Layana LogoDitulis oleh jihan alya | Diposting tanggal 09 Oktober 2023

Pengertian dan Tipe - Tipe dari Struktur Data 

BerandaArtikelInfo TeknologiPengertian dan Tipe - Tipe dari Str...
Pengertian dan Tipe - Tipe dari Struktur Data 

Layana.id - Struktur data adalah cara untuk menyimpan dan mengelola sebuah sistem yang ada pada database atau komputer yang nantinya data tersebut akan lebih mudah untuk diakses. Jika dilihat secara teknis, dalam struktur data untuk data tersebut dapat berbentuk huruf, simbol, dan angka. 

Ketika Anda menyusun sebuah data, maka dalam penyusunan data tersebut terdapat beberapa istilah yang harus Anda pahami, yaitu Indeks dan Node. Lalu, apa apa itu indeks dan node ? berikut penjelasannya : 

1. Indeks merupakan sebuah objek yang berada pada sistem database yang dapat mempercepat dalam proses pencarian data. 

2. Node merupakan sebuah elemen yang ada di dalam struktur data. Pada setiap node itu berisikan pointer yang ditujukan ke node berikutnya. 

Struktur data mempunyai format khusus, yang mana format ini mempunyai fungsi untuk mengatur data, memproses data, mengambil data, dan menyimpan data. Oleh sebab itu, struktur data menjadi hal yang wajib dipelajari oleh setiap programmer. Dalam struktur data ini, para pengguna dapat mengakses data yang diperlukan dengan tepat dan juga cepat. 

Struktur data ini merupakan suatu hal yang harus dipelajari, hal ini dikarenakan struktur data bisa membantu Anda dalam hal menyatukan berbagai macam elemen data secara lebih efektif. Selain itu, struktur data dapat mempengaruhi ketepatan pada algoritma pemrograman yang digunakan. 

Lalu, Apa Saja Tipe - Tipe Struktur Data ?

Ada beberapa macam tipe struktur data dan setiap tipe tersebut mempunyai keunggulannya masing - masing. Setiap tipe struktur data tersebut mempunyai fungsi untuk menyimpan sebuah data di dalam komputer yang Anda pakai. Oleh sebab itu, pentingnya kita mengerti berbagai macam tipe struktur data, agar dapat membedakan antara satu dengan lainnya. 

Kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai beberapa tipe struktur data : 

1. Array 

Tipe struktur data yang pertama ada Array. Array merupakan tipe struktur data yang memiliki kumpulan beberapa elemen yang mempunyai jarak antar elemennya saling berdekatan. Array ini dapat membantu seorang programmer dalam mencari sebuah data dengan cara yang acak hanya dengan menggunakan indeksnya saja. 

2. Queue 

Tipe struktur data yang satu ini merupakan tipe struktur data yang berbentuk linear, yang mana struktur datanya itu mengikuti urutan tertentu yang sudah ditetapkan. Urutan tipe struktur data Queue yaitu FIFO atau First In First Out. Jadi, dalam Queue ini data yang masuk pertama kali merupakan data yang pertama kali diambil. 

3. Stack 

Tipe struktur data berikutnya adalah Stack. Struktur data Stack menggunakan tipe struktur liner dan juga selalu mengikuti urutan tertentu. Tipe struktur data yang satu ini menggunakan urutan LIFO ( Last In First Out ) atau FILO ( First In Last Out ). Baik LIFO maupun FILO keduanya memiliki arti yang sama, yaitu data yang pertama kali masuk nantinya akan menjadi data yang keluar pertama kali. 

Nah, itu dia pengertian mengenai struktur data serta beberapa tipe dari struktur data. Struktur data merupakan materi yang penting dipelajari bagi seorang programmer. Selain itu, struktur data memiliki peran penting untuk pembuatan aplikasi maupun website. Oleh sebab itu, pentingnya para programmer mempelajari lebih dalam mengenai struktur data. 

Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya, jangan lupa untuk membaca artikel yang ada di layana.id. Terimakasih, jangan lupa untuk mengunjungi akun media sosial layana.id. 

Bagikan
Cek Estimasi