Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 21 Desember 2023

Pengembangan Aplikasi Marketplace Beauty Care Menghubungkan Pengguna dengan Layanan Klinik Kecantikan

BerandaArtikelBisnisPengembangan Aplikasi Marketplace B...
Pengembangan Aplikasi Marketplace Beauty Care Menghubungkan Pengguna dengan Layanan Klinik Kecantikan

Industri klinik kecantikan memiliki potensi yang sangat besar, terlebih semakin banyak yang peduli terhadap penampilan. Hal ini membuat minat terhadap layanan kecantikan semakin meningkat. Merespon minat yang tinggi ini, banyak klinik kecantikan yang mendigitalisasi bisnis. Langkah ini sangat tepat dilakukan, namun dari sisi pengguna memicu keresahan. Seperti banyaknya aplikasi klinik yang harus diinstal apabila ingin menggunakan layanan dari klinik lain. Atau justru menyebabkan pengguna malas menginstal sebuah aplikasi klinik karena relatif rumit. Karena itu, penting menggabungkan semua aplikasi klinik kecantikan dalam sebuah platform yaitu aplikasi Marketplace Klinik Kecantikan. Lantas bagaimana proses pembuatan aplikasi marketplace? Kali ini Layana.id akan menjabarkan secara mendetail setiap prosesnya. 

Mengatasi Tantangan Pelanggan:

1. Kemudahan Pemesanan Online

Adanya aplikasi marketplace klinik kecantikan memudahkan penggunanya untuk melakukan pemesanan layanan dimana saja dan kapan saja. Dengan begitu pengguna tidak perlu datang dan menunggu di klinik. Sistem pemesanan online juga bisa mengantisipasi terjadinya jadwal yang bersinggungan dengan pengguna lain. 

2. Katalog Produk Lengkap

Tak perlu lagi kesulitan mencari produk yang tersedia di suatu klinik kecantikan. Pada sistem ini katalog produk akan selalu di update menyesuaikan ketersediaannya. Hal ini memudahkan pengguna dalam pemilihan produk atau layanan yang akan dipesan. 

3. Fitur Pencarian yang Efisien

Pengguna dapat dengan cepat mencari produk dan layanan yang ingin dipesan. Selain itu setiap produk dan layanan akan memiliki deskripsi yang menjelaskan  detail layanan. Sehingga pengguna bisa mengetahui gambaran produk dan layanan yang tersedia di klinik tersebut.

4. Ulasan dan Rating

Adanya fitur rating baik untuk layanan perawatan, produk dan juga terapis, dapat menambahkan rasa percaya pengguna untuk memesannya. Tentunya ini dapat meningkatkan penjualan jika banyak pengguna yang memberikan ulasan dan rating yang baik. Fitur ini dapat menjadi bahan evaluasi  bagi penyedia layanan untuk memperbaiki layanan yang memiliki rating dan ulasan rendah. 

Peningkatan Pengalaman Pelanggan:

1. Sistem Reward dan Diskon

Salah satu alasan mengapa aplikasi marketplace banyak diminati pengguna adalah karena banyaknya diskon dan reward yang ditawarkan. Pengguna akan lebih sering memesan layanan di marketplace itu karena dapat banyak potongan. Bagi pengguna, selisih nominal sedikit saja, akan mempengaruhi layanan mana yang akan dipilih. Karena itu, dengan menyediakan sistem reward dan diskon, maka pelanggan akan lebih loyal dan terus menggunakan layanan tersebut.

2. Notifikasi Personalisasi

Pengguna akan lebih loyal terhadap sebuah layanan apabila mendapatkan perhatian lebih. Contoh perhatian yang diberikan oleh sebuah layanan ke penggunanya adalah memberi ucapan selamat ulang tahun. Memberi ucapan selamat hari raya. Atau bahkan memberi ucapan selamat sudah gajian secara rutin. Data dari pelanggan bisa dimanfaatkan untuk memberikan notifikasi personal, sehingga harapannya, pengguna akan memiliki kedekatan emosional dan menjadi semakin loyal.

3. Konsultasi Online

Selain diskon dan personalisasi, pengguna juga akan lebih memiliki kedekatan dengan brand marketplace apabila menyediakan layanan konsultasi online. Beberapa pengguna cenderung memilih berkonsultasi terlebih dahulu sebelum memilih layanan kecantikan. Setelah melakukan konsultasi dan mendapat arahan untuk memilih layanan apa saja yang dibutuhkan, maka pengguna bisa segera memilih layanan tersebut.

4. Layanan Home Visit Terapis

Dikarenakan ada banyak sekali layanan kecantikan digital, sehingga persaingan semakin ketat, maka menambahkan layanan home visit bisa menjadi pembeda. Dengan layanan home visit terapis, pengguna tidak perlu repot pergi ke klinik untuk mendapatkan jasa terapis. Cukup mengakses marketplace, memilih klinik yang tersedia, lantas memilih layanan home visit terapis. Menambahkan layanan ini adalah solusi atas permasalahan pengguna yang tinggal di kawasan sibuk sehingga jalanan macet. Atau pengguna yang tidak memiliki banyak waktu sehingga butuh jasa terapis untuk datang ke tempat tinggal.

Manfaat untuk Bisnis Kecantikan:

1. Manajemen Jadwal

Adanya aplikasi ini memudahkan pihak klinik dalam memonitor jadwal booking pelanggan dan jadwal kerja terapis. Hal ini mengantisipasi terjadinya konflik dalam jadwal pelayanan sehingga tidak ada pelanggan yang bersinggungan jadwalnya. Dengan adanya manajemen jadwal pada marketplace maka, lebih mudah untuk mengatur pergantian jam kerja antar terapis. 

2. Peningkatan Penjualan Produk & Paket Layanan

Memanfaatkan marketplace, pihak klinik kecantikan bisa sekaligus mempromosikan layanan mereka. Bergabung dengan marketplace yang spesifik untuk layanan tertentu berpotensi mendatangkan pengguna yang memang sudah siap untuk membeli layanan tersebut. Artinya, pihak klinik bisa memaksimalkan produk kecantikan maupun servis yang ditawarkan. Peningkatan produk penjualan produk dan paket layanan bisa semakin maksimal apabila marketplace tersebut juga menyediakan fitur iklan, sehingga produk dan jasa sebuah klinik bisa muncul di pencarian paling atas.

3. Analisis Data yang mendetail

Bagi pebisnis klinik kecantikan, bergabung dengan marketplace jenis ini bisa memberikan manfaat besar dalam hal analisis data yang mendetail. Pihak klinik bisa melihat seperti apa data pengguna yang bertransaksi pada layanannya. Catatan penjualan dan laporan keuangan juga sudah lengkap dan disediakan dengan sempurna oleh pihak marketplace. Berbagai analisis terkait minat pengguna atau produk serta layanan yang sedang populer juga bisa diperoleh. Dengan analisis itu, maka pihak klinik bisa menyediakan produk atau layanan serupa, demi mendapatkan pembeli yang lebih banyak lagi.

Begitulah kurang lebih pembahasan terkait potensi marketplace klinik kecantikan, baik dari sisi pelanggan maupun sisi pemilik klinik. Karena itu, Apabila Anda tertarik ingin membuat marketplace klinik kecantikan, bisa mulai mempertimbangkan hal-hal yang sudah dibahas di sini sebagai evaluasi. Apabila semua konsepnya sudah tertata, Anda bisa menghubungi Layana.id untuk proses pengembangan aplikasi marketplace klinik kecantikan tersebut.

Bagikan