Apakah anda merupakan salah satu orang yang belum juga memahami apa yang dimaksudkan dengan loyalty program ini? Simak ulasan berikut. Loyalty program atau program loyalitas pelanggan adalah salah satu digital marketing strategis yang kerap diselenggarakan oleh sebuah perusahaan. Mengapa banyak dilakukan? gunanya untuk mempertahankan dan meningkatkan kesetiaan dari para pelanggan. Dengan kata lain, program yang satu ini memang menjadi salah satu upaya untuk mendorong para pelanggan. Supaya pelanggan tetap berinteraksi dengan perusahaan maupun melakukan pembelian produk serta menggunakan jasa yang anda tawarkan. Akan tetapi, jika perusahaan tersebut ingin sukses dalam menerapkan strategi digital marketing. Maka perusahaan harus bisa mendesain dan menyusun program loyalitas dengan baik. Agar jauh lebih menarik serta berkesan bagi para pelanggannya. Apakah anda sudah tahu bahwa ada banyak cara bikin loyalty program yang bisa anda ketahui. Tentunya di artikel kami kali ini akan menjelaskannya kepada anda. Karena perusahaan anda akan sangat membutuhkan loyalty program ini. Sadarkan anda bahwa menjual sebuah produk anda ke pelanggan yang sudah ada saat ini jauh lebih mudah. Apalagi jika dibandingkan dengan menawarkan produk kepada calon pelanggan. Ini karena mereka sudah tahu apa yang anda tawarkan dan benar-benar menyukai produk anda. Jika anda ingin tahu cara bikin loyalty program baca artikel kami ini.

Cara Bikin Loyalty Program Yang Perlu Anda Ketahui

 

Salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan start up anda yaitu dengan menciptakan sebuah program loyalty. Program reword ini masih tetap menjadi salah satu metode yang paling efisien terutama untuk startup. Dengan cara memberikan reward kepada konsumen yang sudah berlangganan dengan bisnis kita. Maka mereka akan terus kembali ke perusahaan tersebut. Ini sangat penting karena dapat mendatangkan konsumen baru. Bahkan memerlukan biaya antara 5-25 kali lebih tinggi apabila dibandingkan dengan mempertahankan konsumen lama. Bahkan ada yang mengemukakan bahwa lebih baik menghabiskan biaya marketing untuk mengelola relationship bisnis dengan konsumen yang sudah dikenal. Anda sendiri pastinya sudah tahu bukan bahwa program loyalty ini sudah ada sejak dahulu kala. Bahkan terus diterapkan sampai saat ini. Lalu bagaimana cara memulai sebuah program loyalty yang bisa menguntungkan bisnis anda. Karena tidak secara otomatis membuat mereka setiap dengan produk maupun jasa anda. Ketika ada penawaran yang lebih menarik, tentunya pelanggan setia anda bisa segera meninggalkan anda. Namun anda tidak perlu merasa khawatir lagi. Karena loyalty program bisa menyelamatkan anda dari hal tersebut. Apakah anda sudah tahu bagaimana cara bikin loyalty program yang tepat. Tentunya anda tidak kesulitan mencari informasinya.

Karena dibawah ini ada beberapa penjelasan kepada anda mengenai cara bikin loyalty program yang tepat. Berikut ini beberapa cara bikin loyalty program yang bisa anda ketahui, seperti:

· Menentukan jenis reward yang akan diberikan

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah anda bisa menentukan terlebih dahulu jenis reward yang diberikan. Bahkan anda juga harus tahu mengapa memilih reward ini. Lebih baik jika anda memberikan reward yang lebih simple dibandingkan yang lebih besar. Anda bisa memilih jenis reward yang bisa membuat konsumen lebih berhemat. Sebab berdasarkan penelitian banyak yang mendaftar untuk program yang bisa membuat mereka hemat. Jika anda memberikan reward secara rutin. Maka konsumen cenderung akan lebih sering menggunakan program loyalty yang sudah anda sediakan. Inilah salah satu cara bikin loyalty program yang bisa anda pertimbangkan.

