Perkembangan internet yang semakin canggih dan meluas ke berbagai pelosok negeri membuat orang-orang bisa mendapatkan apa saja. Tidak terkecuali, keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Ada banyak pengusaha yang sukses menggabungkan bisnis offline & online demi memaksimalkan profit. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menggunakan website. Berdasarkan fungsi, website sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Diantaranya adalah toko online atau ecommerce, website perusahaan, dan masih banyak lainnya. Dengan memanfaatkan website, tentunya kita bisa lebih dikenal secara profesional. Orang-orang yang membutuhkan jasa atau produk kita tidak perlu lagi bertanya lewat telepon atau chat. Tetapi bisa langsung melihatnya di website dan memilih sesuai keinginan. Akan tetapi yang sedikit menjadi masalah adalah ada lebih banyak orang kurang bisa membuat website sendiri. Orang-orang ini tahunya bahwa website dibuat dengan memasukkan kode-kode yang rumit. Padahal kenyataannya, membuat website sudah semakin mudah tanpa membuat kode dan memasangkan satu per satu. Sudah banyak aplikasi website builder yang membantu dalam pembuatan website supaya lebih mudah dan cepat.

9 Aplikasi Web Bebas Coding Terbaik yang Banyak Digunakan

Mungkin anda masih menerka-nerka apa itu aplikasi website bebas coding? Biasanya aplikasi ini disebut dengan aplikasi website builder. Secara garis besar web builder merupakan alat yang dipakai untuk membangun dan mengembangkan website. Karena namanya builder, maka anda tidak membutuhkan kemampuan khusus di bidang coding. Karena tidak berhubungan dengan coding, maka orang awam sekalipun bisa membuat website sendiri. Tetapi memanfaatkan web builder pun juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tetap dibutuhkan pengalaman serta ketrampilan supaya bisa mengoptimalkan web builder. Untuk aplikasi web bebas coding ini sendiri pun juga masih dibagi menjadi dua, yakni gratis dan berbayar. Bedanya terletak pada fitur yang dibawakan oleh web builder gratis dan berbayar.

Berikut ini beberapa aplikasi web bebas coding yang bisa anda pilih ketika ingin membuat website. Simak juga penjelasannya dibawah ini:

1. Wix

Website builder satu ini memberikan penawaran pembuatan serta pengembangan bisnis yang kreatif, bebas dan lebih fleksibel. Terdapat banyak dukungan opsi pengeditan web, sehingga bisa membuat website yang sesuai keinginan dan kebutuhan tentunya. Dioperasikan pertama kali pada tahun 2006, Wix sudah memiliki lebih dari 60 juta pengguna di seluruh dunia. Keunggulan lainnya adalah bisa diakses lewat komputer/laptop dan perangkat mobile. Untuk Wix ini menyediakan edisi berbayar dan gratis. Wix premium menawarkan 2 kategori perencanaan, yakni ecommerce dan umum. Dimana masing-masing kategori menyediakan paket premium yang berbeda pula.

2. Weebly

Sedang membutuhkan website namun malas untuk mengotak-atik? Malas juga untuk berkreasi dan belum menemukan program paling tepat? Jika iya, maka Weebly menjadi pilihan paling tepat untuk anda. Karena Weebly ini merupakan salah satu simple website builder terbaik. Dimana aplikasi web bebas coding ini diperuntukkan bagi anda yang kurang paham mengenai mengembangkan website. Tampilan sampai fitur yang ditawarkan Weebly memang sederhana, namun berfungsi 100%. Untuk Weebly ini pun tersedia versi gratis dan premium dengan harga terjangkau.

3. WordPress

Bisa dikatakan jika web builder satu ini yang paling banyak diminati dan dipilih. Sebelum banyak website builder hadir, WordPress banyak digunakan oleh pemilik usaha dan bisnis. WordPress sendiri juga hadir dalam dua versi, yakni gratis dan berbayar. Sejak diluncurkan pada tahun 2010, WordPress terus mengalami perubahan dan maintenance lebih baik sampai sekarang. Fitur-fitur yang ditanamkan pada WordPress pun semakin modern karena mengikut perkembangan zaman.

