Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 01 Februari 2024

Masa Depan ERP dan Peran IoT Untuk Efektifitas Bisnis

BerandaArtikelInfo TeknologiMasa Depan ERP dan Peran IoT Untuk ...
Masa Depan ERP dan Peran IoT Untuk Efektifitas Bisnis

Sistem ERP menyatukan semua aplikasi bisnis ke dalam satu platform yang terintegrasi dengan mudah, sehingga meningkatkan visibilitas data, kontrol, dan pengambilan keputusan. Namun, sejak pertama kali dibuat beberapa dekade yang lalu, prosedur bisnis ERP sebagian besar belum berevolusi. Namun dengan adanya integrasi Internet of Things (IoT) dan ERP bisa menguntungkan baik untuk operasional bisnis internal maupun aktivitas yang memerlukan interkasi dengan pelanggan. Adanya  IoT memungkinkan transfer data secara real-time dari berbagai hardware maupun perangkat eksternal ke dalam sistem ERP.

Bagaimana Integrasi IoT akan mengubah ERP dan Proses Bisnis?

IoT kini menggeser dan menggantikan beberapa sumber untuk kebutuhan pemesanan dan transaksi yang diproses dalam sistem ERP, baik itu proses Order to Cash (OTC), Purchase to Pay (P2P), hingga mengatur sistem untuk pemeliharaan dan operasi alat. Mari kita asumsikan bahwa dalam mengatur pemeliharaan dan operasional alat dapat dilakukan dengan otomatis, tanpa harus melakukan penjadwalan dan penginputan secara manual. Integrasi sistem IoT dan ERP memungkinkan hal tersebut. Sebagai contoh dalam aktivitas pekerjaan di pabrik seperti penjadwalan untuk melakukan produksi dan  melakukan jenis tugas pemeliharaan pada mesin tertentu. Perintah yang telah kita inputkan kedalam sistem, dapat secara otomatis mengerjakan tugas seperti pemeliharaan atau perbaikan alat dan mesin - mesin yang ada dalam pabrik maupun industri tertentu.

Kemudian saat ini sistem ERP sudah menggunakan data dari perangkat pintar yang terhubung sebagai tambahan untuk proses bisnis utama. Sistem ERP saat ini sedang diperbarui agar dapat diintegrasikan dengan semua perangkat. Untuk saat ini sistem ERP diharapkan dapat terhubung dengan IoT sehingga semua perintah dapat tersimpan ke dalam data lake atau penyimpanan data. Di masa depan,  dalam proses bisnis harus berintegrasi dengan IoT sebagai sumber dan catatan utama untuk mengelola operasional perusahaan.

 

Keuntungan Mengintegrasikan IoT dengan ERP

Inovasi sangat diperlukan sebagai bentuk transformasi digital baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Adanya IoT yang berintegrasi dengan ERP diharapkan dapat menjadi solusi dan inovasi terbaru dalam dunia bisnis. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh bisnis dengan mengintegrasikan IoT dengan ERP :

1. Meningkatkan Manajemen Aset

IoT dapat memberikan informasi secara real-time yaitu dengan melakukan pengawasan peralatan, atau aset dalam rantai pasokan. Dengan mengintegrasikan ERP dan IoT, semua pihak yang terlibat dalam rantai pasokan dapat terus mendapatkan informasi, sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat. Informasi ini secara otomatis dimasukkan ke dalam sistem ERP. Selanjutnya informasi yang telah masuk di sistem ERP akan disimpan dan diolah dengan cara mengirimkan sinyal atau notifikasi ketika alat atau aset membutuhkan perawatan. Sistem IoT juga dapat memberikan informasi kepada para staf, sehingga mengurangi reskio kerusakan pada aset.

2. Perencanaan yang Lebih Baik

Proses yang sulit adalah memprediksi  jumlah produksi dan pembelian produk, karena kesalahan dalam memprediksi minat konsumen memiliki konsekuensi serius. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan sistem IoT, karena dengan memeriksa data yang ada dalam IoT pilihan rantai pasokan yang dapat dilakukan dengan lebih cepat. Selain itu perusahaan bisa mengumpulkan data real-time langsung dari pelanggan dan mengirimnya ke sistem ERP secara otomatis. Mengintegrasikan ERP dengan IoT menciptakan arus yang jelas dalam oprasional produksi. Perencanaan menjadi lebih sederhana dan efektif dengan informasi yang dapat Anda kumpulkan tentang kapan barang digunakan, demografi pelanggan, dan frekuensi penggunaan.

 

3. Peningkatan Efektivitas Operasional

Dengan menggabungkan ERP dengan teknologi IoT, banyak operasi manual yang dapat diotomatisasi, sehingga meningkatkan efisiensi operasional. Misalnya, pemindaian barcode dan entri data manual ke dalam sistem ERP tidak lagi diperlukan. Pemesanan ulang, pengisian ulang, perubahan inventaris, dan pengiriman yang terlewat dapat dilacak menggunakan IoT dan secara otomatis diperbarui secara real-time di sistem ERP Anda dengan sensor yang tertanam di komponen dan mesin.

Kesimpulan:

Perangkat apa pun sekarang bisa menjadi bagian dari Internet of Things (IoT) berkat pertumbuhan teknologi yang cepat dan sensor yang tersedia. Menurut beberapa prediksi, pada tahun 2024 kemungkinan akan ada lebih dari 100 miliar perangkat yang online. Tidak diragukan lagi, dunia bisnis akan mendapatkan banyak keuntungan dari IoT. IoT merupakan komponen penting dan tak terpisahkan dari ERP di lingkungan bisnis.

Setelah mengetahui pentingnya penerapan ERP dan IoT, kini pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat sistem tersebut. Tentu saja Anda harus bekerjasama dengan perusahaan software house atau vendor IT yang berkompeten dan memiliki reputasi baik. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah Layana.ID. Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun internasional, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan sistem ERP yang berintegrasi dengan IoT terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

 

Bagikan