· Membuat semua prosesnya sederhana

Program loyalty yang terbaik untuk memudahkan konsumen bergabung pada bisnis anda. Mereka bisa bergabung dengan mudah dan juga cepat. Sehingga mampu membuat karyawan anda dan konsumen sama-sama merasa nyaman. Jika prosesnya terlalu lama maupun terlalu banyak informasi yang harus disampaikan sebelum konsumen mendaftar. Maka mereka cenderung membatalkan pendaftaran mereka. Idealnya, karyawan maupun customer service bisa menjelaskan program reward kurang lebih dari 30 detik. Apabila lebih dari itu, maka bisa menjadi terlalu lama.

· Memastikan program mudah dikelola

Pastikan baik-baik bahwa program yang anda ciptakan ini tidak menyulitkan diri anda dengan beberapa tugas manajemen tambahan. Karena seringkali para entrepreneur mulai dengan itikad baik untuk menciptakan program reward. Akan tetapi sayangnya seiring dengan berjalannya waktu. Mereka sering tidak sempat mengelola maupun menganalisis data laporan. Jadi akan lebih baiknya jika anda memastikan program loyalty ini. Supaya bisa berjalan sendiri yang artinya tanpa perlu pengawasan intense. Selain itu juga mampu menghasilkan output baik. Tentunya tanpa membuat manajemen bisnis anda kepayahan. Itulah cara bikin loyalty program yang bisa anda ketahui.

· Pertimbangkan mencontoh program text to join

Konsumen lebih memilih berinteraksi dengan program loyalty ini menggunakan perangkat mobile. Program ini mampu membuat konsumen cukup mendaftar dengan cara mengirimkan SMS maupun chat berisi nama depan ke nomor khusus. Ini menjadi salah satu cara paling efektif dan juga efisien. Program ini akan memudahkan konsumen memberikan nama mereka saat berbelanja.

· Memastikan siapa yang paling diuntungkan dengan program loyalty

Akan lebih baik jika anda meninjau kembali strategi loyalty yang digunakan. Tentunya untuk memudahkan pembayaran yang dilakukan oleh konsumen. Kemudahan ini memang bisa berupa poin yang sudah dikumpulkan dan bisa ditukarkan dengan produk lainnya maupun berupa layanan lain. Pastikan bahwa program loyalty yang anda pilih benar-benar terbaik.

Buat Loyalty Program Anda Diminati Pelanggan Dengan Cara Bikin Loyalty Program Yang Tepat

 

Program loyalty adalah salah satu cara memuaskan para pelanggan dengan memberikan diskon, hadiah, kupon maupun penawaran khusus lainnya. Ini memang menjadi salah satu cara paling efektif untuk bisa mempertahankan para pelanggan. Selain itu juga menarik perhatian dari pelanggan baru. Jika anda saat ini belum memiliki ide mengenai program loyalty seperti apa yang akan ditawarkan. Akan lebih baik jika anda mempertimbangkan dan memikirkannya kembali. Jangan sampai bisnis anda tidak maju bahkan akan terus tertinggal dengan bisnis lain hanya karena program loyalitas yang diberikan tidak sesuai. Saat ini juga sudah semakin banyak bisnis yang bisa anda ajak kerja sama. Namun apakah anda sudah tahu bahwa belum tentu mereka mampu memberikan anda informasi mengenai cara membuat loyalty program ini. Apakah anda sudah tahu bahwa ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat loyalty program ini. Akan tetapi anda juga tidak boleh asal membuat. Pastikan sudah sesuai dengan bisnis yang anda jalankan saat ini. Karena loyalty program yang baik sudah pasti mampu memberikan keuntungan bagi bisnis anda. Jadi tidak heran jika banyak yang tertarik untuk membuat loyalty program ini. Semoga informasi kami mengenai cara membuat loyalty program bermanfaat dan membantu.

 

DOWNLOAD

Company Profile Layana

Video Company Profile Layana

 

 

====================

Hubungi Kami :

marketing@layana.id

https://layana.id/

0818-0425-1557 (Marketing)

0812-3875-5559 (mr. Anggit - Manager)

Tags : cara bikin loyalty program loyalty program bisnis membership