Mumet Karena Kompetitor Banting Harga? Begini Cara Lepas Dari Situasi Berbahaya Itu

Dalam menjalankan bisnis, banyak permasalahan yang harus dihadapi tentunya. Karena jika sebuah masalah tidak di lewati maka bisnis tidak akan maju. Pada akhirnya bisnis pun akan gulung tikar. Salah satu masalah yang sering dihadapi pebisnis adalah persaingan harga. Saat kompetitor banting harga, tentu saja pebisnis merasa bingung dan pusing. Namun juga perlu dipahami, perang harga umumnya terjadi pada sejenis produk saja. Ketika banyak konsumen berminat dengan produk tersebut, maka mereka akan bersaing untuk melakukan penjualan. Tentu saja ketika sudah banyak penjual, maka salah satu cara yang di lakukan agar produk cepat laku adalah membanderol harga murah. Penjual satu dengan lainnya berlomba-lomba untuk menawarkan harga yang lebih murah. Hal ini membuat perang harga pun terjadi. Secara otomatis konsumen pun lebih suka dengan harga yang murah ketika produk yang didapatkan sama. Bisa dikatakan jika kompetitor banting harga paling murah. Maka itulah pemenang dari bisnis tersebut. Bila kita tidak segera mencari solusi akan hal ini, tentu bisnis pun tidak bisa bertumbuh dengan baik. Hal ini karena kebanyakan konsumen memilih dengan harga yang lebih murah. Apalagi yang termurah serta produknya sedang trend di kalangan masyarakat. Maka banyak orang berbondong-bondong melakukan pembelian.

Inilah Cara Mudah Untuk Menghadapi Situasi Kompetitor Banting Harga

Dari dulu, persaingan bisnis memang ada. Dimana ada yang bersaing secara sehat namun ada yang bersaing secara kotor. Persaingan yang kotor tentu saja akan merugikan usaha lainnya. Sebagai contoh saja, ketika kompetitor banting harga. Tentu saja kompetitor tidak akan bertahan dalam waktu yang lama. Mengapa? Karena pelanggan yang cerdas tidak terus menerus menginginkan harga yang murah saja. Namun mereka juga membutuhkan produk dengan kualitas yang lebih unggul. Jika kompetitor terus menerus menurunkan harga, maka perusahaan juga akan mengalami kebangkrutan. Tak lain karena dana yang di keluarkan untuk produksi tidak seimbang dengan pemasukan yang diterima. Nah jika anda memiliki bisnis, sebaiknya anda tidak turut serta mengikuti kegiatan turunkan harga. Akibatnya pengeluaran dan pemasukan yang di dapatkan tidak imbang. Investasi yang anda miliki pun hanya dalam jangka pendek. Nah sebagai pebisnis, pasti juga bingung dalam mengatasi permasalahan ini. Namun tidak perlu dikhawatirkan juga. Karena setiap permasalahan sudah pasti ada solusinya. Yuk coba beberapa cara di bawah ini ketika kompetitor banting harga. Penjelasan lebih lengkap di bawah ini.

1. Lokasi anda jualan banyak pesaing? Hindari!

Jika anda memiliki lokasi bisnis yang dekat dengan pesaing, sebaiknya anda segera hindari. Mengapa? Karena hal ini membuat persaingan harga pun lebih rentan terjadi. Agar ini tidak terjadi, maka sebaiknya anda memilih lokasi bisnis yang strategis namun tidak memiliki banyak pesaing. Sangat disayangkan jika produk anda lebih berkualitas namun kompetitor banting harga. Ini membuat produk anda juga akan dianggap murah.

Bagaimana jika bisnis yang di jalankan online? Jika anda memiliki bisnis online. Maka sebaiknya anda menghindari penggunaan marketplace yang isinya banyak pebisnis. Hal ini karena persaingan harga sudah pasti akan terjadi. Sebaiknya bisnis seperti ini membuat toko online website. Selain milik pribadi, tampilan produk akan lebih eksklusif. Bahkan banyak orang yang pastinya akan percaya dengan produk yang ditawarkan.

2. Jadilah dekat dengan pelanggan

Salah satu hal yang perlu anda lakukan juga dalam berbisnis adalah dekat dengan pelanggan. Loyalitas yang tinggi membuat produk yang anda jual akan lebih mudah. Sayangnya dalam membangun loyalitas tidak semudah yang dibayangkan. Hal ini karena di butuhkan kualitas, kepercayaan serta database pelanggan. Bukan hanya produk dan layanan yang barus saja dalam membangun loyalitas. Namun anda juga membutuhkan database pelanggan agar menjadi milik anda.