4. Snappages

Merupakan aplikasi web bebas coding online berbasis di Austin, Texas, Amerika Serikat. Website builder ini dibuat sederhana, mudah digunakan dan tetap powerful dari segi desain maupun performa. Untuk website builder ini pun tersedia dalam versi gratis. Namun jangan meremehkan layanan gratis ini, karena para penggunanya tetap dimanjakan dengan segudang fitur pembuatan website gratis. Diantaranya adalah desain yang modern, social plugin, integrasi SEO, dan masih banyak lainnya.

5. Shopify

Untuk website toko online atau ecommerce, Shopify bisa dikatakan best website builder. Sesuai namanya, pemilik website ini akan mendapatkan fitur yang dipakai untuk membuat website toko online. Interface yang dimiliki oleh Shopify ini pun mudah dikuasai, cukup sederhana dan intuitif. Fitur utama yang dimiliki oleh Shopify ini adalah app store. App store menjadi pembeda antara Shopfy dengan web builder spesialis ecommerce lain. Shopify pun menyediakan edisi trial gratis dan premium.

6. Squarespace

Jika anda menginginkan tampilan website yang elegan, maka Squarespace menjadi pilihan untuk anda. Template dan theme yang dimiliki oleh Squarespace memang tidak ada tandingannya. Karena Squarespace memberikan UI intuitif, desain dan fitur yang mengesankan. Sayangnya, Squarespace tidak menyediakan edisi gratis. Meskipun dinilai mahal, sebenarnya Squarespace tidak menawarkan fitur yang tidak berguna. Yang artinya, meskipun dinilai mahal. Squarespace tetap menawarkan fitur berguna dan memang menyesuaikan kebutuhan pemakainya.

7. Webnode

Adalah aplikasi pembuat website yang menyediakan tiga pilihan. Yakni personal, bisnis, dan toko online. Berdiri pada tahun 2008, pengguna Webnode sudah lebih dari 18 juta di seluruh dunia. Jumlah pengguna webnode yang banyak ini memang tidak bisa dipisahkan dari fakta bahwa aplikasi ini terbilang praktis dipakai. Terlebih lagi, di masing-masing kategori dilengkapi dengan template yang berbeda. Sehingga anda sebagai pengguna bisa memilih mana yang sesuai dengan keinginan.

8. Webs

Berdiri tahun 2001, Webs memiliki tujuan untuk membantu supaya banyak orang bisa merambah dunia online tanpa harus memiliki kemampuan IT. Juga tanpa harus menggunakan biaya cukup besar untuk membuat website. Meskipun memiliki tampilan sederhana, tetapi bisa diandalkan siapa saja. Tidak hanya pelaku usaha kecil & menengah saja yang bisa menggunakan aplikasi website ini. Tetapi juga cocok dipakai membuat website personal dan perusahaan non-profit. Webs juga menyediakan banyak fitur tambahan lain. Diantaranya SEO Booster, mobile website, integrasi ke media social, dan fitur pembuatan toko online. Selain itu Webs juga menyediakan fitur untuk melacak traffic yang masuk ke website. Yang mana dikenal dengan Advanced Web Analytics.

9. Zyro

Aplikasi web bebas coding ini asalnya dari proyek gabungan, antara Profis Group dan Hostinger Group. Hostinger Group sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di berbagai bidang. Diantaranya adalah Hostinger, BoxBilling, Hosting24, YouHosting, dan VPS.me. Kabarnya, pengguna Hostinger Group sendiri sudah memiliki sekitar 10 juta pengguna dari berbagai dunia. Apalagi sudah terintegrasi ke dalam 20 bahasa. Sehingga pengguna Zyro menjadi semakin mudah dalam membuat website.

Nah itulah beberapa aplikasi web bebas coding yang bisa digunakan untuk membuat website. Semoga bisa membantu anda yang sedikit kebingungan harus membuat website tetapi tidak bisa coding. Anda tinggal memilih aplikasi pembuatan website mana yang sesuai kebutuhan dan anggaran.

Tags :

Related Articles

Tahukah kalian, apa itu Android?

Android merupakan sistem operasi yang berbasis Linux dan dirancang untuk perangkat seluler layar sen...

Tips Aman Internetan dengan Wi-Fi Publik

KOMPAS.com - Banyak tempat publik seperti kafe dan restoran kini menyediakan fasilitas Wi-Fi hot...

Jasa Pembuatan Aplikasi Android untuk Retail - Ecommerce Apps

LayanaID dapat membantu bisnis anda untuk mengembangkan aplikasi android dan ios dengan fitur pemesa...