Layana LogoDitulis oleh kristal | Diposting tanggal 02 Februari 2024

Panduan Merancang Aplikasi Marketplace Khusus Diskon bagi Calon Founder Startup

BerandaArtikelInfo TeknologiPanduan Merancang Aplikasi Marketpl...
Panduan Merancang Aplikasi Marketplace Khusus Diskon bagi Calon Founder Startup

Startup terkait marketplace tidak akan pernah mati. Pihak startup tidak perlu memiliki produk, cukup menyediakan lapak untuk para pengguna melakukan transaksi jual beli. Model bisnis yang simple dan ada banyak startup sejenis yang bisa dijadikan contoh membuat minat akan startup jenis satu ini selalu tinggi. Permasalahannya, apabila startup marketplace yang dibuat sama saja seperti yang sudah ada, untuk apa pelanggan harus menggunakan platform tersebut? Karena itu bagi Anda yang sedang menggagas startup marketplace, perlu dipikirkan terkait pembeda dari marketplace sejenis. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah mengembangkan marketplace khusus untuk jual beli voucher diskon.

Transaksi jual beli voucher diskon sudah terjadi di media sosial sejak dulu. Umumnya berlangsung di platform Instagram. Sebuah akun yang spesifik mempromosikan diskon akan mendapat perhatian banyak orang. Awalnya akun tersebut hanya melakukan share secara cuma-cuma dari postingan akun resmi yang memberi diskon tersebut. Saat ekosistem akun diskon itu naiik, lama kelamaan mereka yang ingin informasi diskonnya dibagikan, harus membayar sejumlah uang kepada akun diskon tersebut. Bisnis terkait info diskon sudah berkembang sejauh itu. Permintaan dan persediaannya ada. Kini, tinggal optimalkan ekosistem tersebut ke sebuah platform marketplace agar lebih teregulasi dengan baik. Karena itu, membangun startup marketplace voucher diskon sangatlah potensial. Berikut Layana akan membahas apa saja yang harus ada pada marketplace diskon tersebut.

Media Sosial Melainkan Peran Penting

Seperti yang sudah dibahas di awal, media sosial, terutama Instagram dan TikTok melainkan peran krusial pada ekosistem ini. Karena itu, sebelum terburu-buru mengembangkan aplikasi marketplacenya, yang lebih penting adalah membangun ekosistemnya dulu. Membuat dan mengembangkan akun media sosial sebagai platform informasi diskon harus dilakukan di awal. Setelah akun tersebut membesar, keuntungan juga sudah didapat dari brand-brand yang ingin membagikan info diskon, dan para pengguna media sosial juga sudah banyak terbantu dari postingan terkait diskon, maka itu adalah waktu yang tepat untuk meluncurkan platform marketplace diskon.

Bisa saja membangun marketplacenya terlebih dahulu baru mengembangkan media sosialnya. Akan ada alasan kenapa lebih baik membangun ekosistem terlebih dahulu sebelum meluncurkan platform marketplace. Hal itu adalah untuk meminimalisir risiko kegagalan. Apabila ekosistemnya sudah terbentuk di media sosial, maka lebih mudah memindahkan aktivitas tersebut ke platform marketplace, daripada belum membangun ekosistem sama sekali.

Setelah media sosial berhasil menciptakan ekosistem dan marketplace juga berjalan, bukan berarti media sosialnya berhenti beroperasi. Media sosial hanya berlaku sebagai pemberi informasi, sedangkan untuk pembelian voucher diskon bisa berlangsung di marketplace. Sebelum ada marketplace, lantas transaksi pembelian voucher di mana? Tidak ada transaksi sama sekali. Media sosial hanya menjadi penyalur informasi dari brand pemberi diskon dan calon pelanggan. Untuk mendapatkan voucher diskon, calon pelanggan bisa menghubungi brand secara langsung. Nah, di sangatlah marketplace hadir untuk mengakomodasi transaksi tersebut.

Tentukan Marketplace Tersebut Mengakomodir Diskon F&B, Hotel, Travel, Atau Apa?

Semakin spesifik biasanya semakin mudah menjangkau audience yang ingin ditarget. Semakin melebar, artinya semakin sulit mendapatkan target audience, karena memang tidak tertarget. Akan tetapi semakin spesifik, artinya semakin sedikit juga target pasarnya, dan semakin melebar, semakin besar juga potensi target pasarnya. Itu adalah paradoks yang susah diurai. Akan tetapi apabila baru memulai, ada baiknya untuk memilih target yang spesifik.

Diskon khusus coffee shop misalnya. Diskon khusus resto western food misalnya. Diskon khusus kamar hotel. Atau diskon khusus tempat pijat. Bisa apa saja. Selain mempermudah menjangkau target pasar, dengan memilih spesifik, akan mempermudah juga bagi Anda bekerjasama dengan pihak pemberi diskon, karena sudah terpetakan ranah diskonnya itu tentang apa.

Barulah setelah ekosistemnya terbentuk, baik di media sosial maupun di marketplace, pelan-pelan bisa melakukan perluasan untuk menjangkau target yang lebih luas. Hal ini akan lebih mudah dan cenderung aman dilakukan, dibandingkan apabila menjangkau lebih banyak target sejak awal.

Tentukan Fitur-fitur Marketplacenya dan Model Bisnisnya Seperti Apa

Setelah dua poin di atas dilakukan, maka barulah memikirkan teknis fitur marketplacenya seperti apa. Karena ini marketplace, maka tentu saja harus ada fitur registrasi user, registrasi brand yang menjual voucher diskon, fitur transaksi jual beli, fitur pembayaran, dan yang tak kalah penting adalah fitur pengiriman.

Di marketplace inilah pihak Startup akan mendapat keuntungan dari transaction fee, yakni potongan sekian persen dari setiap aktivitas jual beli. Bisa juga menambah model bisnis lain seperti penyediaan iklan bagi brand yang ingin promonya muncul di baris teratas pencarian, atau bekerjasama dengan beberapa brand untuk langsung menjualkan voucher diskon mereka, dengan membeli voucher diskon terlebih dahulu dengan harga lebih murah dan menjualnya dengan harga normal, dan masih banyak model bisnis lain yang bisa dikembangkan.

Tentukan Vendor IT atau Software Housenya

Bagian pamungkasnya adalah, tentukan vendor IT alias software house mana yang harus mengembangkan aplikasi tersebut. Jauh lebih mudah bekerjasama dengan vendor IT yang sudah berpengalaman daripada merekrut Tim IT sendiri. Hal ini dikarenakan vendor IT pasti sudah kerap membangun sistem sejenis sehingga potensi keberhasilannya sangat besar. Karenanya, Anda perlu bekerjasama dengan vendor IT atau software house yang berkualitas, kompeten, dan punya reputasi tinggi. Salah satu yang bisa dijadikan bahan pertimbangan Anda adalah Layana.ID.

Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun international, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan aplikasi marketplace diskon terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

Bagikan
Cek Estimasi