Layana LogoDitulis oleh Atya | Diposting tanggal 02 Maret 2024

Penerapan IoT untuk Manajemen Pilot dan Staf Bandara

BerandaArtikelInfo TeknologiPenerapan IoT untuk Manajemen Pilot...
Penerapan IoT untuk Manajemen Pilot dan Staf Bandara

Pengelolaan bandara mungkin mengalami kesulitan dalam mengkoordinasikan jadwal pilot dan staf bandara, ini menyebabkan ketidak seimbangan alokasi tenaga kerja dan memungkinkan risiko seperti kelelahan atau kelebihan beban kerja. Visibilitas bandara terhadap kinerja pilot dan staf karyawan seperti kehadiran, produktivitas dan kesejahteraan juga perlu ditingkatkan, agar cepat menanggapi pertukaran informasi penting atau koordinasi tugas di lapangan.

Untuk mengatasi kendala tersebut, pengaplikasian teknologi canggih seperti IoT bisa menjadi solusi sekaligus memberikan manfaat dalam efisiensi manajemen pilot dan staf bandara. Sistem IoT dapat membantu dalam mengoptimalkan jadwal pilot dan staff bandara dengan mempertimbangkan faktor-faktor eksternal seperti kondisi equipment atau cuaca yang memadai pengoperasian penerbangan. Aplikasi seluler dan perangkat wearable yang diintegrasikan dengan IoT memungkinkan pilot dan karyawan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan lebih efektif, baik di lapangan maupun di dalam terminal. Ini membantu dalam koordinasi tugas dan pertukaran informasi yang cepat. Hal ini dapat mencakup efisiensi, dan produktivitas operasional pilot dan staf bandara, serta meningkatkan pengalaman kerja bagi pilot dan staff bandara.

 

Implementasi IoT untuk Manajemen Pilot dan Staf Bandara

Pemantauan Kehadiran dan Lokasi

Penggunaan sensor IoT untuk  kehadiran dan lokasi pilot dan karyawan di area-bandara, baik di dalam terminal maupun di lapangan terbang. 

Sistem Komunikasi Terpadu

Integrasi berbagai saluran komunikasi, seperti panggilan suara, pesan teks, dan video conference, ke dalam satu platform terpadu yang terhubung dengan IoT. Hal ini memungkinkan pilot dan karyawan untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan lebih efektif, baik di lapangan maupun di dalam terminal. Ini memungkinkan pengelola bandara untuk mengelola tenaga kerja dengan lebih efisien dan memberikan respons cepat dalam situasi darurat.

Penggunaan Biometrik untuk Keamanan

Implementasi teknologi biometrik yang terhubung dengan IoT, seperti pemindaian sidik jari atau pengenalan wajah, untuk memberikan akses aman ke area terlarang dan mengautentikasi identitas pilot dan karyawan. Ini membantu dalam meningkatkan keamanan bandara dan mencegah akses tidak sah.

Manajemen Jadwal 

Sistem manajemen jadwal yang terhubung dengan IoT yang memperhitungkan faktor-faktor seperti keahlian, preferensi, dan tingkat kelelahan pilot dan karyawan. Sistem ini dapat menghasilkan jadwal yang fleksibel dan adaptif untuk memenuhi kebutuhan operasional bandara dan mencegah kelelahan yang berlebihan.

Sistem Manajemen Maintenance Peralatan

Berdasarkan data yang dikumpulkan, sistem dapat merencanakan jadwal perawatan rutin yang optimal untuk equipment penerbangan. Data juga dianalisis secara terus-menerus, agar sistem dapat mengidentifikasi area di mana peralatan dapat ditingkatkan efisiensinya, baik dari segi konsumsi energi maupun kinerja operasional.

Dengan mengimplementasikan solusi IoT seperti ini, bandara dapat meningkatkan keselamatan, efisiensi, dan produktivitas operasional mereka, serta meningkatkan pengalaman kerja bagi pilot dan karyawan.

 

Bagaimana Membuat Sistem IoT untuk Layanan Penumpang di Bandara

Setelah mengetahui pentingnya sistem ini, maka sudah waktunya perusahaan Anda mengembangkan Sistem IoT di Bandara. Untuk membuat sistem tersebut, Anda perlu bekerjasama dengan vendor IT yang kompeten, salah satunya adalah Layana.ID. Kami, Layana.ID adalah software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu bisnis baik skala kecil maupun besar melakukan digitalisasi. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan Sistem IoT untuk Bandara terlebih dahulu? segera hubungi kami.



Bagikan
Cek Estimasi