Layana LogoBy kristal | Diposting tanggal 24 Januari 2024

Layana.ID Digitalisasi Industri Melalui Sistem Integrator

BerandaArtikelInfo TeknologiLayana.ID Digitalisasi Industri Mel...
Layana.ID Digitalisasi Industri Melalui Sistem Integrator

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang IT, Layana.ID memahami betul pentingnya integrasi sistem dalam menopang pertumbuhan bisnis di Indonesia. System integrator berperan dalam menghubungkan berbagai solusi IT yang ditawarkan, mulai dari pengembangan aplikasi, infrastruktur jaringan, manajemen data, hingga cloud computing. Integrasi yang baik akan memudahkan pertukaran informasi, meminimalisir redundansi, dan meningkatkan efisiensi operasional. Jadi melalui artikel ini, Layana.id akan mengulas secara singkat pentingnya sistem integrator.

Mengenal Lebih Dekat Sistem Integrator

Di perusahaan anda pasti memiliki sistem yang telah dibuat baik berupa software saja atau pun yang terhubung dengan hardware. Semua sistem yang ada di perusahaan Anda belum tentu dapat saling terhubung. Kenapa? Karena biasanya sistem tersebut dibuat dari vendor - vendor yang berbeda, hal ini terjadi karena setiap lapisan dalam perusahaan memiliki kebutuhan dan spesifikasi sistem sendiri. Bagaimana jika perusahaan Anda ingin menggabungkan semua sistem yang ada? Jawabannya adalah dengan membuat sistem integrator. 

Sistem integrator adalah sistem yang dapat mengintegrasikan atau menghubungan sistem - sistem yang berbeda. Peran sistem integrator yaitu untuk memfasilitasi alur  antara berbagai sistem, teknologi, software dan hardware yang ada di perusahaan Anda. Sebagai contoh, sistem integrator dapat menghubungkan jaringan komputer dengan berbagai perangkat seperti komputer, printer, pemindai, kamera, dll. Singkatnya perusahaan Anda merancang dan menjalankan sistem yang otomasi dalam industri, sistem integrator dapat memantau dan mengontrol proses produksi pabrik dengan komponen seperti sensor, PLC, SCADA, dll.

Mengapa System Integrator Penting?

Hemat biaya

Adanya sistem integrator dalam perusahaan Anda secara tidak langsung dapat mengurangi pengeluaran untuk pembuatan sistem baru untuk departemen lainnya. Sistem integrator dapat memanfaatkan sumber daya sistem yang tersedia sehingga dapat mengurangi pengeluaran biaya instalasi sistem baru. Jadi dengan adanya sistem integrator Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya lagi, karena semua sistem yang ada di perusahaan Anda sudah saling terhubung dan terpusat. Hal ini juga berdampak pada biaya perawatan atau maintenance sistem tiap bulannya, karena jika semua sistem sudah terhubung maka akan lebih mudah untuk melacak dan mengantisipasi error atau masalah yang akan terjadi.

Efisiensi

Dengan adanya sistem integrator, maka semua sistem yang ada dapat dimanfaatkan sumber dayanya secara bersamaan.  Selain itu alasan mengapa sistem integrator itu penting karena dalam sistem ini memiliki potensi untuk menyalurkan data dengan cepat ke tiap departemen. Karena adanya sistem integrator yang mengintegrasikan beberapa sistem tiap departemen memiliki akses server yang sama. Dengan begitu arus data tiap departemen dapat berjalan lebih efisien. 

Meningkatkan kinerja. 

Dengan adanya sistem yang sudah terintegrasi, memungkinkan setiap departemen  untuk menyederhanakan semua proses pekerjaan. Selain itu proses pekerjaan dapat dilakukan dengan lebih baik, karena setiap sistem antar departemen sudah saling terhubung. Sistem integrator membuat proses kerja di perusahaan Anda lebih efisien, sehingga kinerja masing - masing departemen meningkat secara signifikan. 

 

Contoh Penerapan System Integrator:

  1. Manufaktur Otomotif: integrasi sistem robotik ke dalam lini perakitan dapat mempercepat produksi 
  2. Perbankan dan Keuangan : untuk mengintegrasi berbagai sistem pembayaran, CRM, manajemen risiko, dan kepatuhan
  3. Kesehatan: Rekam medis elektronik, sistem pelacakan pasien, manajemen persediaan, dan peralatan diagnostik
  4. Ritel dan E-Commerce : untuk menggabungkan sistem POS, manajemen inventaris, e-commerce, dan analisis pelanggan
  5. Pendidikan : mengintegrasikan sistem manajemen belajar, administrasi, dan kolaborasi online

Setelah mengetahui pentingnya penerapan sistem integrator di perusahaan Anda, dan setelah membaca alasan kenapa sistem integrator ini penting, kini permasalahannya adalah bagaimana cara membuat sistem tersebut. Anda tentu saja butuh bekerjasama dengan vendor IT yang terpercaya dan punya reputasi baik. Salah satunya adalah Layana.ID. Kami sudah berdiri sejak 2016 dan telah banyak bisnis baik skala kecil maupun besar untuk melakukan digitalisasi. Ingin berkonsultasi terkait pengembangan sistem integrator di perusahaan Anda? Jangan ragu untuk hubungi kami.

 

Bagikan