Layana LogoDitulis oleh kristal | Diposting tanggal 28 Februari 2024

Manfaat Penerapan Sistem Customer Relationship Management Pada Aplikasi E Commerce

BerandaArtikelInfo TeknologiManfaat Penerapan Sistem Customer R...
Manfaat Penerapan Sistem Customer Relationship Management Pada Aplikasi E Commerce

Banyak bisnis e commerce menghadapi tantangan di awal yaitu bagaimana mereka dapat mendapatkan pelanggan pertama. Akan tetapi tantangan yang sebenarnya adalah bagaimana agar mempertahankan pelanggan untuk tetap berbelanja di e commerce milik Anda secara berulang. Oleh sebab itu para pemilik e commerce perlu menggunakan sistem Customer Relationship Management (CRM). Sistem CRM pada e commerce berperan dalam meningkatkan keterlibatan pelanggan, memperluas jaringan pelanggan dan meningkatkan keuntungan.

Penelitian dari Harvard Business School mengungkapkan bahwa peningkatan pelanggan sebesar 5% saja dapat meningkatkan keuntungan hingga 95%. Hal ini juga berlaku pada bisnis di ranah eCommerce, di mana hubungan antara pelanggan terjadi walaupun secara online. Di sini, Anda dapat memanfaatkan data  dan perilaku pelanggan supaya Anda dapat menggunakan strategi yang tepat untuk mempertahankan mereka, untuk terlus melakukan pembelian berulang di e commerce Anda. Pada artikel kali ini, Layana.id akan menjelaskan bagaimana penerapan CRM yang tepat dapat meningkatkan keuntungan pada e commerce Anda.

Apa yang dimaksud dengan CRM untuk ECommerce?

CRM (Customer Relationship Management) untuk e-commerce mengacu pada strategi, proses, dan teknologi yang digunakan untuk mengelola dan menganalisis interaksi dan hubungan yang terjalin dengan pelanggan dari riwayat pembelian pelanggan. Sistem CRM untuk e-commerce dirancang untuk membantu bisnis dengan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan mereka, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan.

CRM dalam e-commerce membangun loyalitas pelanggan Anda. Dengan memanfaatkan data yang diperoleh pada sistem CRM, Anda dapat mengidentifikasi peluang yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan pasca pembelian, memberikan penawaran, menampilkan konten yang relevan sesuai minat pelanggan untuk mendorong pembelian kembali.

Selain itu CRM dapat membantu Anda untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah dengan pelanggan dengan segera. Sehingga meningkatkan kepuasan secara menyeluruh dan menumbuhkan loyalitas jangka panjang dari sisi pelanggan. Secara keseluruhan, CRM dalam e-commerce memainkan peran penting dalam membangun dan mempertahankan hubungan yang kuat dengan pelanggan, mendorong pertumbuhan pendapatan, dan mendorong brand atau merk dapat terus ada di pasar.

Pentingnya CRM Dalam E Commerce

Dalam e Commerce, CRM sangat penting untuk mendapatkan dan mempertahankan pelanggan secara efektif di tengah persaingan yang ketat. Dengan memahami perilaku pelanggan, mengelola penawaran dan permintaan, dan mengumpulkan data dari berbagai pelanggan. CRM memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengetahuan yang dapat digunakan. Hal ini sangat penting untuk mengambil keputusan. Berikut adalah alasan mengapa penerapan CRM penting dalam e commerce.

 

1. Memahami Kebutuhan dan Perilaku Pelanggan

Dalam e-commerce, sangat penting untuk memahami perilaku pelanggan untuk mendapatkan dan mempertahankan mereka. Tanpa pengetahuan tentang preferensi dan perilaku pelanggan, Anda akan kesulitan untuk memberikan preferensi yang tepat untuk tiap pelanggan. Hal tersebut dapat menyebabkan pelanggan  berpotensi beralih ke aplikasi e commerce lain.

 

2. Meningkatkan Pelanggan

Medatangkan pelanggan baru merupakan tantangan tersendiri pada bisnis  eCommerce. Adanya CRM dapat membantu Anda dalam menumbuhkan basis pelanggan yang setia dengan memfasilitasi komunikasi dengan tiap pelanggan. Dengan menggunakan strategi yang melibatkan pelanggan akan memberikan dampak pada peningkatan jumlah kepuasan. Jika pelanggan Anda puas dengan layanan pada e commerce Anda, akan sangat memungkinkan pelanggan akan menceritakannya ke orang terdekatnya untuk ikut menggunakan aplikasi e commerce Anda.  

 

3. Mengoptimalkan Penawaran dan Permintaan

Mengelola penawaran dan permintaan merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis eCommerce, terutama dalam menghadapi tren pasar yang sering berubah. Sistem CRM memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber yang dapat digunakan untuk memperkirakan permintaan secara akurat. Selain itu sistem CRM ini dapat memperkiraakan jumlah stok untuk menghadapi tren tertentu. Adanya tren akan membuat beberapa produk memiliki peningkatan permintaan. Sehingga agar tidak terjadi kesalahan pada e commerce Anda dalam menghadapi permintaan pelanggan maka peran sistem CRM disini dapat membantu mengoptimalkan penawaran dan permintaan dari pelanggan.

