Virtual Private Network alias VPN selama ini digunakan hanya untuk mengakses situs yang diblokir pemerintah. Bahkan, banyak dari kita yang hanya tahu kalau fungsi utama VPN adalah mengakses situs dewasa atau semacamnya. Memang, salah satu fungsi VPN adalah mengakses situs yang diblokir, tetapi kegunaannya jauh lebih banyak daripada itu.

Sesuai dengan namanya, VPN akan memberikan kita jaringan khusus untuk kita akses. VPN adalah teknologi komunikasi untuk mengakses jaringan public menggunakan jaringan pribadi yang disediakan VPN tersebut. Sederhananya, saat kita mengakses jaringan publik, VPN akan memberikan terowongan untuk kita dan memberikan akses pribadi.

Lantas, dikarenakan kita memiliki jaringan pribadi, maka akan banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan VPN. Apa saja beberapa di antaranya? Mari kita bahas.

Manfaat Pertama: Menjamin Privasi

Dengan mengaktifkan VPN di ponsel kita, menjelajah dunia maya akan semakin aman. Karena kita menggunakan server luar negeri, maka aktivitas kita di dunia maya juga akan tercatat berasal dari luar negeri. Artinya, data diri kita tidak bisa dilacak begitu saja. Situs web yang kita kunjungi akan mengira kita berasal dari Negara yang berbeda, sehingga privasi kita lebih terjaga.

Cookies di setiap situs yang kita kunjungi akan merekam aktivitas kita selama menjelajah dunia maya. Data kita tersebut nantinya akan dimanfaatkan pihak tertentu untuk penargetan iklan atau semacamnya. Artinya, jika kita selalu menggunakan VPN saat menjelajah internet, data yang kita berikan ke sebuah situs bukanlah data kita yang sesungguhnya. Dengan begitu privasi kita akan terjaga.

Beberapa orang mungkin menganggap tidak masalah data mereka diambil selama menjelajah internet dan menerima cookies begitu saja. Namun yang tidak mereka sadari, data mereka tersebut akan dimanfaatkan pihak tertentu untuk menargetkan sesuatu. Bisa saja saat seseorang menjelajah mengenai laptop tertentu, pada beberapa saat kemudian, orang tersebut akan langsung ditawari berbagai iklan produk laptop entah di media sosial, di pencarian google, atau di tempat lain.

VPN akan membantu kita mencegah hal-hal seperti itu. Karena kita tidak memberikan data kita yang sesungguhnya, maka penargetan khusus untuk kita juga tidak akan pernah bisa dilakukan. Terlebih, jika kita selalu mengganti server dalam kurun waktu tertentu, maka privasi kita akan semakin terjaga.

Dengan menggunakan VPN, kita bisa menjelajah internet sesuka kita tanpa diketahui pihak mana pun.

Manfaat Kedua: Mendapat Lebih Banyak Akses Global

Jika kita akrab dengan mata uang kripto, sudah pasti kita mengenal Binance. Binance adalah ekosistem blockchain yang memiliki mata uang kripto yaitu BNB, memiliki bursa exchange, marketplace nft, bahkan ekosistem tersebut menawarkan fitur investasi seperti Staking, di mana kita menyimpan koin BNB kita dan akan mendapatkan bunga dalam periode tertentu. Sayangnya, ekosistem Binance belum mendapat izin untuk beroperasi di Indonesia, sehingga kita tidak bisa mengakses ekosistem tersebut.

Menggunakan VPN, kita bisa mengakses ekosistem Binance. Kita dapat menikmati semua fitur yang disediakan oleh salah satu jaringan blockchain terbesar di dunia tersebut. Dengan begitu, sudah jelas bahwa menggunakan VPN akan membantu kita mengakses banyak hal, jauh lebih banyak daripada kita tidak menggunakannya.

Salah satu contoh lainnya adalah ketersediaan stok film di platform streaming seperti Netflix. Netflix memiliki filter terkait Negara mana saja yang dapat menayangkan film-film tertentu. Awalnya, bisa saja film-film tersebut tayang di seluruh Negara, tetapi karena beberapa hal, film tersebut hanya dapat disaksikan di Negara-negara tertentu.

Film seperti The Boy in the Striped Pajamas, sebuah film tentang persahabatan dua anak kecil di era holocaust Nazi, tidak bisa lagi kita tonton di Netflix saat ini. Bukannya dihapus pihak Netflix, melainkan film tersebut sekarang hanya tayang di beberapa Negara saja, dan salah satunya adalah United Kingdom. Menggunakan VPN, maka kita dapat mengaktifkan server UK dan bisa menonton film tersebut.

Geo location block, alias pembatasan akses berdasarkan wilayah pengguna, bisa diakali dengan menggunakan VPN. Selain mengakses situs yang diblokir atau menonton lebih banyak film di platform streaming, kita juga bisa mengunduh permainan yang belum tersedia di Indonesia, mengakses lokasi-lokasi tertentu di sebuah permainan online yang belum tersedia di Negara kita, dan masih banyak lagi.

Manfaat Ketiga: Keamanan dari Serangan Siber

Tanpa kita sadari, saat kita mengakses jaringan WiFi publik, sebenarnya kita sedang membiarkan ancaman siber mengarah langsung ke diri kita. Hal paling rawan untuk diserang adalah username dan password kita. Saat mengakses jaringan publik, username dan password kita bisa diketahui hanya bermodal aplikasi seperti WireShark.

Username dan password saat ini adalah hal yang sangat penting dalam dunia digital. Kebiasaan menautkan akun google untuk banyak aplikasi di satu sisi memang memudahkan, tetapi jika akun google kita bisa diretas, maka semua aplikasi penting lainnya berada dalam bahaya besar, terlebih aplikasi yang berhubungan dengan keuangan. Maka dari itu, penting sekali untuk melindungi akun kita dari serangan siber saat menggunakan jaringan publik.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menggunakan jaringan pribadi kita, atau bisa saja mengakses jaringan publik akan tetapi setelah mengaktifkan VPN terlebih dahulu. Dengan VPN, data kita akan terenkripsi dan sangat sulit untuk dibobol oleh pihak-pihak tertentu.

***

Sayangnya, untuk mendapatkan fitur lengkap sebuah VPN dan segala manfaat yang diberikan, kita tidak bisa asal memilih VPN yang akan kita gunakan. VPN gratisan yang ada di Google PlayStore maupun AppStore tentu saja memiliki keterbatasan fitur seperti minimnya server, lemahnya jaringan, atau bahkan banyak server yang mati. Jika kita menggunakan VPN gratisan seperti itu, bukannya mempermudah, yang ada koneksi internet kita justru menjadi sangat lambat.

Untuk mendapatkan fungsi VPN secara optimal, kita memang harus berlangganan VPN premium seperti Nord, CyberGhost, atau ExpressVPN, dan biaya berlangganannya berkisar seratus sampai dua ratus ribu per bulan. Dengan menggunakan VPN premium, maka kita akan selalu aman ketika menjelajah internet.

 
Tags :

Related Articles

5 Tips Mengurangi Kejenuhan saat Berbisnis

Bosan dengan kegiatan bisnis yang itu itu saja? Kayaknya kamu dan perusahaan butuh beberapa solusi a...

Ingin Menjajal Dunia NFT? Pahami Dulu Masalah dan Bahayanya!

Non Fungible Token atau NFT adalah aset digital yang tersimpan dalam jaringan blockchain dan memilik...

Perbedaan Quick Count, Real Count dan Exit Poll

Hari pencoblosan atau Pemilu 2019 telah berlalu, namun masyarakat masih berdebar-debar menunggu siap...