Ketika anda memiliki website toko online sendiri, maka anda lebih mudah untuk mendapatkan database pelanggan. Mulai dari email, nomor telephone, alamat dan tanggal lahir. Dari data yang sudah anda dapatkan, maka anda pun bisa membuat konten-konten yang menarik. Secara rutin anda bisa mengirimkan konten tersebut mereka. Hadiah spesial seperti saat ulang tahun mereka akan membuat mereka tertarik.

3. Lakukan inovasi produk

Mau tahu gimana caranya menyelesaikan sebuah masalah? Caranya mudah, anda bisa memanfaatkan kreativitas. Saat kompetitor banting harga, ini bisa anda jadikan solusi terbaik. Terapkan kreativitas akan produk yang sedang anda tawarkan. Salah satu caranya ialah membuat tampilan packaging yang lebih menarik di bandingkan dengan kompetitor.

Cara lain dalam meningkatkan kreativitas ialah membuat konten yang menarik. Copywriting menjadi salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menggoda. Di tambah lagi dengan visual warna yang lebih cerah dapat melakukan bundling secara spesial. Apalagi ketika ada moment spesial, tentu saja ini akan lebih menarik pelanggan untuk memesan produk anda.

4. Menciptakan produk baru

Lakukan riset pasar agar anda tahu produk apa yang sedang di butuhkan atau yang sekiranya akan di butuhkan oleh masyarakat nantinya. Ketika anda sudah melakukan riset, maka anda pun dapat membuat produk tersebut. Ini bisa menjadi solusi terkait kebutuhan itu walaupun terkadang berseberangan dengan bisnis anda.

Dalam hal ini, anda juga jangan begitu saja berganti bisnis. Anda cukup menambah 1 atau 2 produk saja. Pastinya harus di sesuaikan dengan kebutuhan pasar yang ada. Anda bisa menjual dalam beberapa waktu tentu saja ini sangat menguntungkan anda sendiri. Saat anda kesulitan untuk mendapatkan margin besar terkait produk utama. Tentu cara ini dapat membantu anda sendiri.

5. Tambahkan value/nilai produk

Anda ingin hasil yang lebih maksimal walaupun kompetitor banting harga? Cobalah untuk menambahkan nilai produk anda. Anda bisa meningkatkan kualitas layanan, mempercepat pengiriman dan yang paling utama adalah menambah bonus. Layaknya ketika anda menjual jilbab, anda bisa berikan bonus masker atau ikat rambut. Ini pastinya akan menarik karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk mendapatkan itu.

Jika anda memberikan sebuah bonus pada produk anda, membuat konten yang menarik tentunya perlu dilakukan. Konten pun tidak hanya produk anda saja, namun anda bisa membagikan tips perawatan jilbab, mengenalkan jenis bahan jilbab dan lain sebagainya. Memberikan edukasi melalui konten membuat bisnis anda jauh lebih profesional. Bahkan pelanggan anda bisa mendapatkan sesuatu yang lebih dari pada yang mereka bayarkan.

Itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan saat kompetitor banting harga. Anda tidak perlu khawatir lagi, dengan mengambil langkah yang tepat. Maka minat pelanggan akan produk yang anda tawarkan tentu saja lebih maksimal dan memuaskan. Pemasukan yang anda dapatkan sudah pasti menguntungkan anda sendiri. Jangan sampai anda ikut-ikutan untuk mengikuti trend turun harga. Karena ini akan merugikan bisnis anda sendiri.

Tags :

Related Articles

Mau Jadi YouTuber tapi Minim Skill, Peralatan, dan Budget? Lakukan Cara Ini!

Banyak orang ingin menjadi YouTuber karena iming-iming penghasilan besar yang bisa didapat. Bahkan, ...

Tips Memilih Developer IT yang credible & professional

Tips Memilih Developer IT yang credible & professional Agar website sesuai dengan keinginan A...

JASA PEMBUATAN APLIKASI KALIBRASI INSTRUMEN UNTUK MANUFAKTUR

Tools aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan teknisi saat melakukan inspeksi, kalibrasi dan juga a...