkan informasi terbaru tentang promosi atau penawaran khusus. Kehadiran aplikasi pada merek bisnis Anda akan menciptakan kesan jangka panjang pada pelanggan Anda dan pelanggan dapat memberikan berkontribusi secara signifikan terhadap loyalitas merek.

2. Menghasilkan Pendapatan Tambahan

Pengembangan aplikasi dapat menjadi cara strategis bagi bisnis untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, yang mengarah pada peningkatan permintaan produk atau layanan. Adanya pengalaman aplikasi yang baik dari pengguna dapat secara positif mempengaruhi persepsi pelanggan, mendorong penjualan dan pertumbuhan pendapatan. Selain itu, aplikasi seluler menawarkan peluang untuk pembelian dalam satu aplikasi, langganan, atau penawaran eksklusif, yang memberikan aliran pendapatan tambahan. Bisnis dapat menyesuaikan penawaran dan promosi dengan menganalisis perilaku dan preferensi pelanggan melalui aplikasi, sehingga dapat meningkatkan penjualan.

 

3.  Akses Offline dan Tanpa Gangguan

Keuntungan utama dari aplikasi seluler adalah kemampuannya untuk memberikan fungsi secara offline, dan hal inilah yang membedakannya dari situs web. Meskipun beberapa tugas mungkin masih memerlukan konektivitas internet, konten dan fungsionalitas dasar dapat diakses bahkan tanpa koneksi jaringan. Kemampuan offline ini memastikan akses tanpa gangguan ke fitur-fitur penting, meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengguna. Fitur ini sangat berguna ketika pengguna menghadapi masalah jaringan atau memiliki akses terbatas, hal ini berguna dalam memastikan pengalaman pengguna yang konsisten dan dapat diandalkan.

 

4. Hemat Biaya Pemasaran

Aplikasi memperkenalkan dimensi baru pada strategi pemasaran, menawarkan pendekatan yang baik dan hemat biaya. Penargetan geografis, sebuah teknologi khusus seluler, memungkinkan bisnis untuk secara tepat menargetkan pelanggan berdasarkan lokasi mereka, memberikan pengalaman yang sesuai dengan minat dan preferensi. Dengan pendekatan yang ditargetkan ini, ditambah dengan data yang di dapat, memungkinkan bisnis untuk mengoptimalkan upaya pemasaran dan mengurangi biaya pemasaran secara signifikan.

 

5. Memperkuat Hubungan Pelanggan

Integrasi chatbots dan teknologi lain yang berhubungan dengan pelanggan di dalam aplikasi seluler secara signifikan meningkatkan layanan pelanggan. Chatbots dapat secara efisien menangani pertanyaan yang sering diajukan, memberikan panduan produk, dan menawarkan dukungan, sehingga meningkatkan kepercayaan dan minat beli konsumen.  Dengan  membangun bisnis dan melibatkan kebutuhan yang berpusat pada pelanggan dengan memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Hal ini tidak hanya meningkatkan kepuasan pelanggan tetapi juga memperkuat citra merek secara keseluruhan.  

 

6. Peningkatan Efisiensi dan Pengurangan Biaya

Pengembangan aplikasi  tidak hanya meningkatkan aspek yang berhubungan dengan pelanggan tetapi juga menyederhanakan proses oprasional, yang mengarah pada peningkatan efisiensi dan pengurangan biaya. Tugas-tugas yang secara manual membutuhkan sumber daya manusia yang cukup banya karena dapat diotomatisasi melalui aplikasi seluler. Sebagai contoh, chatbot yang dirancang dengan baik di dalam aplikasi dapat secara efisien menangani pertanyaan layanan pelanggan, sehingga mengurangi beban kerja agen manusia.

 

Bagaimana Pengembangan Aplikasi Dapat Dilakukan Secara Efektif?

Dari memilih vendor IT hingga menerapkan MVP secara strategis, ada beberapa faktor yang berperan dalam memastikan produk berhasil secara keseluruhan dan menarik bagi pelanggan sambil memberikan nilai nyata di pasar digital yang penuh persaingan.

 

1. Memilih Mitra Outsourcing yang Tepat

Saat merambah ke pengembangan aplikasi khusus, bekerja sama dengan vendor IT dapat menjadi hal yang sangat bagus. Untuk memastikan keberhasilan, sangat penting untuk memilih vendor IT dengan hati-hati. Mulailah dengan melakukan perbandingan menyeluruh terhadap vendor IT potensial, mengevaluasi layanan, kemampuan, dan model harga mereka. Carilah mitra dengan rekam jejak dalam membuat aplikasi seluler berkualitas sesuai anggaran dan time line. Testimoni klien dan portofolio dapat memberikan pengetahuan tentang kinerja perusahaan.  Layana.id sebagai vendor IT telah menyelesaikan berbagai aplikasi mulai dari marketplace, transportasi online, manajemen pesawat terbang, aplikasi salon hingga aplikasi kesehatan serta masih banyak aplikasi lainnya yang telah kami buat. Layana.id senantiasa membantu Anda dalam pembuatan aplikasi hingga menyarankan ide bisnis yang sesuai dengan aplikasi yang akan Anda buat.

 

2. Implementasi Strategis MVP (Produk yang Layak Minimum)

Dalam pengembangan aplikasi khusus, membuat Minimum Viable Product (MVP) merupakan langkah penting untuk  menguji pasar dan menentukan fitur inti aplikasi. Tujuan pertama dari MVP adalah untuk memvalidasi kelayakan konsep aplikasi Anda dalam skenario pasar yang sebenarnya. Dengan merilis versi beta, Anda dapat mengumpulkan umpan balik pengguna yang  dan menilai apakah aplikasi Anda benar-benar memenuhi kebutuhan pengguna dan memecahkan masalah yang ada. Validasi awal ini membantu menghindari investasi besar dalam aplikasi lengkap yang mungkin tidak berhubungan dengan target pengguna.

Tujuan kedua dari pengembangan MVP adalah mengidentifikasi dan memprioritaskan fitur-fitur utama yang sesuai dengan proposisi nilai unik aplikasi Anda. Selama tahap ini, sangat penting untuk menahan godaan untuk memasukkan fungsi yang tidak perlu yang dapat mengalihkan perhatian dari tujuan inti aplikasi. Sebaliknya, fokuslah pada fungsi yang memberikan nilai nyata bagi pengguna dan berkontribusi pada pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Bagikan
Cek Estimasi