Layana LogoBy jihan alya | Diposting tanggal 01 Desember 2023

Kotlin : Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangan - Bagian 1

BerandaArtikelInfo TeknologiKotlin : Pengertian, Fungsi, Kelebi...
Kotlin : Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangan - Bagian 1

Layana.id - Jika Anda ingin membuat aplikasi android, pastikan Anda mempelajari bahasa pemrograman yang digunakan. Salah satu contoh bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi Android yaitu Kotlin. 

Mengapa demikian ? Hal ini dikarenakan bahasa pemrograman Kotlin ini mempunyai banyak fitur yang lebih menonjol, jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain. Selain itu, kabarnya bahasa pemrograman yang satu ini sedang populer berkat dukungan resmi dari pihak Google. 

Mau tau, lebih luas tentang Kotlin ini? Yuk simak artikel ini sampai habis ya. Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai pengertian, fungsi, kelebihan, dan kekurangan dari bahasa pemrograman Kotlin. 

Pengertian Kotlin 

Bahasa pemrograman yang satu ini semakin banyak digunakan dalam pembuatan sebuah aplikasi dengan sistem Android. Bahasa pemrograman yang satu ini dikembangkan oleh JetBrains agar bisa digunakan di berbagai macam platform.

Kotlin adalah bahasa pemrograman modern yang disajikan secara statis, dan berjalan pada platform Java Virtual Machine atau JVM. JVM ini merupakan sebuah platform yang memungkinkan komputer menjalankan kode yang berbasis Java, atau bisa juga kode yang berasal dari bahasa lain yang dikompilasi (compile) menggunakan Java. 

Dengan begini, dapat diartikan bahwa bahasa pemrograman Kotlin dapat menerapkan mekanisme compile pada Java. Pengertian Java sendiri yaitu sebuah bahasa yang dapat digunakan untuk menulis suatu kode lalu menjalankannya pada platform yang mendukung (Write Once Run Anywhere).

Uniknya lagi, bahasa pemrograman Kotlin ini dapat digunakan secara bersamaan dengan bahasa Java. Dengan ini, maka dapat diartikan bahwa Anda dapat memakai bahasa pemrograman Kotlin dan Java sekaligus dalam pembuatuan satu aplikasi Android. 

Bahasa pemrograman yang satu ini tergolong kedalam bahasa yang diketik secara statis (statically typed). Hal ini mempunyai arti, yaitu semua variabel yang dimasukkan ke dalam program tersebut harus dikenalkan terlebih dahulu apa jenisnya. 

Sehingga, nantinya jika terdapat error pada saat menulis kode (coding) bisa terdeteksi lebih cepat atau dapat terdeteksi saat itu juga. Dengan begini, pada saat proses compile, program yang dibuat ini sudah benar-benar bersih dari error.

Itu dia, penjelasan mengenai Kotlin. Selanjutnya kita akan mempelajari fungsi dari bahasa pemrograman Kotlin. Untuk itu Anda harus membaca artikel Kotlin : Pengertian, Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangan - Bagian 2

Apakah Anda sudah pernag mencoba menggunakan bahasa pemrograman Kotlin? Yuk baca artikel lainnya., serta jangan lupa untuk follow akun layana.id ya.

Bagikan