Banyak perusahaan yang melakukan pencatatan laporan sales, tetapi kenapa masih kerap ditemui perusahaan yang kesulitan mengolah data itu? Kami merasa masalah yang terjadi ada pada sistem yang digunakan.
Untuk melakukan pengoptimalan penjualan pada bisnis apa pun, maka perusahaan perlu memiliki sebuah Aplikasi yang fokus untuk pencatatan Laporan sales. Fungsinya adalah untuk mengumpulkan, menganalisis, dan memantau data penjualan secara real time dan akurat. Dengan demikian, maka pihak perusahaan bisa melakukan pengambilan keputusan terkait hal-hal yang dibutuhkan.
Keunggulan Menerapkan Aplikasi Pencatatan Laporan Sales
Menggunakan aplikasi ini, perusahaan bisa dengan mudah mengelola proses penjualan mulai dari pengelolaan data pelanggan, pelacakan transaksi penjualan, serta membuat berbagai laporan otomatis sesuai kebutuhan.
Selain itu, aplikasi ini juga mampu mengidentifikasi tren penjualan, perilaku konsumen, peluang pasar, serta bisa digunakan untuk menentukan strategi penjualan yang paling sesuai dengan data-data yang dikumpulkan. Penggunaan aplikasi ini juga mampu membuat pekerjaan-pekerjaan manual berubah menjadi otomatis sehingga meningkatkan efisiensi kerja, mengurangi human error, serta mempermudah komunikasi antar divisi.
Beberapa Fitur yang Wajib Ada Pada Aplikasi Pencatatan Laporan Sales
Setelah memahami keuntungan penerapan aplikasi ini pada perusahaan Anda, kini waktunya untuk membedah fitur apa saja yang wajib dimiliki. Beberapa fitur wajib itu antara lain adalah Customer Segment Analysis, Custom Printout in Quotation, Customer Portal, Up selling Recommendation, Sales Forecast, Commission Tracking Management, Sales Loyalty Management, dan Multi Discount Method. Mari kita bahas satu per satu kegunaan setiap fitur tersebut.
Fitur Customer Segment Analysis berfungsi untuk menganalisis segmentasi pelanggan berdasarkan riwayat transaksi pelanggan sebelumnya. Dengan fitur ini, semua pelanggan yang sudah didata bisa dikelompokkan ke berbagai segmentasi, sehingga pihak perusahaan bisa melakukan penawaran berdasarkan segmentasi pelanggan tersebut dan lebih akurat.
Fitur Custom Print Out in Quotation berfungsi untuk melakukan kustomisasi format cetak pada penawaran harga. Dengan demikian, maka pihak perusahaan bisa lebih leluasa menyesuaikan format cetak berdasarkan kebutuhan.
Fitur Customer Portal berfungsi sebagai wadah para pelanggan untuk mengakses berbagai informasi dan transaksi. Fitur ini juga sekaligus berfungsi sebagai tempat khusus di mana pelanggan dapat menjalin hubungan dengan perusahaan Anda.
Fitur Up Selling Recommendation berfungsi untuk memberikan saran kepada pelanggan terkait barang-barang sesuai preferensi mereka. Harapannya, pelanggan akan merasa bahwa barang tersebut memang layak untuk dibeli, sehingga mereka melakukan perbelanjaan lebih. Data preferensi ini bisa diambil dari riwayat pembelian, riwayat pencarian, atau perilaku pelanggan sebelumnya.
Fitur Sales Forecast berfungsi untuk melakukan prediksi penjualan dalam kurun waktu tertentu. Prediksi tersebut didapat dari data historis perusahaan yang diolah dengan maksimal. Selain itu, fitur ini juga berperan sebagai pembanding antara prediksi dan hasil nyata di lapangan. Apabila terjadi ketidaksesuaian prediksi, maka pihak perusahaan bisa melakukan evaluasi mengenai hal ini.
Fitur Commission Tracking Management berfungsi untuk melakukan perhitungan komisi yang diberikan atas penjualan. Penting untuk mencatat dengan baik setiap komisi yang didapat, lantas dikelola dan didistribusikan ke setiap sales secara berkala.
Fitur Sales Loyalty Management berfungsi seperti CRM di perusahaan Anda. Dengan fitur ini, Anda bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan sehingga meminimalisir kehilangan pelanggan tetap.
Fitur Multi Discount Methods berfungsi menyediakan berbagai metode diskon. Hal ini berguna untuk menentukan diskon yang tepat ke segmentasi pelanggan yang tepat.
Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Pencatatan Laporan Sales?
Setelah mengetahui keuntungan menggunakan aplikasi pencatatan laporan sales, serta fitur-fitur apa saja yang wajib ada, kini pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara membuatnya. Untuk mengembangkan sistem ini sendiri, tentu saja Anda harus bekerjasama dengan vendor IT atau software house yang terpercaya dan kompeten. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah kami, Layana.ID.
Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun international, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan aplikasi pencatatan Laporan sales terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.