Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 31 Januari 2024

Pentingnya Aplikasi Online Exercise untuk Pengusaha Fitness Center

BerandaArtikelInfo TeknologiPentingnya Aplikasi Online Exercise...
Pentingnya Aplikasi Online Exercise untuk Pengusaha Fitness Center

Salah satu jenis bisnis yang akan selalu ada sampai kapan pun adalah fitness center. Minat orang-orang untuk berolahraga di fitness center kian meningkat seiring kepedulian terhadap kondisi tubuh juga naik. Meski begitu, banyak orang yang awalnya pasti ragu untuk mengunjungi fitness center karena merasa malu, belum tahu cara berlatihnya, dan juga khawatir menerima judgmental dari orang-orang. Karenanya, platform untuk berlatih mandiri mulai digemari. Orang-orang yang belum berani ke fitness center bisa berlatih di mana saja dengan panduan dari platform tersebut. Setelah merasa cukup percaya diri, barulah mereka berani berlangganan ke fitness center.

Sejauh ini, peran platform Latihan mandiri hanya sebatas itu. Ada beberapa platform yang cukup advance dan menghadirkan mentor yang melatih secara live, akan tetapi platform tersebut biasanya berbayar dan cukup mahal. Bahkan biaya langganannya bisa mendekati harga langganan fitness center. Di sinilah celah bisnisnya muncul. Pihak fitness center, bisa mengembangkan platform untuk latihan pribadi secara online. Bisa berbayar tetapi relatif murah, bisa juga digratiskan. Tujuannya adalah untuk menjaring calon member yang belum berani latihan langsung di fitness center. Bersamaan dengan itu, platform tersebut bisa juga dimanfaatkan untuk memperkuat branding dari fitness center tersebut. Setelah platform tersebut digunakan, maka pasti ada sebagian dari pengguna yang memilih untuk berlangganan di fitness center setelah selesai berlatih secara mandiri. Terkait apa saja fitur dari platform tersebut, kali ini Layana akan memaparkannya untuk Anda.

Fitur Modul Latihan

Karena platform aplikasi yang ingin dibuat adalah menyasar pengguna yang belum mengenai seperti apa latihan tubuh, maka aplikasi yang dibuat haruslah memiliki modul Latihan. Dalam modul tersebut terdapat beberapa jenis latihan yang dipilih. Bisa memilih berdasarkan tujuan latihan, misal untuk menurunkan berat badan, mengecilkan perut, atau yang lainnya. Bisa juga langsung memilih untuk latihan otot-otot tertentu.

Setelah memilih modul, maka pengguna bisa melihat seperti apa pola latihan yang harus dilakukan, kapan saja harus berlatih, sampai ke pola diet seperti apa yang cocok sesuai dengan modul yang dipilih oleh pengguna.

Fitur Materi Videotaping Exercise

Modul Latihan berupa gambar maupun teks akan sangat membosankan. Kalah jauh dengan video senam yang ada di youtube dan ditonton jutaan kali. Karenanya, untuk membuat aplikasi semakin berguna, Materi latihan haruslah berupa video taping dari trainer. Pengguna tinggal memilih video latihan yang sesuai keinginan, kemudian mengikuti arahan dari trainer tersebut. Dengan mengikuti arahan dari video tersebut, pengguna akan lebih bersemangat dan lebih memahami apakah gerakan yang dia lakukan sudah sesuai dengan yang seharusnya atau belum.

Untuk membuat fitur ini, jelas saja pihak Fitness Center harus merekam videonya terlebih dahulu. Bekerjasama dengan trainer professional sangatlah berguna karena bisa sekalian memanfaatkan nama si trainer untuk promosi.

Fitur Live Online Exercise dengan Trainer

Meski hanya digunakan untuk menjaring calon member baru, akan tetapi akan lebih menarik apabila platform yang dibuat juga menyertakan fitur live online exercise dengan trainer. Fitur ini bisa menjadi satu paket dengan aplikasi tersebut, atau bisa juga dijadikan fitur berbayar, sehingga ada pemasukan tambahan selain dari biaya member.

Live Online Exercise dengan Trainer akan membantu pengguna untuk langsung berinteraksi dengan trainer via platform tersebut. Harapannya, latihan dari para pengguna lebih tepat sasaran. Bekerjasama dengan beberapa trainer professional, terlebih yang aktif di media sosial, bisa sangat menjadi nilai jual bagi pengguna.

Fitur Jual Beli Suplemen atau Susu Protein

Meski awalnya hanya dikonsep untuk penjaringan member baru, akan tetapi memaksimalkan aplikasi untuk bisnis lainnya juga sangat memungkinkan. Baik pengguna maupun member tetapi di lokasi fitness bisa memanfaatkan aplikasi untuk membeli suplemen yang dibutuhkan. Bagi mereka yang berlatih untuk membentuk tubuh, penggunaan suplemen maupun susu protein sangatlah dibutuhkan. Mengkonsumsi susu protein membantu latihan menjadi lebih maksimal sehingga proses pembentukan tubuh menjadi lebih optimal. Karena itu, selain berfungsi untuk menjaring calon member baru, aplikasi yang dibuat bisa juga untuk menjual kebutuhan-kebutuhan para member. Dengan demikian, fitness center tersebut bisa memiliki berbagai jenis pemasukan.

Bagaimana Cara Membuat Platform Aplikasi Online Exercise

Setelah mengetahui potensi aplikasi online exercise dan fitur apa saja yang harus ada, pertanyaannya kini adalah bagaimana cara membuatnya. Anda, sebagai pemilik fitness center, tentu saja perlu bekerjasama dengan software house atau vendor IT yang kompeten dan memiliki reputasi baik. Salah satu yang bisa Anda jadikan pertimbangan adalah Layana.ID. Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun internasional, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan aplikasi online exercise terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

Bagikan