 

4. Memanfaatkan Data Real Time untuk Pengambilan Keputusan Strategis

Data real-time sangat berharga bagi  eCommerce dalam membuat keputusan yang tepat dan tetap bisa bersaing di pasar global. Sistem CRM menyediakan akses mengenai seluruh data pelanggan Anda secara real time. Dengan begitu Anda dapat secara tepat mengetahui minat masing - masing pelanggan pada saat itu. Adanya CRM membantu Anda untuk merancang strategi yang tepat agar pelanggan tetap menggunakan aplikasi e commerce Anda.  CRM juga membantu menjembatani proses komunikasi dengan pelanggan.

 

Manfaat Bisnis dari CRM dalam ECommerce

Sistem CRM (Customer Relationship Management) telah menjadi tools penting bagi bisnis e-commerce, karena menawarkan banyak manfaat mulai dari pertumbuhan penjualan hingga optimalisasi logistik. Berikut adalah beberapa manfaat bisnisnya:

 

1. Meningkatkan Penjualan

Menerapkan sistem CRM di eCommerce dapat berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan penjualan. Dengan melakukan segmentasi dari tiap  pelanggan. Hal itu secara efektif membuat Anda dapat menargetkan aspek demografi, usia, gender dan lainnya dengan strategi pemasaran yang telah disesuaikan. Selain itu CRM juga meningkatkan relevansi dan efektivitas promosi bisnis Anda. Analisis data yang di dapat dari CRM memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi tren dan pola perilaku pelanggan. Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada peningkatan penjualan pada plaform e commerce Anda.

2. Membuat Pelanggan Datang Kembali

Dengan memfasilitasi komunikasi dan keterlibatan dengan semua pelanggan, sistem CRM membantu membangun hubungan yang lebih kuat. Sehingga menumbuhkan loyalitas dan mengantisiapsi pelaggan beralih ke kompetitor. CRM membantu melacak interaksi dan umpan balik pelanggan dan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah dengan segera, serta mencegah  ketidakpuasan pelanggan. Fitur otomatisasi dalam CRM menyederhanakan proses komunikasi dengan pelanggan dan meningkatkan efisiensi dalam aplikasi e commerce.

 

3. Perencanaan Lebih Baik

Dalam eCommerce, perencanaan penawaran dan permintaan yang baik sangat penting untuk kelancaran operasional. Sistem CRM berkontribusi pada aspek ini dengan memanfaatkan data riwayat penjualan dan data analisis untuk memperkirakan permintaan secara akurat. Dengan meminimalisir risiko kelebihan atau kekurangan stok, Anda dapat mengoptimalkan manajemen inventaris dalam sistem CRM. Integrasi dengan sistem manajemen inventaris memberikan visibilitas secara real time, sehingga memungkinkan Anda dapat menyesuaikan stok produk di tengah perubahan tren yang cepat. 

4. Membantu Proses Pemasaran

CRM membuat bisnis eCommerce untuk membuat kampanye pemasaran yang sesuai dengan target dan segmentasi. CRM juga memberikan konten dan penawaran yang berbeda - beda berdasarkan preferensi dan perilaku tiap pelanggan. Kemampuan mengoptimalkan proses pemasaran, membuat Anda dapat membidik target pelanggan dengan tepat. Guna semakin memaksimalkan upaya pemasaran, sistem CRM juga dapat di integrasikan dengan plafrom untuk  beriklan. Hal tersebut juga akan memberikan jangkauan target pelanggan yang lebih luas.

 

5. Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik

Sistem CRM memainkan peran penting dalam meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan dalam eCommerce. Dengan memusatkan data pelanggan, CRM memberikan pandangan secara menyeluruh tentang interaksi dan riwayat setiap pelanggan dengan produk yang ada dalam e commerce Anda. CRM juga dapat diintegrasi dengan saluran dukungan lainnya untuk memastikan layanan komunikasi yang lebih konsisten dan responsif.

 

Bagaimana Cara Membuat Sistem CRM pada E Commerce ?

Setelah semuanya beres, maka pertanyaan terakhir adalah bagaimana cara membuatnya ? Anda tentu saja harus bekerjasama dengan vendor IT atau software house yang terpercaya. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah kami, Layana.ID. Kami adalah perusahaan software house yang sudah berdiri sejak 2016 dan telah membantu banyak bisnis baik besar maupun kecil, BUMN maupun swasta, dan nasional maupun international, untuk melakukan digitalisasi. Kami bisa membantu Anda merealisasikan semua ide digitalisasi perusahaan Anda. Ingin berkonsultasi terkait pembuatan sistem CRM untuk e commerce terlebih dahulu? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

Bagikan
Cek Estimasi