Mati Suri Atau Mati Beneran? Ini Strategi Agar Perusahaan Travel Bangkit Lagi Meski Pandemi

Siapa yang tidak suka travelling? Pastinya siapa saja suka dengan kegiatan yang satu ini. Apalagi mereka yang sebelumnya banyak tugas, pasti mereka membutuhkan liburan. Setiap orang memiliki tujuan liburan yang berbeda tentunya. Ada dari mereka yang ingin pergi ke pantai, atau mungkin juga ingin mendaki gunung atau mungkin berkunjung ke kota tetangga. Semua bisa di lakukan secara mudah. Terlebih Di Indonesia begitu banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Tentu hal ini sangat memudahkan bagi siapa saja yang ingin pergi liburan. Bahkan setiap daerah pun menyimpan potensi wisata yang pastinya bisa dijadikan tempat liburan.

Namun yang menjadi permasalahan saat ini adalah tidak bisanya liburan secara bebas. Di tengah pandemi covid-19 ini, semua dibatasi. Untuk pergi berlibur di daerah setempat saja tidak dianjurkan bahkan tidak boleh. Apalagi untuk berlibur di luar kota bahkan di luar negeri. Awal pandemi, banyak bukan mereka yang sudah berencana untuk liburan bahkan sudah booking perusahaan travel akan tetapi memilih membatalkannya. Hal tersebut membuat perusahaan travel mengalami penurunan pendapatan. Memang tidak hanya perusahaan travel saja, berbagai sektor industri atau bisnis pun mengalami penurunan serta kerugian yang cukup besar. Tak jarang dari beberapa perusahaan pun gulung tikar karena tidak ada pemasukan sedikitpun.

Ternyata Nggak Cuma 5 Tapi Ada 9 Strategi Yang Bisa Di Lakukan Perusahaan Travel di Tengah Pandemi

Mereka yang memiliki perusahaan travel sesungguhnya sudah melakukan berbagai cara untuk bangkit. Namun nyatanya hasil tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Ini memang era yang sulit untuk industri perjalanan, banyak tantangan yang harus dihadapi membuat mereka merasa bingung. Lalu bagaimana strategi yang tepat di tengah pandemi covid-19 ini? Tentu saja bukan hal yang mudah untuk di lakukan. Namun ini dapat membantu industri untuk tetap berjalan.

Mau tau kejelasannya? Simak point-point berikut ini:

1) Komunikasi

Salah satu kunci utama yang bisa di lakukan adalah komunikasi. Sebagai perusahaan travel tentu saja harus tetap menjaga hubungan dengan klien. Ada banyak sekali cara yang pastinya bisa di lakukan. Mulai dari penyelenggaraan email, webinar, buletin dan lain sebagainya. Apa tujuan dari ini semua? Tujuannya adalah pengembangan guidelines yang pastinya akan lebih cepat. Entah itu untuk tingkat internasional atau domestik.

2) Kolaborasi strategis

Setiap perusahaan travel pastinya melakukan kerja sama dengan perusahaan lain bukan? Dimana mereka saling melengkapi kelemahan dan membantu agar project yang di jalankan berjalan dengan baik. Ini sangat penting sekali di lakukan. Melakukan kolaborasi dengan tempat wisata yang tepat, pemilihan penginapan yang tepat bahkan rumah makan yang tepat tentu saja perlu di lakukan. Banyak dari mereka yang khawatir akan tempat-tempat yang di gunakan tidak aman. Nah di sini perusahaan travel haruslah meyakinkan jika tempat yang mereka gunakan kolaborasi memanglah aman juga.

3) Informasi terpadu

Dalam memberikan informasi kepada calon klien maupun klien tentu saja harus diperhatikan dengan baik. Informasi yang paling penting di tengah pandemi seperti ini adalah prosedur dalam pembersihan tempat-tempat yang akan di gunakan oleh calon klien nantinya. Selain itu juga informasi penyewaan kendaraan serta toile umum yang bisa di dapatkan secara mudah. Informasi terbaik akan menguatkan serta menarik perhatian bagi banyak orang yang ingin pergi liburan.

4) Informasi aturan

Pastinya setiap daerah yang memiliki wisata memiliki peraturan tersendiri bukan? Bahkan perjalanan wisata pun juga diatur bukan? Sebelum calon klien memesan. Berikan informasi terkait hal ini. Tujuannya agar klien mempersiapkan semua sesuai peraturan yang ada.

5) Menyiarkan langsung

Ingin mudah di kenal oleh berbagai kalangan jika perusahaan travel memberikan pelayanan baik dan profesional? Nah di sini anda harus mempersiapkan promosi seperti acara di Facebook. Ini menjadi cara agar klien anda tahu opsi perjalanan yang tepat saat pandemi. Selain itu juga pastinya akan menarik perhatian dari berbagai kalangan dengan memanfaatkan perusahan travel anda.

6) Menjaga pelanggan lama

Tahukah anda, mempertahankan yang sudah ada dengan mencari yang baru usahanya sulit mencari yang baru. Dimana biaya untuk mendapatkan pelanggan baru juga akan lebih banyak. Menjaga pelanggan lama sangat memudahkan konsumen untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Anda bisa memberikan promo terbaik kepada pelanggan lama. Tentu ini akan di manfaatkan, membuat mereka memilih bekerja sama dengan perusahaan anda.

7) Digital marketing

Untuk memudahkan banyak orang menemukan perusahaan anda, Kini cara terbaik yang bisa anda manfaatkan adalah digital marketing. Website merupakan salah satu cara yang bisa di lakukan. Baik itu dengan pilihan berbayar ataupun organik. Selain dari website kita juga bisa memanfaatkan media sosial. Dimana ada dengan Instagram, Facebook, TikTok, Twitter, dan lain sebagainya. Digital marketing adalah wadah yang tepat karena tak hanya masyarakat lokal saja yang dapat mengetahui perusahaan anda. Namun juga dari masyarakat luar negeri. Dalam dunia digital marketing, kita pun harus membuat content yang menarik. Dengan begitu hasil yang bisa didapatkan akan lebih maksimal.

8) Diskon

Mungkin cara ini memang memberatkan di tengah pandemi. Karena pendapatan sudah pasti tidak seperti harga normal bukan? Namun ini menjadi salah satu cara untuk menarik perhatikan masyarakat yang ingin liburan. Seperti yang kita kenal juga, begitu banyak orang yang lebih tertarik dengan promo bukan? Bagaimana cara memberikan diskon? Caranya dengan memberikan promo 30% dari harga yang bisanya di tawarkan. Selain itu melalui coret harga, sudah pasti ini lebih menarik. Namun dari diskon yang ditawarkan, pastikan anda memberikan ketentuan tersendiri agar lebih maksimal hasilnya.

9) Penawaran gratis

Mungkin ini akan sangat merugikan bila kita memberikan tawaran yang gratis. Bagaimana sebenarnya kita memberikan tawaran secara gratis? Nah di sini bukan keseluruhan pembayaran gratis. Namun kita tetap memberikan harga biasa dengan tambahan include sesuatu yang gratis. Seperti bonus untuk berkunjung ke suatu tempat atau gratis makan dan lain sebagainya. Ini akan membuat klien merasa lebih hemat dengan penawaran ini. Hasil yang didapatkan tentunya akan lebih maksimal dan menjanjikan.

Itulah beberapa tips yang bisa di terapkan perusahaan travel. Dengan beberapa tips di atas, diharap perusahaan travel bisa berjalan seperti baisanya dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Hasil yang didapatkan pastinya akan maksimal dan memuaskan juga. Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Patut bersyukur bila saat ini masih bisa menjalankan aktivitas seperti biasanya walaupun hasil kurang maksimal. Tetap usaha untuk dapatkan hasil terbaik. Tanpa usaha pastinya tidak ada hasilnya. Pasti semuanya bisa melewati pandemi covid-19 ini. Tak akan ada yang mati beneran, karena pandemi ini hanya sebentar saja.

Tags :

Related Articles

Jangan Buru-buru Salahkan Market. Ini Alasan Lain Penjualanmu Jauh Dari Target

Jangan Buru-buru Salahkan Market. Ini Alasan Lain Penjualanmu Jauh Dari Target Saat ini kita suda...

Bingung Mau Pilih Yang Mana, Yuk Cek Rekam Jejak Caleg Di 5 Situs Ini

Pada pelaksanaan Pemilu 2019, pemilih akan dihadapkan pada lima kertas suara. Kelima kertas suara it...

Apa Itu RAM ???

Untuk yang sering otak-atik komputer pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya RAM. RAM...